Sejarah dan Promo Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Terbaru

Sejarah dan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur - Magelang memang kota yang memiliki sejuta wisata, salah satu wisata tersebut yang sudah populer mendunia adalah Candi Borobudur. Nama Borobudur sendiri diambil dari kata bara yang berasal dari bahasa Sanskerta, mempunyai arti ‘komplek candi’ atau biara dan kata ‘budur’ berasal dari kata ‘beduhur’ yang memiliki arti ‘di atas’. Jadi makna dari kata Borobudur sendiri adalah Candi yang berada di atas bukit. 

Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 750 masehi oleh kerajaan syailendra yang didirikan oleh Raja Mataram bersama dengan Samaratungga yang pada saat itu menganut jaram agama Buddha. Candi Borobudur dibangun sangat misterius karena pada abad ke-7 manusia belum mengenal perhitungan arsitektur yang sangat canggih tetapi Candi Borobudur dibangun dengan perhitungan arsitektur yang canggih. Borobudur merupakan candi terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar yang ada di dunia. 

Destinasi Wisata Candi Borobudur

Deskripsi Candi Borobudur
Deskripsi Candi Borobudur

Candi Borobudur sendiri memiliki kurang lebih sekitar 72 stupa yang berbentuk lonceng, stupa yang terbesar terletak pada puncak candi dan sedangkat yang lainnya mengelilingi stupa sampai ke bagian bawah. Candi ini dibangun dengan gaya Mandala yang menggambarkan alam semesta dalam kepercayaan Agama Buddha itu sendiri. Jika Candi Borobudur dilihat dari luar sampai ke bagian dalam terbagi menjadi dua bagian, bagian tersebut yaitu di bagian luar terdapat alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona dan di bagian pusat terdapat alam bernama Nirwana. 

Di zona pertama adalah Kamadhatu, yang berarti alam dunia yang sedang terlihat dan juga dialami oleh manusia sekarang. Kamadhati kurang lebih terdiri dari 160 relief yang menjelaskan hukum sebab akibat yang disebut Karmawibhangga Sutra. Menggambarkan mengenai sifat dan nafsu dari manusia, seperti membunuh, merampok, fitnah,  penyiksaan, dan memperkosa. Tudung penutup pada bagian dasar telah dibuka agar para pengunjung dapat melihat dengan jelas relief yang tersembunyi. 

Di bagian zona kedua adalah Rupadhatu, yang mempunyai makna alam peralihan, di mana manusia telah dibebaskan dari urusan duniawi. Sedangkan Rapadhatu memiliki 328 patung Buddha yang juga terdapat sebuah hiasan relief pada ukirannya. Pada bagian ini kurang lebih terdiri dari 1300 relief yang berupa Gandhawyuha,  Jataka, Lalitawistara, dan juga Awadana yang keseluruhannya membentang sejauh 2,5 km dengan 1212 panel. Untuk zona ketiga yaitu Arupadhatu yang berarti alam tertinggi atau rumah Tuhan. 

Pada zona ini terdapat tiga serambi yang bentuknya sebuah lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Pada zona ini tidak ada hiasan maupun ornamen yang menggambarkan zona ini merupakan kemurnian tertinggi. Rapadhatu kurang lebih memiliki 72 stupa yang berbentuk lingkaran dengan lonceng terbalik, berlubang, dan berisi patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. 

Di Borobudur ini Anda dapat menikmati keindahan sunset maupun sunrise yang indah dan menjadi berkesan ketika Anda mengunjungi Candi Borobudur ini. Lalu Anda juga dapat membeli souvenir yang didagangkan oleh para penjual diantaranya seperti, kain batik, miniatur candi, patung kepala Buddha,  patung, miniatur stupa, pernak- pernik dan masih banyak lagi barang lainnya yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Fasilitas Candi Borobudur Jawa Tengah

Mengenai fasilitas yang ada di Candi Borobudur ini bisa dibilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Penginapan
  • Toko cenderamata
  • Warung telekomunikasi
  • Guide
  • Pusat informasi
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi Candi Borobudur Jawa Tengah

Mengenai lokasi dari Candi Borobudur ini berada di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah yang tepatnya beralamat di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps).

Akses jalan menuju Candi Borobudur ini memang terbilang sudah layak dan bagus untuk dilewati oleh para pengunjung. Lokasi Candi Borobudur ini juga sangat jauh dari pusat keramaian Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan Jam Buka Candi Borobudur buka mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB pada setiap harinya.

Rute Candi Borobudur Jogja

Jarak Candi Borobudur dari pusat Kota Yogyakarta memang terbilang sangat jauh yaitu kurang lebih sekitar 41,4 Kilometer dan memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Candi Borobudur sekitar 1 jam 20 menit dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Sedangkan rute untuk menuju Candi Borobudur sangat mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Jika Anda berada di Pusat Kota Jogja langsung arahkan kendaraan Anda ke arah barat melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan, sampai di pertigaan ke arah utara melewati Jalan Ledjen Suprapto, lalu lurus terus ke Jalan Tentara Rakyat Mataram, kemudian pada saat Anda sampai di bundaran, ambil jalan keluar pertama yang menuju ke Jalan Tentara Pelajar.

Setelah itu Anda lurus terus ke Jalan Magelang, pada saat di bundaran ambil jalan keluar kedua yang melewati jalan Magelang –  Yogyakarta, tetap berada di Jalan Magelang – Yogyakarta tersebut Anda akan sampai di pertigaan ke arah barat menuju Jalan Mayor Kusen, dan lurus terus mengikuti Jalan Mayor Kusen sampai di sebuah pertigaan ke arah barat melewati Jalan Sudirman, kemudian Anda tinggal lurus terus mengikuti jalan yang ada hingga Anda akan sampai di pintu masuk Candi Borobudur.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Harga tiket masuk Candi Borobudur sendiri bisa dibilang cukup murah dan terjangkau. Untuk para pelajar akan dikenakan tarif sebesar Rp 12.000 per orang dan untuk orang dewasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 30.000 per orang. Harga tiket tersebut sewaktu-waktu dapat berubah, alangkah lebih baik untuk bertanya terlebih dahulu ke bagian loket atau customer service untuk lebih jelasnya.

Promo Tiket Candi Borobudur

Nah berikut ini merupakan promo tiket masuk Candi Borobudur untuk rombongan, promo ini berlaku seumur hidup selama belum ada perubahan dari pihak pengelola.
  • Promo tiket masuk rombongan umum akan dikenakan diskon 10% dengan jumlah minimal rombongan 30 orang.
  • Promo tiket masuk rombongan pelajar akan dikenakan diskon 10% dengan jumlah minimal rombongan 20 orang.

Tips Berkunjung Ke Candi Borobudur

Saat Anda mengunjungi Borobudur, Anda bisa berjalan kaki mengitari candi ini secara pradaksina (berputar searah dengan jarum jam) seperti yang dilakukan para peziarah zaman dulu. Dari tingkat pertama berjalan ke kiri kemudian baru naik ke tingkat selanjutnya, begitu seterusnya hingga mencapai puncak. Hal hal yang perlu Anda ketahui sebelum ke candi Borobudur :
  • Lokasi dari candi Borobudur sangat luas dan harus ditempuh dengan berjalan kaki, Anda akan mudah kelelahan apalagi saat siang hari dengan cuaca yang memang sangat panas. Tips nya yaitu menggunakan alas kaki yang nyaman berupa flat shoes dan sunglass. Jangan kenakan high heels atau wegdes supaya kaki tidak kesakitan.
  • Bawalah payung atau topi sebagai pelindung diri dari teriknya sinar matahari.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur adalah di saat pagi hari saat Borobudur baru buka atau sore hari saat menjelang sunset. Selain matahari tidak terlalu menyengat di tubuh, pada jam-jam tersebut kondisi Borobudur tidak terlalu ramai pengunjung sehingga Anda bisa mengambil gambar lebih leluasa.

Galeri Foto Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur lengkap
Sejarah Candi Borobudur lengkap

Misteri Candi Borobudur
Misteri Candi Borobudur

Kesimpulan Candi Borobudur
Kesimpulan Candi Borobudur

Relief Candi Borobudur
Relief Candi Borobudur

Gambar Candi Borobudur
Gambar Candi Borobudur

Jam Buka Candi Borobudur
Jam Buka Candi Borobudur

Tiket Masuk Candi Borobudur
Tiket Masuk Candi Borobudur

Itulah ulasan mengenai Sejarah dan Promo Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Terbaru. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel