Tiket Masuk dan Lokasi Kebun Raya Baturraden Terbaru

Tiket Masuk dan Lokasi Kebun Raya Baturraden - Jawa Tengah memang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan berbagai objek wisata seru dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang akhir akhir ini hits dan banyak diperbincangkan para traveler di media sosial terutama Instagram adalah Kebun Raya Baturraden yang berada di Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Kebun Raya Baturraden sekarang ini merupakan tempat wisata yang menajdi pelengkap Kebun Raya yang berada di Pulau Jawa, Tempat wisata ini hadir setelah Kebun Raya Purwodadi yang berada di Provinsi Jawa Timur dan juga Kebun Raya Cibidos di Provinsi Jawa Barat. Dengan mengusung konsep konservasi tanaman, wahana edukasi dan juga sebagai objek wisata, Kebun Raya Baturraden Banyumas ini ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Tengah sendiri dan sekitarnya.
Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden
Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya yang dibandung di atas lahan seluas 143,5 hektare ini sudah ada sejak diresmikan pada tanggal 19 Desember 2015 lalu. Dari kunjungan ke Kebun Raya Baturraden ini, para pengunjung akan merasakan kesejukan serta indahnya pemandangan alam yang masih alami dan juga bisa mempelajari berbagai jenis tanaman dan tumbuhan yang berada di Indonesia. Tamana ini diantaranya adalah Tanaman Paku, Tanaman Medical Garden, Tanaman Liana, Tanaman Hamparan Bunga, Tanaman Damar, Tanaman Rasamala, Tanaman Pinus, dan berbagai jenis Tanaman Rotan serta masih banyak lagi lainnya.

Memang tanaman tersebut berdominan tumbuh di dataran tinggi atau pegunungan di Pulau Jawa. Tak heran jika Anda nantinya kan melihat tanaman yang tertanam berada di dalam ruangan, meskipun nantinya Anda tidak diperbolehkan masuk namun pengunjung tetap bisa melihatnya dari luar dengan jelas. Di area Kebun Raya Baturraden ini juga terdapat area bumi perkemahan yang tentu sangat cocok bagi Anda penggemar camping. Selain sebagai tempat edukasi, Kebun Raya ini juga menjadi tempat konservasi ex situ untuk jenis flora di pegunungan Pulau Jawa.

Objek Wisata Kebun Raya Baturraden

Memang berbagai kegiatan bisa Anda lakukan di tempat wisata Kebun Raya Baturraden ini, karena tersedia berbagai wahana serta sarana tempat olahraga. Nah berikut ini merupakan objek wisata yang ada di Kebun Raya Baturraden Purwokerto.

1. Telaga Pancuran Pitu

Bagi Anda yang suka sekali dengan kegiatan foto selfie dengan hasil foto yang sangat bagus dan Instagramble, Anda harus mengunjungi sebuah objek atau wahana yang satu ini bernama Telaga Pancuran Pitu. 

Anda harus menaiki sejumlah anak tangga untuk bisa menikmati keindahannya, tentu akan sangat indah nan elok dengan pemandangan yang disuguhkannya. Ditambah lagi dengan warna pepohonan yang hijau serta bebatuan yang berwarna kuning membuat cantik pemandangan.

2. Telaga Sunyi

Objek atau Wahana yang kedua ini memang agak mirip seperti Telaga Pancuran Pitu. Dimana di telaga sunyi ini memang terasa benar benar sunyi ditambah dengan tempatnya yang masih alami dengan bebatuan yang licin karena tertempeli oleh lumut. Namun warna airnya yang biru laut menambah keindahan dari telaga ini.

3. Rumah Kompos

Memang kompos sendiri merupakan barang yang sudah tidak terpakai dan terkesan bau, tetapi di kebun raya ini kompos tersbut disulap menjadi sebuah rumah yang terdiri dari berbagai wahana yang sangat edukatif serta menghibur tentunya. Bagi Anda yang membawa si kecil tentu tidak usah khawatir karena bisa bermain di tempat edukaif ini.

4. Rumah Kaca

Rumah kaca ini berada di tengah tengah Kebun Raya Banyumas, dimana saat Anda sudah terlanjut masuk dalam wahana atau tempat ini akan kebingungan mencari jalan keluar. Tentu Anda pasti merasa kebingungan dihadapkan dengan kaca kaca yang berjejeran secara apik dan rapi. Tetapi karena sensasi inilah para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini merasa penasaran dan ingin mencobanya.

5. Rumah Pohon

Kebun Raya Baturraden Purwokerto ini juga memiliki rumah pohon yang di sekitarnya terdapat wahana permainan untuk anak anak seperti ayunan. Memang rumah pohon inilah yang paling dicari wisatawan untuk berburu spot foto cantik nan instagramble. Rumah ini berada di bagian atas pohon yang dibuat sedemikian tupa seperti gubuk atau rumah zaman dulu agar menarik dan menjadikan tempat untuk melihat pemandangan dari atas ketinggian.

6. Rumah Anggrek 

Rumah anggrek sendiri merupakan rumah yang diisi dengan berbagai jenis tanaman anggrek. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto Anda bersama keluarga maupun sahabat. Tanaman anggrek ini memiliki warna yang begitu indah dan memanjakan mata.

Fasilitas Kebun Raya Baturraden

Pada tahun 2016 lalu, Kebun Raya Baturraden Banyumas  membangun fasilitas Rumah Kaca sebagai tempat untuk pelestarian dan juga Gedung Pengelola. Setelah itu pada tahun 2017 lalu ditambah fasilitas lagi seperti jalan inspeksi dan lingkungan.

Dan pada tahun 2018 kemarin, tempat wisata ini menambah fasilitas lagi diantaranya ada signage, pujasera, café serta mushola. Selain itu tempat ini juga memiliki fasilitas umum seperti Toilet Umum, Tempat Parkir yang luas, Gazebo, Papan Informasi dan lain sebagainya.

Lokasi Kebun Raya Baturraden

Mengenai lokasi dari Kebun Raya Baturraden ini berada di Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang tepatnya berada di Jl. Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). 

Sedangkan mengenai Jam Buka Kebun Raya Baturraden Banyumas Jawa Tengah sendiri mulai pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore pada setiap harinya. Anda bisa memaksimalkan dan mengatur waktu sebaik mungkin. Dan saya sarankan untuk datang pada waktu pagi hari agar tidak panas dan bisa menikmati semua wahana dengan puas.

Rute Kebun Raya Baturraden

Jika Anda ingin menuju ke Kebun Raya Baturraden dari pusat Kota Purwokerto, kurang lebih berjarak 15 km, sedangkan dari Banyumas berjarak sekitar 30 km. Supaya tidak kebingungan, silakan Anda lihat rute menuju obyek wisata di denah atau peta. Bila bertemu UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman), Anda tinggaal lurus saja ke arah utara sampai mentok. 

Setelah itu, tanyalah pada penduduk setempat dimana letak KRB karena cukup dekat dari daerah situ. Tapi perlu Anda ketahui bahwa jalur ke tempat wisata ini berkelok-kelok dan lumayan menanjak tajam, sehingga Anda harus ekstra berhati-hati jika ingin berkunjung ke sana dan pastikan kendaraan Anda dalam keadaan normal.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturraden

Bagi Anda yag ingin berkunjung ke kebun raya ini tentu akan dikenakan tarif masuk. Harga tiket masuk atau HTM Kebun Raya Baturraden ini adalah sebagai berikut:
Tiket Masuk  Harga
Tiket Masuk Umum Rp 20.000
Tarif Parkir Mobil Rp 10.000
Tarif Parkir Motor Rp 4.000
Harga tiket masuk diatas sewaktu waktu bisa berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Galeri Foto Kebun Raya Baturraden

Rumah Kaca Baturraden
Rumah Kaca Baturraden

Wisata Purwokerto
Wisata Purwokerto

Wisata Banyumas
Wisata Banyumas

Kebun Raya Baturraden Banyumas
Kebun Raya Baturraden Banyumas

Kebun Raya Baturraden
Kebun Raya Baturraden

Gambar Kebun Raya Baturraden
Gambar Kebun Raya Baturraden

Itulah ulasan mengenai TTiket Masuk dan Lokasi Kebun Raya Baturraden Terbaru. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel