Tiket Masuk dan Cerita Dibalik Berdirinya Candi Plaosan Klaten Terbaru

Tiket Masuk dan Cerita Dibalik Berdirinya Candi Plaosan Klaten - Mengunjungi Kota Jogja sebagai pilihan liburan Anda merupakan hal yang sangat wajar, karena di kota ini Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang unik serta mernarik untuk dikunjungi. Jika Anda bosan dengan suasana jogja, tidak ada salahnya bila mengunjungi tempat wisata satu ini yang berada di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata tersebut bernama Candi Plaosan Klaten.

Candi Plaosan Klaten sendiri merupakan satu diantara banyaknya candi yang sudah terpopuler di Yogyakarta seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Kalasan dan masih banyak lagi lainnya. Candi Plaosan yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat. Harga tiket masuk candi ini bisa dibilang cukup murah dan hanya sekali bayar saja.

Candi Plaosan dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Seri Kahuluan di zaman pemerintahan kerajaan Mataram Kuno. Candi yang satu ini tidak kalah indah dan menarik dibandingkan dengan candi-candi lainnya yang sudah lebih dahulu populer. Bentul dari candi ini sendiri memiliki berbagai macam relief dan juga arsitektur yang unik, karena candi Plaisan sendiri terdiri dari 2 candi yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.
Tiket Masuk Candi Plaosan
Tiket Masuk Candi Plaosan

Kedua candi tersebut memang berada di satu kawasan dan hanya berjarak kurang lebih sekitar 20 meter saja, candi ini juga berdekatan sengan tempat tinggal warga serta persawahan warga sekitar. Candi yang hanya berjarak kurang lebih sekitar 1 Km dari Candi Prambanan ini diberi nama Candi Plaosan akrena lokasinya yang berada di Dukuh Plaosan. Candi ini memiliki corak Budha karena terdapat arca Budha, kemuncak stupa, dan juga candi perwara (kecil).

Dulunya terdapat 3 dinasti yang menguasai kerajaan di Candi Plaosan tersebut, dinasti tersebut diantaranya yaitu Dinasti Isyana, Sanjaya, dan juga Syailendra. Petunjuk berdirinya kerajaan Medang atau Mataram Kuno ini bersumber dari adanya prasasti – prasasti dan juga candi – candi, baik yang bercorak agama Hindu maupun Budha. Tentu yang dimaksud tersebut yaitu Kalasan, Canggal, Klurak, dan juga prasasti Mantyasih.

Konon kabarnya Mitos yang beredar bahwa Candi Plaosan ini juga sebagai bukti cinta antara Rakai Pikatan terhadap istrinya yaitu Pramudya Wardhani (putri dari Samaratungga). Corak arsitektur candi ini berupa campuran antara Budha dan Hindu karena istrinya beragama Budha dan Rakai Pikatan sendiri memiliki agama Hindu. Luas wilayah candi plaosan kurang lebih sekitar 440 x 270 m. Meskipun terlihat sama jika dilihat seklilas namun bangunan yang ada di sini sbenarnya berbeda. 

Perbedaan yang bisa dilihat dari kedua candi ini yaitu terdapat pada relief masing – masing bangunannya. Di wilayah candi Plaosan ini anda bisa menjumpai candi perwara yang berjumlah 50 buah serta stupa perwara yang berjumlah 116 buah. Candi Plaosan sendiri mempunyai lebar kurang lebih sekitar 10 meter dan panjangnya yang hampir 15 meter serta kedua candi tersebut dipisahkan dengan adanya tembok pembatas. Dengan pesona – pesona yang ada  di candi ini harga tiket masuk candi plaosan klaten tergolong murah.

Objek Wisata Candi Plaosan Klaten

Candi yang memiliki keunikan serta daya tarik tersendiri ini memiliki beberapa objek wisata dan aktivitas seru yang bisa dilakukan para pengunjung. Nah berikut ini merupakan onjek wisata yang ada di candi plaosan serta aktivitas seru yang berada di Candi ini.

1. Festival Candi Kembar

Fakta Candi Plaosan
Fakta Candi Plaosan

Berbeda dengan candi lainnya, Candi Plaosan ini memiliki festival candi kembar yang diadakan setiap tahun oleh masyarakat sekitar dengan mempertontonkan tari-tarian dari seluruh budaya di Indonesia. Festival ini memang merupakan festival budaya terbesar yang berada di Klaten. Hal ini tentu bisa menarik perhatian banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjungi candi yang berada di Klaten Jawa Tengah ini.

2. Candi Plaosan Lor

Jurnal Candi Plaosan
Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor ini memiliki dua candi utama. Di sebelah utara terdapat Candi Induk Utara yang memiliki cerita dan reliefnya berisi mengenai wanita. Sedangkan untuk candi di bagian selatan terdapat Candi Induk Selatan yang cerita atau reliefnya membahas mengenai laki-laki.

3. Candi Plaosan Kidul

Gambar Candi Plaosan
Candi Plaosan Kidul

Di kawasan Candi Plaosan Kidul ini walaupun tidak besar, di tempat ini memiliki spot foto yang sangat menarik yang berlatar belakang candi perwara dan stupa yang jumlahnya sedikit.

4. Berburu Sunrise dan Sunset di Candi Plaosan

HTM Candi Plaosan
Sunrise dan Sunset di Candi Plaosan

Yang paling ditunggu tunggu oleh para pengunjung jika mengunjungi kawasan candu Plaosan ini adalah menunggu moment sunrise maupun sunset. Jika anda ingin melihat sunrise datanglah di pagi hari sekitar pukul 05.00 - 05.30 WIB. Anda bisa menikmati sunrise di sekitar area persawahan yang berada di sekitar luar candi plaosan ini karena memang belum dibuka.

Banyak sekali wisatawan asing yang rela datang pagi-pagi dan mengabadikan moment indah ini. Tentunya mereka juga tidak mau ketinggalan mengenai moment sunset dengan latar candi kembar plaosan beserta langi yang berubah perlahan berwarna orange ke kuningan yang sangat cantik.

Fasilitas Candi Plaosan Klaten

Mengenai fasilitas candi plaosan klaten ini cukup lengkap bagi anda yang ingin mengunjunginya. Fasilitas-fasilitas yang ada tersebut diantaranya yaitu:
  • Penjual Makanan
  • Pusat Informasi
  • Area Parkir yang luas
  • Toilet Umum
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan mampu dimaksimalkan oleh pengunjung agar merasa puas dan betah berlama-lama berad di Candi Plaosan Klaten ini.

Lokasi Candi Plaosan Klaten

Mengenai alamat Candi Plaosan ini berada di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah yang tepatnya berada di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). Sedangkan menegenai Jam Buka Candi Plaosan mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB pada setiap harinya.

Rute Candi Plaosan Klaten

Jarak Candi Plaosan dari pusat Kota Jogja sendiri kurang lebih sekitar 18,9 KM dan waktu tempuh normal kendaraan sepeda ,otor dari Kota Jogja menuju Candi Plaosan kurang lebih memakan waktu sekitar 38 menit. Rute Menuju Candi Plaosan sendiri bisa dikatakan mudah untuk diakses.

Rute untuk menuju ke Candi Plaosan bisa diakses melewati jalan Laksda Adisutjipto dan jalan Raya Solo – Yogya ke arah timur. Di persimpangan Pasar Prambanan anda masih harus luruh ketimur hingga menjumpai dua lampu merah lagi kemudian jika sudah sampai diperempatan Stasiun Brambanan anda tinggal belok kea arah kiri kurang lebih sejauh 2 KM kemudian belok ke arah kanan kurang lebih 800 meter dan sampailah anda di kawasan Candi Plaosan.

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan 

Mengenai harga tiket masuk candi plaosan klaten jawa tengah ini sendiri bisa dikatakan murah dan tentu terjangkau bagi semua wisatawan. Harga tiket masuk atau HTM Candi Plaosan adalah sebagai berikut:
Tiket Masuk  Harga
Tiket Masuk Umum Rp 5.000 per orang
Trif Parkir Sepeda Rp 3.000
Trif Parkir Sepeda Motor  Rp 3.000
Trif Parkir Mobil Rp 5.000
Harga tiket masuk diatas sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Ada perubahan kami akan segera update data tersebut.


Galeri Foto Candi Plaosan Klaten

Mitos Candi Plaosan
Mitos Candi Plaosan

Harga Tiket masuk Candi Plaosan
Harga Tiket masuk Candi Plaosan

Lokasi Candi Plaosan
Lokasi Candi Plaosan

Rute Candi Plaosan
Rute Candi Plaosan

Itulah ulasan mengenai Tiket Masuk dan Cerita Dibalik Berdirinya Candi Plaosan Klaten. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel