Tiket Masuk dan Biaya Sewa Perahu Sungai Maron Pacitan 2023

Tiket Masuk dan Biaya Sewa Perahu Sungai Maron Pacitan - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Pacitan? Kota ini merupakan daerah kelahiran dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono Presiden ke-6 Indonesia. Daerah ini banyak sekali menyimpak keindahan alam yang tidak diduga. Salah satunya yaitu Sungai Maron Pacitan. Sungai Maron sendiri merupakan sebuah sungai yang dibuka sebagai tempat wisata dengan panorama keindahan alam yang sangat menawan.
Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron Pacitan

Sungai ini memiliki air yang begitu jernih berwarna biru serta di pinggiran sungai maron terdapat deretan pohon kelapa yang menghiasi sungai. Kedalaman sungai rata-rata mencapai 20 meter dari yang paling dalam. Banyak sekali warga sekitar yang memanfaatkan air sungai ini sebagai kebutuhan sehari-hari. Sungai ini dipenuhi dengan ikan kakap merah yang menjadi dominasi dari habitat ikan yang ada di Sungai Maron.

Objek Wisata Sungai Maron Pacitan

Keindahan alam yang dimiliki Sungai Maron Pacitan memang sudah tidak diragukan lagi. Para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pada saat menyusuri sungai dengan perahu, di tepi kanan kiri subgai terdapat pepohonan hijau yang menghiasi suasana perjalanan. Jangan salah sanga ya jika air di Sungai ini kotor, air yang ada di sungai maron ini sangat bersih dan jernih.

Karena keindahan alam yang dimilikinya, Sungai Maron Jawa Timur ini memiliki julukan Green Canyon Pacitan. Memang semua ini berawal dari suasana sekitar sungai yang hijau menyejukkan. Banyak pula para pengunjung yang menyebutnya sungai maraon ini mirip dengan sungai Amazon, sehingga juga dijuluki sebagai Sungai Amazon Pacitan. Sebab jika Anda menikmati sungai ini akan merasakan jiaw petualang yang meluap-luap untuk menyusuri seluruh bagian sungai.

Untuk menikmati sungai maron pacitan tentunya tidak lengkap jika Anda hanya menyusuri tepi sungainnya saja. Anda ahrus mencoba menyusuri semua bagian dalam dari sungai ini bila ingin menikmati keindahan yang ada dengan lengkap. Dengan cara itula para pengunjung dapat menikmati keindahan dari tempat wisata pacitan ini. Anda dapat menyusuri sungai ini menggunakan perahu yang sudah disediakan oleh warga setempat untuk disewakan.

Fasilitas Sungai Maron Pacitan

Sungai ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi mereka yang menginginkan wisata dengan panorama alam yang masih alami. Bahkan tidak sedikit artis ibukota yang tergiur untuk mencoba berwisata menyususuri sungai di Sungai Maron Pacitan.

Mengenai fasilitas yang ada di tempat wisata Sungai Maron Pacitan Jawa Timur ini bisa dikatakan cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Spot Foto
  • Peralatan wisata
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan mampu dimaksimalkan oleh para pengunjung dengan baik.

Lokasi Sungai Maron Pacitan

Tempat wisata sungai ini cukup dekat dengan tempat wisata seperti Pantai Klayar, tepatnya berada di Dersono, Pringkuku, Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). Sedangkan mengenai Jam Buka Sungai Maron Pacitan mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB pada setiap harinya.

Jaraknya memang cukup jauh dari pusat kota Pacitan, kurang lebih jaraknya sekitar 40 kilometer dari alun-alun Pacitan, sedangkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih memakan waktu satu jam menggunakan kendaraan sepeda motor. Apabila anda datang dari kota Solo jaraknya kurang lebih sekitar 100 kilometer dan memerlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar tiga jam. 

Rute Sungai Maron Pacitan

Walaupun jarak tempuh untuk menuju sungai Maron Pringkuku Pacitan cukup jauh, namun jalan menuju kesana terbilang mudah ditemukan bagi para wisatawan. Jalan paling mudah untuk menuju wisata sungai tersebut yaitu sama seperti rute menuju ke Goa Gong Pacitan.

Ketika sesampai disana, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke arah selatan kurang lebih sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit agar sampai tepi sungai. Kondisi jalan menuju lokasi memang sendikit kurang bagus dan juga kondisi jalan cukup menanjak dan berkelok-kelok. Untuk itu setiap wisatawan jika melewati jalan ini harus berhati-hati.


Harga Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan

Untuk menikmati keindahan yang ada di sungai ini, anda tidak usah kwatir mrngrnai biayanya yang terlalu besar. Harga tiket masuk Sungai Maron Pacitan hanya Rp 2.000 saja per orang. Dengan tiket masuk yang murah tersebut Anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah di Sungai Pacitan tersebut.

Biaya Sewa Perahu Sungan Maron Pacitan 

Aktivitas seru yang umum dilakukan oleh para pengunjung yang adalah susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga setempat. Ketika menyewa sebuah perahu ini, para pengunjung akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai. Perahu kecil yang digunakan untuk susur sungai maron tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

Sungai Maron Pacitan ini berujung di sebuah muara pantai Ngiroboyo. Susur sungai dilakukan dengan menyusuri sungai yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 4,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Wisatawan yang ingin melakukan susur sungai ini harus berjalan 20 meter dari lokasi pembayaran tiket menuju dermaga kecil dimana perahu perahu yang digunakan untuk susur sungai berlabuh.

Untuk harga biaya sewa perahu sendiri sekitar Rp 100.000 s/d Rp 150.000. Harga tersebut memang tergantung pada kondisi perahu yang disewa. Apabila ingin perahu nya bersandar ketika selama perjalanan untuk berswafoto ataupun melihat pemandnagan, maka cukup menambah biaya sekitar Rp 5.000 saja. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Galeri Foto Sungai Maron Pacitan

Mancing di Sungai Maron Pacitan
Mancing di Sungai Maron Pacitan

Biaya Sewa Perahu Sungai Maron Pacitan
Biaya Sewa Perahu Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan Kabupaten Pacitan Jawa Timur
Sungai Maron Pacitan Kabupaten Pacitan Jawa Timur

Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan
Tiket Masuk Sungai Maron Pacitan

Sungai Cokel Pacitan
Sungai Cokel Pacitan

Review Sungai Maron Pacitan
Review Sungai Maron Pacitan

Itulah ulasan mengenai Tiket Masuk dan Biaya Sewa Perahu Sungai Maron Pacitan. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel