Harga Tiket Masuk dan Sejarah Pantai Nampu Wonogiri Terbaru

Harga Tiket Masuk dan Sejarah Pantai Nampu Wonogiri - Kabupaten Wonogiri yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini memang memiliki potensi wisata, terutama wisata pantai. Tapi masih ada orang yang belum mengetahui keberadaan pantai di Wonogiri yang di mana memiliki barisan pantai yang tidak kalah meanrik dan indah dengan pantai-pantai lainnya. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Nampu. Namun di balik keindahan pantai ini masih belum semuanya dikelola dengan maksimal, hal ini dapat di lihat dari keterbatasan fasilitas yang ada di sini.
Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri bila sudah bisa dipastikan bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui pesona indah dari pantai yang berada di Wonogiri ini. Sebenarnya Wonogiri sendiri mempunyai potensi wisata yang cukup banyak salah satunya destinasi pantai, seperti pantai Banyutowo, pantai  Pringjono, pantai Njujungan, pantai Sembukan, pantai Klothok, pantai Sadeng, pantai Mbut Manis, pantai Miring, pantai Kijingan, dan masih banyak lainnya.

Sejarah Pantai Nampu Wonogiri

Banyak faktor yang membuat perhatian Pemerintah Daerah Wonogiri terhadap Pantai Nampu ini kurang begitu maksimal, mulai dari keterbatasan APBD dan sulitnya mendapatkan investor, serta masih banyak faktor-faktor yang lain. Memang ada juga sebagian pihak dan juga masyarakat setempat yang berpendapat bahwa sulitnya Pantai
Nampu untuk berkembang disebabkan karena Tanahnya.

Tanah yang ada di wilayah Pantai Nampu tidak dimiliki pemerintah daerah melainkan menjadi milik pribadi dari Perusahaan Batik Keris. Tanah yang ada dibawah kepemilikan dari Perusahaan Batik Keris tersebut menghampar kurang lebih sepanjang 10 km dari Pantai Menampu hingga Pantai Sembukan. Karena itu pula nasib Pantai Sembukan juga tidak jauh berbeda dengan Pantai Nampu yang memang kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah setempat. 

Menurut penuturan masyarakat sekitar, awalnya tanah yang ada di kawasan pantai ini merupakan hak milik dari masyarakat. Namun sekitar tahun 1979 dijadikan sebagai bahan pembelian besar-besaran oleh Perusahaan Batik Keris dengan cara paksa dan tanpa ada proses tawar menawar sebagaimana layaknya pada proses jual beli. Untuk dapat menguasai tanah milik masyarakat tersebut aparat keamanan ikut turun tangan sambil menyebarkan isu kalau tanah tersebut akan dibeli oleh pemerintah setempat.

Namun di tengah-tengah proses pembayaran baru terungkap bahwa tanah tersebut tidak dibeli oleh pemerintah melainkan oleh Perusahaan Batik Keris dengan alasan pemerintah tidak memiliki dana yang cukup besar untuk mengganti tanah milik masyarakat tersebut.

Objek Wisata Pantai Nampu Wonogiri

Berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Pantai Nampu, terdapat sebuah tebing batu pada masing-masing sisi pantai yang nampak seperti sebuah corong. Adanya tebing batu ini semakin membuat nuansa keheningan dan kesunyian bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nampu Wonogiri ini.

Suasana yang masih sepi, asri dan alami ini membuat Anda dapat melakukan banyak aktivitas seru. Waktu liburan Anda jika bersama keluarga akan semakin berkesan dengan suguhan pemandangan alam Pantai Nampu yang eksotis dengan hamparan pasir putih dan garis pantainya yang panjang. Dari area parkir menuju ke bibir pantai, Anda masih harus berjalan kaki menuruni bukit melalui berpuluh-puluh anak tangga yang tersusun rapi. 

Namun, rasa lelah dan penat selama perjalanan Anda akan terobati ketika sampai di bibir pantai. Sejumlah aktivitas seru bisa Anda lakukan di Pantai Nampu, mulai dari bermain pasir putih, bermain air di tepi pantai, camping, hingga berselfie atau berfoto bersama keluarga maupun sahabat dengan latar belakang air laut yang berwarna biru indah.

Di sekitar lokasi pantai anda dapat menjumpai warung-warung kecil yang menjual aneka minuman serta makanan. Saat hari biasa, hanya terdapat sedikit penjual yang ada di sini. Tapi ketika hari libur tiba maupun musim libur tiba, kondisi pantai akan cukup ramai sehingga ada lebih banyak penjual yang menjajakan makanan dan minuman di sekitar Pantai Nampu.

Lokasi Pantai Nampu Wonogiri

Mengenai lokasi dari Pantai Nampu ini berada di Kota Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah yang tepatnya beralamat di Dsn Dringo, Ds Gunturharjo, Kec Paranggupito, Kab Wonogiri, Jawa Tengah. Untuk lebih jelansya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). 

Dari pusat kecamatan Paranggupito jaraknya kurang lebih sekitar 15 kilometer. Pantai Nampu masih belum banyak dikenal oleh wisatawan dikarenakan akses jalan dan transportasi menuju ke lokasi yang masih agak sulit. Bahkan hingga sampai sekarang ini belum tersedia angkutan umum yang melewati Pantai Nampu sehingga bagi wisatawan yang ingin menuju ke lokasi disarankan untuk mambawa kendaraan pribadi.

Rute Pantai Nampu Wonogiri

Untuk rute menuju pantai nampu ini dari pusat Kota Wonogiri menuju pantai nampukurang lebih berjarak 70 km, bisa anda dari Pacitan, Yogyakarta maupun Solo. Bila Anda mulai dari Solo akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Anda akan melewati Kabupaten Sukoharjo serta Waduk Gajah Mungkur untuk sampai menemukan petunjuk arah yang memiliki petunjuk jalan. Silakan Anda pilih jalan menuju ke Yogyakarta atau Pracimantoro kemudian lakukan perjalanan terus hingga bertemu perempatan. Jika sudah sampai di perempatan tersebut silakan Anda ambil jalan menuju Pacitan kemudian ikutilah jalan tersebut hingga sampai di sebuah perempatan.

Jika Anda sudah ketemu perempatan maka silahkan ambil arah menuju ke Paranggupito, kemudian di pertigaan Anda akan menjumpai papan petunjuk jalan yang akan mengantarkan Anda menuju ke Pantai Nampu.

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu

Bagi wisatawan yang ingin masuk dan menikmati keindahan Pantai Nampu Wonogiri diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan sepeda motor dikenakan tarif Rp 5.000 dan untuk mobil dikenakan tarif Rp 15.000.

Memang Pantai Nampu Wonogiri sendiri belum secara resmi menjadi obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah, sehingga pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat penduduk sekitar pantai. Itulah sebabnya harga tiket masuk ke wisata ini masih bisa dibilang murah.

Galeri Foto Pantai Nampu

Pantai Nampu Gunung Kidul
Pantai Nampu Gunung Kidul

Gambar Pantai Nampu
Gambar Pantai Nampu 

Fasilitas Pantai Nampu
Fasilitas Pantai Nampu 

Sejarah Pantai Nampu
Sejarah Pantai Nampu 

Tiket Masuk Pantai Nampu
Tiket Masuk Pantai Nampu 

Itulah ulasan mengenai Harga Tiket Masuk dan Sejarah Pantai Nampu Wonogiri Terbaru. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel