Harga Tiket Curug Jenggala - Destinasi Wisata Hits di Banyumas

Harga Tiket Curug Jenggala - Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan menyimpan banyak sekali tempat wisata indah namun masih jarang diketahui oleh para wisatawan. Memang sebenarnya ada tempat wisata yang sudah cukup terkenal di kabupaten ini bernama Baturaden. Namun saat ini muncul tempat wisata baru yang sedang hits dikalangan para traveler, tempat wisata ini bernama Curug Jenggala. 

Curug Jenggala Banyumas merupakan sebuah tempat wisata air terjun di Kawasan Baturaden. Dulunya curug ini bernama Curug Tempuan dan saat ini diganti namanya dengan sebutan Curug Jenggala. Curug ini memiliki 3 air terjun yang sejajar dengan ketinggian mencapai lebih dari 30 meter dari atas permukaan tanah. Selain itu tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dengan konsep yang kekinian. 

Curug Jenggala Banyumas
Curug Jenggala Banyumas

Bagi anda yang ingin membuag rasa lelah karena padatnya aktivitas sehari-hari, curug jenggala ini memang cocok untuk menjado tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Karena tempat ini selain menyuguhkan pemandangan yang indah juga menyuguhkan suasana dan udara yang sejuk khas pegunungan. 

Bagi Anda yang suka berswafoto, di curug ini terdapat spot foto berbentuk love semacam gardu pandang yang berada di depan curug. Selain terlihat indah, spot foto love ini juga terkesan romantis. Apalagi jika Anda berfoto bersama pasangannya di tempat spot foto ini. Sebenarnya curug di daerah Baturaden sendiri cukup banyak diantaranya Curug Bayan, Curug Penganten dan masih banyak lainnya, namun yang lagi ngehits dan kekinian saat ini adalah Curug Jenggala ini.

Asal Usul Curug Jenggala

Curug Jenggala memiliki keunikan tersendiri yang bisa kita lihat dari asal – usulnya. Pada awal mulanya, air terjun bukanlah bernama Curug Jenggala melainkan bernama Curug Tempuan seperti yang telah Admin jelaskan diatas tadi. Hal tersebut disebabkan karena air terjun Jenggala adalah pertemuan dari beberapa sungai yang menjadi satu. Curug ini memiliki tiga aliran air terjun dengan ketinggian yang sama.

Dengan air terjun utama yang berada di tengah memiliki arus air yang paling deras. Menurut warga sekitar, Jenggala memiliki arti tersendiri yaitu Ksatria Piningit atau Ksatria Utama. Curug Jenggala Purwokerto diapit dengan dua bukit dan jika digabungkan dari masing – masing namanya memiliki sebuah arti yaitu air surga. 

Sungai pada Curug Jenggala merupakan pertemuan antara dua buah sungai, yaitu Sungai Banjaran dengan Sungai Mertelu yang bersatu. Kemudian ditengah daerah antara Banjaran dan Mertelu terdapat situs bernama “Batur Semendeh”.

Lokasi Curug Jenggala

Mengenai lokasi dari curug jenggala sendiri berada di Banyumas, Jawa Tengah yang tepatnya beralamat di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). 

Daerah tempat wisata ini memang didominasi dengan adanya perbukitan dimana letaknya berada di kaki Gunung Slamet. Pantas saja jika Curug Jenggala ini menjadi spot strategis yang mampu menghadirkan perpaduan keindahan alam yang sangat eksotis.

Jadi jangan sampai anda lewatkan untuk berlibur bersama keluarga maupun sahabat untuk berkunjung ke tempat wisata alam Curug Jenggala ini. Pastinya anda akan menemukan keseruan tersendiri di tempat wisata hits ini, anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain dan menikmati keindahan yang ada di curug ini.

Jam Buka Curug Jenggala

Jam operasional tempat wisata Curug Jenggala ini dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB pada setiap harinya. Terkait dengan akomodasi, para wisatawan tak perlu khawatir terkait penginapan di sekitar Curug Jenggala, karena biayanya bisa dibilang cukup murah dan terjangkau.

Terdapat beberapa penginapan di sekitar lokasi wisata yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat atau sekedar ingin menikmati suasana asri dari tempat tersebut, mulai dari homestay maupun juga hotel.

Akses Menuju Curug Jenggala

Akses menuju Curug Jenggala sendiri dapat dibilang cukup mudah. Jika dari Kota Purwokerto cukup ikuti arah menuju ke Taman Wisata Baturaden. Papan penunjuk dari Kota Purwokerto ke Taman Wisata Baturaden sudah cukup banyak terpampang di pinggiran jalan dan sangat memudahkan Anda.

Jika sudah sampai di Baturaden, Anda dapat menuju Curug Bayan. Di sebelah homestay, terdapat sebuah akses jalan sempit untuk mengarahkan Anda ke Curug Jenggala. Apabila telah sampai di tempat parkir, Anda masih perlu berjalan lagi kurang lebih sekitar 500 meter menuju Curug Jenggala.

Perlu Anda perhatikan dan berhati-hati, jalan menuju Curug ini masih berlapis tanah, jadi apabila hujan tiba jalan menjadi licin. Tapi jangan khawatir, “Si Cantik Curug Jenggala” dari Jawa Tengah ini akan siap membayar rasa lelah selama perjalanan dan memanjakan para pengujung ketika sudah sampai di tujuan.

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala

Harga tiket masuk yang ditawarkan curug ini memang terbilang sangat murah. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja per orang, dengan membayar biaya masuk tersebut Anda dapat menikmati keindahan serta spot foto yang ada di Curug Jenggala ini dengan puas.

Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan sepeda motor dikenakan tarif Rp 3.000 dan untuk kendaraan mobil Rp 5.000. Harga tiket masuk serta tarif parkir tersebut bisa berubah-ubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, mengingat tempat wisata ini masih terbilang baru.

Tips Wisata Ke Curug Jenggala

Berikut ini merupakan beberapa tips wisata ke Curug Jenggala Banyumas agar liburan Anda semakin menyenangkan.
  • Wisata Curug Jenggala ini tergolong wisata baru sehingga belum terdapat angkutan umum untuk menuju lokasi wisata, oleh sebab itu disarankan menggunakan kendaraan pribadi.
  • Agar mendapatkan momen yang tepat, datang ke lokasi wisata sebaiknya di saat sore hari karena matahari sedang berada di arah barat dengan begitu suasana menjadi agak redup dan menambah suasana romantis.
  • Berhati-hatilah jika berjalan kaki dari tempat parkir wisata ke objek wisata Curug Jenggala, karena disana jalan masih cukup licin lantaran berlumpur, terlebih ketika pagi hari atau pasca musim hujan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen.
  • Jangan membuang sampah sembarnagan.

Galeri Foto Curug Jenggala

Misteri Curug Jenggala
Misteri Curug Jenggala

Harga Tiket Curug Jenggala Purwokerto
Harga Tiket Curug Jenggala Purwokerto

Curug Jenggala Purwolerto
Curug Jenggala Purwolerto

Sejarah Curug Jenggala
Sejarah Curug Jenggala

Air Terjun Curug Jenggala Kabupaten Banyumas Jawa Tengah
Air Terjun Curug Jenggala Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Lokasi Curug Jenggala
Lokasi Curug Jenggala

Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata Banyumas

Itulah ulasan mengenai Harga Tiket Curug Jenggala - Destinasi Wisata Hits di Banyumas. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel