Berburu Sunrise di Kebun Buah Mangunan - Destinasi Wisata Hits Jogja

Berburu Sunrise di Kebun Buah Mangunan - Kota Jogja memang terkenal dengan beragam wisatanya yang indah serta menawan, mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam semuanya ada di sini. Baru-baru ini terdapat temapt wisata baru di Jogja yang lagi hits, fotonya tersebar di berbagai media sosial terutama instagram. Tempat wisata ini bernama Kebun Buah Mangunan atau yang biasa dikenal dengan sebutan Negeri di atas Awan. Selain itu ada juga tempat wisata lainnya yang sama-sama baru hits diantaranya yaitu Hutan Pinus Mangunan, Puncak Sosok, dan Jurang Tembelan.

Bukan tanpa alasan Kebun Buah Mangunan Imogiri ini dijuluki sebagai Negeri di atas Awan, pasalnya tempat wisata ini berada di atas ketinggian kurang lebih sekitar 200 meter dari permukaan air laut. Sehingga ketika berada di sini mata para pengunjung akan di suguhi pemandangan yang luar biasa indahnya, salah satunya adalah pemandangan ketika bukit-bukit ini di selimuti oleh gumpalan-gumpalan awan putih yang terihat sangat mempesona.
Puncak Kebun Buah Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
Puncak Kebun Buah Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan Jogja sendiri di bangun oleh pemerintah setempat di tahun 2003 berada di atas tanah yang memiliki luas lahan kurang lebih sekitar 23 hektar. Di atas tanah ini juga banyak di tanami berbagai pohon seperti durian,  mangga, rambutan, jeruk dan manggis. Sedangkan untuk menambah kesejukannya kawasan ini terdapat juga tanaman seperti jati, king grass, pagar hidup berupa salak magium dan pohon pinus sebagai tanama utamanya.

Kebun Buah Mangunan sendiri berlokasikan di daerah Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Kawasan ini memang selalu ramai di datangi oleh para wisatawan terutama di akhir pekan atau di musim liburan tiba. Jadi untuk Anda yang memiliki rencana berlibur ke Yogyakarta tidak ada salahnya mampir di objek wisata yang satu ini. Berkunjung bersama keluarga maupun sahabat merupakan moment yang sangat pas.

Objek Wisata Kebun Buah Mangunan

Kawasan wisata alam ini berada di atas dataran tinggi di bagian timur dari Kota Bantul, Jogja. Lokasinya memang berada di ketinggian 200 meter. Sebuah lokasi yang tentunya akan membuat suasana sangat nyaman karena berada di atas ketinggian yang pasti memiliki udara yang sejuk khas pegunungan. Objek wisata ini menawarkan keindahan berupa panorama alam di dataran tinggi yang hijau dan masih terlihat sangat alami.

Selain itu, dari tempat wisata ini Anda juga bisa menikmati landscape Kota Bantul dengan segala rutinitas penduduknya, landscape yang terlihat sangat cantik dan mempesona. Bukan hanya itu saja. Dari tempat ini Anda juga bisa menyaksikan gagahnya gunung Sewu yang berada di seberang bukit wisata ini.

Di waktu pagi hari maupun sore hari, biasanya para wisatawan akan berbondong-bondong mengambil posisi duduk yang tepat agar bisa melihat sunrise maupun sunset yang terbit tenggelam di celah-celah bukit tempat wisata ini.

Kawasan wisata ini juga akan terlihat sangat eksotis pada waktu pagi hari. Di waktu itu, terdapat gumpalan-gumpalan kabut tebal yang mulai menyelimuti kawasan wisata ini yang akan membuatnya terlihat seperti berada di atas awan. Itulah asal muasal kenapa tempat wisata ini mendapat julukan sebagai tempat wisata Negeri di atas awan.

Sebagai tambahan informasi, bahwa tempat wisata di Jogja ini diresmikan dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2003 silam dan sampai sekarang ini terus dikembangkan. Dari usianya yang sudah belasan tahun lebih, maka pantaslah jika objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata favorit dari sekian banyak objek wisata yang berada di Jogja terutama di Bantul.

Aktivitas Kebun Buah Mangunan

Banyak sekali aktivitas seru yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi tempat wisata ini selain menikmati panorama alamnya. Nah berikut ini merupakan beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan jika mengunjungi tempat wisata Kebun Buah Mangunan Jogja.

1. Camping

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan ini juga sering digunakan sebagai tempat camping oleh para pecinta alam. Jika Anda ingin merasakan bagaimana suasana bermalam di sini, maka Anda juga bisa camping bersama teman-temanmu. Namun anda harus membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah, dikarenakan tempat wisata ini tidak menyediakan peralatan camping.

Untuk bisa camping di area wisata ini, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 saja per harinya. Tentu harga tersebut bisa dibiang sangat murah sekali.

2. Berburu Aneka Buah-Buahan

Berkunjung ke tempat ini tidak klop tanpa mencoba rasa dari setiap buah-buahan yang ada. Anda bisa mencicipi semua jenis buah, diantaranya seperti durian,  mangga, rambutan, jeruk dan manggis, atau juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Harga per kilogram buah yang ada di sini juga terbilang sangat murah, dijamin lebih murah daripada membelinya di pasar pada umunya. Contohnya untuk 1 kilogram dari buah rambutan, Anda bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp. 4000 saja.

3. Memancing

Jangan kira di sini Anda hanya bisa melakukan kegiatan yang hanya berhubungan dengan alam saja. Bagi Anda yang suka memancing, Anda dapat menyalurkan hobinya di sebuah kolam pemancingan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Untuk menikmati serunya memancing di tempat wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 2000 per hari untuk sewa peralatan pancing. Namun jika Anda membawanya dari rumah, maka Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk kegiatan memancing ini.

4. Bersepeda

Bersepeda juga menjadi salah satu kegiatan mengasikkan yang bisa Anda lakukan. Hanya dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 10.000 saja per orang, Anda bisa menjajal track downhill sepanjang 2300 meter, dan juga track cross country dengan panjang lintasan sekitar 2800 meter.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Fasilitas yang ada di tempat wisata jogja ini memang nisa dibilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Area parkir yang cukup luas
  • Musholla
  • Gedung pertemuan
  • Penginapan
  • Penjual makanan dan minuman
  • Kamar kecil
  • Gazebo
  • Gardu pandang
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan adanya fasiliats ini diharapkan dapat menarik perhatian para wisatawan dan bisa dimaksimalkan oleh pengunjung.

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Mengenai lokasi dari Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan ini berada di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang tepatnya beralamat di Jl. Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps).

Sedangkan mengenai Jam Buka Kebun Buah Mangunan mulai pukul 05.00 - 18.00 WIB pada setiap harinya. Saran saya untuk berkunjung pada saat pagi hari maupun sore hari, karena sinar matahari tidak terlalu menyengat tubuh kita.

Rute Kebun Buah Mangunan

Mengenai rute dari Pusat Kota Jogja memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara. Anda bisa arahkan kendaraanya menuju ke terminal Giwangan setelah itu ke arah selatan menuju jalan Imogiri Timur hingga Anda sampai di sebuah pertigaan.

Di pertigaan tersebut, Anda tinggal ambil ke kiri sampai bertemu pertigaan lagi. Kemudian di pertigaan kedua tersebut, Anda ikuti petunjuk yang ada berupa papan petunjuk jalan menuju ke objek wisata Kebun Buah Mangunan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Setelah mengetahui tentang objek wisata Kebun Buah Mangunan lengkap dengan berbagai aktivitas yang bisa pengunjung lakukan, selanjutnya Anda pasti ingin mengetahui harga tiket masuk dari tempat wisata tersebut.

Untuk bisa menikmati liburan di kawan wisata ini bisa dibilang cukup murah. Untuk memasukinya, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja per orang. Namun apabila Anda datang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Objek wisata Kebun Buah Mangunan tidak hanya memberikan Anda kebahagiaan, kenyamanan serta kepuasan berlibur. Lebih dari itu, dengan mengunjunginya Anda juga akan mendapatkan banyak sekali ilmu serta pengetahuan baru yang mungkin tidak akan pernah Anda temukan di tempat wisata lainnya.

Galeri Foto Kebun Buah Mangunan

Rute Kebun Buah Mangunan
Rute Kebun Buah Mangunan

Sunrise Kebun Buah Mangunan
Sunrise Kebun Buah Mangunan

Pintu Gerbang Kebun Buah Mangunan
Pintu Gerbang Kebun Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
Taman Buah Mangunan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Camping di Kebun Buah Mangunan
Camping di Kebun Buah Mangunan

Akar Langit Kebun Buah Mangunan
Akar Langit Kebun Buah Mangunan

Itulah ulasan mengenai Berburu Sunrise di Kebun Buah Mangunan - Destinasi Wisata Hits Jogja. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel