7 Makanan Khas Daerah Jakarta yang Paling Populer Sampai Saat Ini

7 Makanan Khas Daerah Jakarta yang Paling Populer Sampai Saat Ini - Tentu di setiap kota yang ada di Indonesia ini pasti memiliki makanan khas daerah sendiri - sendiri, termasuk juga dengan Kota Jakarta ini. Di tengah guncangan berbagai kuliner kekinian, jakarta tentu juga bisa mempertahankan berbagai menu makanan kuliner khasnya.

Daeri berbagai menu makanan khas ibuk kota ini, lima diantaranya menjadi yang paling favorit untuk dicoba. Nah berikut ini merupakan 7 Makanan khas daerah jakarta yang paling populer.

1. Nasi Uduk

Nasi Uduk Jakarta
Nasi Uduk Jakarta

Semua warga jakarta sebagian besar pasti kenal dengan makanan khas dari jakarta tersebut yang bernama Nasi Uduk meski orang betawi sekalipun. Memang nasi uduk sendiri sudah sangat familiar sebagai menu sarapan kebanyakan orang di jakarta. Nasi uduk sendiri sekilas nampak seperti nasi liwet, hanya saja selama proses pemasakan nasi ini ditambahi dengan beberapa bumbu-bumbu 

Bumbu bumbu ini diantaranya ada daun serai, gaaram, santan, daun salam, daun jeruk dan lain sebagainya. Di dalam hidangannya biasanya Nasi uduk dimakan dengan semur jengkol, telur dadar, empal, ayam goreng, kentang balado dan masih ada lagi lainnya.

2. Kerak Telor

Kerak Telor Jakarta
Kerak Telor Jakarta

Siapa sih yang tidak tau dengan makanan yang satu ini? ya, kerak telur merupakan makanan khas dari Betawi yang sudah sangat terkenal terutama pada saat perayaan Pekan Raya di Jakarta. Memang dilihat secara sekilas kerak telor ini mirip sekali dengan martabak. Perbedaannya sendiri hanya terletak pada isi dan campurannya saja. Isi dari makanan kerak telor ini berupa ubi dan ketan dengan cara memasaknya yang dipanaskan di atas tumpu.

3. Nasi Ulam

Nasi Ulam Jakarta
Nasi Ulam Jakarta

Nasi ulam sendiri juga merupakan makanan khas betawi yang dulunya merupakan pengaruh dari budaya kuliner cina. Nasi ulam sendiri biasanya menggunakan nasi pera atau nasi yang agak kasar yang disiram dengan semur kentang, semur telur dan juga semur tahu. Biasanya nasi ulam ini ditambah dengan bihun goreng, cumi asin goreng, telur dadar iris dan lain sebagainya sebagai pelengkap.

4. Lontong Sayur

Lontong Sayur Jakarta
Lontong Sayur Khas Jakarta

Lontong atau Ketupat Sayur merupakan makanan khas jakarta yang sudah lama ada. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan yang terbuat dari irisan ketupat atau lontong ditambah dengan kuah santan yang memiliki rasa gurih. Di atasnya ditaburi dengan bawang goreng, kerupuk, kacang kedelai dan lain sebagainya.

5. Ketoprak

Ketoprak Jakarta
Ketoprak Jakarta

Ketoprak ini merupakan makanan yang sangat lezat yang terbuat dari bihun, toge dan tahu serta bahan utamanya adalah ketupat atau lontong. Ketoprak juga identik dengan krupuk diatasnya, Ketoprak sendiri bagi warga betawi merupakan makanan berat yang agak ringan.

6. Gado Gado

Gado Gado Jakarta
Gado Gado Jakarta

Memang gado gado sendiri merupakan makanan yang paling populer di indonesia tidak hanya di jakarta saja. Biasanya orang asing menyebut gado-gado ini dengan sebutan 'seladanya orang indonesia'. Gado gado ini biasanya berisi lontong atau ketupat, kerupuk, sayur dan ditambah lagi bahan yang lainnya.

Gado gado ini bisa anda coba ketika saat sarapan makan siang maupun juga makan malam yang paling banyak diminati oleh para pecinta kuliner di jakarta.

7. Semur Jengkol

Semur Jengkol Jakarta
Semur Jengkol Jakarta

Semur jengkol sendiri memang merupakan makanan khas betawi yang memang sudah tidak bisa untuk dibantah, karena memang makanan ini merupakan makanan asli khas betawi. Orang betawi sendiri mampu membuat menu makanan jengkol semur yang lezat. Untuk menghilangkan baunya, jengkol ini direndam dengan air kapur atau air dari rebusan batang padi.

Itulah ulasan mengenai 7 Makanan Khas Daerah Jakarta yang Paling Populer Sampai Saat Ini. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi Wisata Oke untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel