16 Daftar Tempat Wisata Bantul Terbaru dan Belum Banyak Diketahui 2023

16 Daftar Tempat Wisata Bantul Terbaru dan Belum Banyak Diketahui - Bantul merupakan Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki berbagai berbagai tempat wisata indah. Memang bantul sendiri terkenal akan wisata alamnya yang sangat eksotis. Nah berikut ini Admin rangkum mengenai beberapa tempat wisata di Bantul yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan dan masih tergolong tempat wisata baru di Bantul.

1. Wisata Teknologi 360 Dome Theatre 

Wisata Teknologi 360 Dome Theatre
Wisata Teknologi 360 Dome Theatre

360 Dome Theatre adalah tempat wisata yang bertemakan edukasi dan memanfaatkan teknologi modern atau teknologi terkini. 360 Dome Theater ini akan memutarkan atau menayangkan film yang mengenai planet atau amazing planet seperti isi dari bumi, bagaimana terjadinya bumi ini, serta pengetahuan dalam laut dan bahkan pengetahuan penting lainnya yang dirancang menarik sehingga tempat ini memiliki daya tarik tersendiri untuk rekreasi bagi keluarga. 

Selain kalian terhibur oleh tempat wisata ini kalian juga akan mendapatkan sedikit ilmu atau informasi mengenai planet ini. Bentuk bangunan dari tempat wisata 360 Dome Theatre Jogja ini sangatlah unik karena bangunannya yang berbentuk setengah lingkaran yang mempunyai diameter kurang lebih 30 meter dan mempunyai tinggi sekitar 15 meter. 

Tempat ini mampu memproyeksikan gambar 360 derajat dan mempunyai kualitas gambar yang super tajam dan baik. Di dalam tempat ini kalian bisa menonton film dengan gambar 360 drajat dengan berbaring di rumput sintetis serta full AC. 360 Dome Theatre Jogja ini idealnya menampung wisatawan sebanyak 400 orang setiap kali pemutaran film namu kapasitas dari tempat ini bisa mencapai 1.000 orang.


2. Bendung Kamijoro

Bendung Kamijoro
Bendung Kamijoro

Meskipun Bendung Kamijoro ini fungsi utamanya adalah sebagai saluran irigasi tapi tempat ini di bangun dengan sedemikian rupa sehingga masyarakat pun tertarik untuk melihat atau menggunjungi bendung kamijoro ini. Bendung Kamijoro ini lagi viral-viralnya loh. Buat kalian yang belum pernah ke tempat ini buruan cepet-cepet kesini ya.

Bendung Kamijoro ini terdapat sebuah jembatan kecil yang menghubungkan antara Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Kulon Progo dan juga terdapat sebuah taman yang sangat cantik. Bendung Kamijoro ini merupakan program dari pemerintah unuk irigasi, bendung ini mengairi sawah kurang lebih seluas 2.370 hektar sawah di Kabupaten Bantul loh.

Karena pembangunan di tempat ini sangat menarik masyarakat, yang membuat masyarakat berantusias untuk mendatangi tempat ini membuat Bendung Kamijoro tidak di pandang sebagai tempat irigasi saja. Namun juga sebagai tempat wisata murah yang berada di Yogyakarta dengan berbagai fasilitas yang sudah mulai disediakan oleh pengelola tempat tersebut.


3 . Bukit Penguk Kediwung

Bukit Penguk Kediwung
Bukit Penguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung adalah sebuah tempat wisata alam yang masih asri dan sejuk di wilayah bantul yogyakarta loh teman-teman. Di wilayah bantul yogyakarta memiliki wisata alam bukit yang cukup banyak, di antaranya yaitu bukit Panguk Kediwung ini. Di sini di sediakan pemandangan yang memanjakan mata ketika pagi hari maupun sore hari bahkan pada waktu malam haripun pemandangannya juga tetap indah.

Banyak gardu pandang di sini yang menjulang di atas lembah dan tentunya sudah di buat degan keamanan yang tidak usah di ragukan lagi loh teman-teman untuk di jadikan sebagai spot foto yang indah dan menarik. Bukit Panguk Kediwung ini biasanya di kunjungi oleh wisatawan di pagi hari karena kabut masih menyelimuti area bukit panguk kediwung ini. Yang membuat pemandangan semakin indah seperti kita berada di atas awan loh teman-teman.

Sejuknya udara di pagi hari dan hangatnya sinatr matahari yang muncul di pagi hari membuat alasan utama para wisatawan mengunjungi tempat wisata bukit panguk kediwung ini loh teman-teman. Wisatawan di bukti panguk kediwung ini tidak cuma wisatawan lokal saja tapi juga ada wisatawan yang dari mancanegara loh.


4. Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu
Bukit Lintang Sewu

Keindahan di bukit lintang sewu ini yang pertama di janjikan yaitu pemandangan melihat kota yogyakarta dari ketinggian atau dari atas bukit lintang sewu. Kerlap kerlip lampu kota jogja sudah seperti bintang yang berada di awan. Suasananya yang sejuk di bawah pepohonan membuat hati menjadi lebih nyaman dan senang. 

Lintang sewu yang artinya beribu bintang sangat pantas untuk julukannya karena itu semua terbukti di tempat wisata yang satu ini. Tak cuma keindahan lampu kota jogja saja, disini wisatawan juga di suguhkan oleh pemandangan sunset saat jelang malam tiba. 

Disini wisatawan di sediakan spot untuk foto di antaranya ada gardu pandang yang di buat oleh pengelola tempat wisata tersebut. Selain sunset disini juga bisa melihat pemandangan sunrise atau matahari mulai terbit yang membuat pemandangan semakin indah. 


5. Pinus Pengger

Pinus Pengger
Pinus Pengger

Bukit pinus pengger, siapa sih yang tidak asing laigi dengan nama tempat wisata tersebut. Tempat wisata bukit pinus pengger ini pemandangan alamnya sangat luar biasa.Selain siang hari wisatawan datang pada malam hari dengan di suguhi pemandangan gemerlap lampu yang luar biasa mempesona.

Tempat wisata alam bukit pinus pengger ini bisa menjadi alternatif lain buat kalian yang ingin menikmati keindahan yang masih asri di wilayah yogyakarta. DI bukit pinus pengger ini juga di sediakan tempat untuk camping juga loh. Keren kan tempat wisatanya. Tidak usah kuatir lagi kalau di atas bukit itu tidak ada warung makan atau toilet, di sana sudah di sediakan banyak warung makan serta toilet.

Wisata ke bukit pinus pengger ini lebih asik jika bersama sama dan di lakukan di malam hari loh teman-teman karena kita bisa foto bersama sama dengan panorama atau pemandangan yang sangat cantik yaitu cahaya lampu kota yang bersinar cerah. Tak usah kuatir buat temen-temen yang mungkin kameranya di malam hari kurang bagus, di sana sudah di sediakan tukang foto yang siap melayani kalian untuk berfoto di malam hari maupun di siang hari loh, walapun bayar tapi tarifnya masih wajar kok.


6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di wilayah yogyakarta. Selain karena keindahannya pantai ini juga terkenal karena mitos atau legenda zaman dahulu pada masa zaman kerajaan majapahit. Ada orang perlarian dari kerajaan majapahit yang bernama Dipokusumo  melakukan semediatau bertapa di pantai tersebut.

Di sebut dengan nama Pantai Parangtritis karena dulunya seseorang yang bertapa di situ yang bernama Dipokusumo melihat air yang menetes dari celah-celah batu karang. Yang kemudian seseorang yang semedi atau bertapa tersebut memberi nama dengan sebutan Pantai Parangtritis yang artinya Air yang menetes dari bebatuan. 


7. Watu Goyang

Watu Goyang
Watu Goyang

Tempat wisata Watu Goyang ini dinamai demikian bukan tanpa alasan loh ya. Karena di tempat wisata ini terdapat sebuah peninggalan Watu Goyang yang yang usianya sudah mencapai ratusan tahun lamanya. Watu Goyang atau istilahnya yaitu Batu Bergoyang, memang bantu ini jika di dorong bisa bergoyang. Meskipun demikian, batu ini masih aman jika di dorong bagi wisatawan. 

Tempat wisata ini memiliki banyak sejarah yang berkaitan dengan kota yogyakarta dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Jika kalian penasaran mengenai sejarah di tempat wisata ini kalian datang langsung ke tempat ini dan menanyakan ke Guid yang berada di atas bukit tempat wisata Watu Goyang ini. 

Namun tentunya para wisatawan yang mengunjungi tempat ini haru hati-hati dan jaga kesopanan serta mematuhi peraturan atau perintah yang ada di tempat wisata ini. Mengingat tempat wisata Watu Goyang Dlingo Bantul Yogyakarta ini yang dulunya merupakan sebuah tempat ritual atau tempat sakral bagi Masyarakat Jogja.

Tempat wisata Watu Goyang ini bukan tanpa sebab jika menjadi salah satu tempat wisata favorit di jogja karena menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan menyuguhkan berbagai spot foto yang sangat instagramble serta Harga Tiket Masuk yang bisa di bilang murah dan terjangkau. Tempat ini juga terdapat berbagai fasilitas untuk mendukung kemajuan tempat wisata serta kenyamanan wisatawan yang datang di Watu Goyang tersebut.


8. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo
Pintu Langit Dahromo

Wisata alam Pintu Langit Dahromo Dlingo Bantul ini berada di deretan bebukitan yang terbentang di tenggara dari kabupaten bantul yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pintu Langit Dahromo Dlingo yang belum lama diresmikan ini bahkan turut meramaikan wisata di daerah Mangunan dengan beberapa spot foto yang unik dan instagramable banget dan tentuya sangat menarik. 

Jika kalian datang ketempat ini, kalian bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit ini dan bisa melihat sunset yang sangat cantk sekali. Pada saat momet sunset dijadikan latar belakang untuk berfoto selfie tentunya akan memiliki sensasi tersendiri ya.

Pemandangan alamnya kurang lebih sama dengan kawasan perbukitan lainnya yang berada di mangunan ini, tetapi tempat ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat sebuah spot foto seperti pintu menuju ke langit. Melihat pintu tersebut, seakan – akan kalian akan diajak memasuki pintu yang akan tembus sampai langit. Spot inilah yang menjadikan tempat ini hits.


9. Puncak Sosok Bawuran

Puncak Sosok Bawuran
Puncak Sosok Bawuran

Saat berada di Puncak Sosok Bawuran ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, yaitu pemandangan kota jogja dari atas serta keindahan sunsetnya. Tak hanya itu saja ya, seperti halnya tempat wisata puncak yang lainnya, di lokasi ini kalian juga akan merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Kondisi alam yang seperti ini tentunya akan membuat pikiran kalian menjadi lebih fresh dan siap menjalani rutinitas sehari-hari. Menikmati pemandangan Kota Jogja dari Puncak Sosok Bawuran ini sangat indah sekali di pandang mata, karena terdapat rumah-rumah penduduk di bagian timur yang terlihat berkelap-kelip seperti bintang.

Benar-benar sangat indah dan romantis, terlebih jika kalian menikmati bersama orang tersayang. Hal seru lainnya yang bisa kalian lakukan di Puncak Sosok Bauran Bantul ini adalah bersepeda. Bagi kalian yang suka bersepeda, tempat ini menyediakan area trek downhill yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola tempat wisata ini.

Karena tempat ini berada di ketinggian, begitu kalian berhasil sampai di atas menggunakan sepeda, yang dirasakan pasti hanya kepuasan, karena tidak usah dipungkiri lagi jika tempat ini memang pemandangannya sangat luar biasa indahnya. Sesampainya di sini, jangan lupa untuk mengabaadikan pemandangan alam yang sunguh indah dengan berfoto selfie.



10. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata yang satu ini memang sekarang lagi buming - bumingnya dikalangan para traveler. Dahulu memang Gumuk Pasir Parangkusumo ini terkesan sepi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena belum banyak terekpose oleh media. Dengan berjalannya waktu tempat wisata ini mulai ramai dikunjungi wisatawan karena kecantikannya dari bentuk tempat ini. 

Tempat wisata Gumuk Pasir ini terhampar kurang lebih sekitar 2 kilometer dari sepanjang Sungai Opak, Pantai Parangtritis, hingga ke Pantai Depok. Tentunya tempat wisata yang satu ini memang sangat luas sekali. Gumuk pasir ini hanya ada 3 di Asia Tenggara, yaitu Gumuk Pasir Mui Ne Sand Dunes yang berada di Vietnam, La Paz Sand Dunes yang berada di Filipina serta Gumuk Pasir Parangkusumo ini yang berada di Indonesia. 

Gumuk Pasir Parangkusumo ini termasuk gumuk pasir pesisir atau Costal Dunes. Tentunya wisatawan yang datang ketempat ini bangga karena hanya ada 3 di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini memiliki type pasir berchan.


11. Puncak Becici

Puncak Becici
Puncak Becici

Salah satu wisata alam yang bisa wisatawan kunjungi yang berada di Kabupaten Bantul Yogyakarta adalah Puncak Becici yang berada di Dlingo Bantul. Wisata alam Puncak Becici ini memiliki hutan pinus kurang lebih seluas 4,4 hektar dengan kondisi alamnya yang masih alami dan udara yang masih sejuk belum tercemar oleh polusi.

Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di tempat wisata puncak becici ini dari gardu pandang yang sudah tersedia. Sembari menikmati keindahan alamnya wisatawan tentunya akan merasakan ketenangan di tengah-tengah hutan pinus. Puncak Becici ini tak kalah indah dari tempat wisata Kali Biru yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Wisatawan dapat melihat pepohonan hijau yang tumbuh dari atas ketinggian serta indahnya latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Banyak sekali kegiatan yang bisa wisatawan lakukan ditempat ini, yang pertama yaitu pengunjung dapat menikmati indahnya sunset dari puncak bukit becici ini. Pemandangan indah yang berlangsung sabgat singkat ini tentunya sayang untuk dilewatkan ketika berada di tempat ini. Tak hanya itu saja, di Puncak Becici ini juga sudah disediakan area Camping Ground yang cukup luas bagi para wisatawan yang ingin bermalam di tempat ini.

12. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan
Jurang Tembelan

Jurang Tembelan merupakan sebuah tempat wisata baru di Yogyakarta yang menyajikan pemandangan alam yang sangat indah diantaranya yaitu sunrise atau matahari terbit. Tidak cuma itu saja, wisatawan juga bisa melihat sungai oyo dari ketinggian yang tampak membelah daratan. Udara yang sejuk serta rindangnya pepohonan pinus yang hijau membuat pikiran kita tenang. Tempat ini sangat cocok untuk mencari udara segar melepas kepenatan aktivitas sehari-hari karena tempat ini masih sangat alami sekali. 

Pemandangan dari atas Jurang Tembelan ini sangat mirip sekali dengan pemandangan yang disajikan di Puncak Mangunan karena lokasinya hanya berdekatan tidak jauh. Keindahan Jurang tembelan ini terletak pada Gardu Pandangnya. Dari Gardu Pandang tersebut, Wisatawan dapat berfoto selfie dengan latar belakang hijaunya pepohonan yang di belah oleh sungai oyo, Jika di pagi hari akan terasa lebih indah lagi karena di slimuti dengan awan putih berasa diatas awan. 

Tempat wisata ini sudah tersedia berbagai spot selfi yang unik serta menarik. Spot foto yang menjadi favorit wisatawan yaitu spot foto yang berbentuk perahu raksasa. Spot Foto Perahu Raksasa tersebutlah yang mengangkat nama Jurang Tembelan sehingga menjadi terkenal seperti sekarang ini.


13. Wisata Gunung Mungker

Wisata Gunung Mungker
Wisata Gunung Mungker

Gunung Mungker ini merupakan spot wisata baru yan berada di Kabupaten Bantul Yogyakarta yang sekarang ini lagi hits. Destinasi wisata yang terletak di kawasan dlingo ini memang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan berupa view perbukitan hijau serta pemandangan kota jogja yang bisa dilihat dari atas ketinggian. Wisata Gunung Mungker ini pertama kali di buka pada bulan januari 2017 namun terus dikembangkan hingga saat ini.

Pada tahun 2019 ini Taman Wisata Gunung Mungker mulai hits karena banyak beredar di media sosial foto - foto instagramble yang berasal dari spot Gunung Mungker. Pesona dari tempat wisata Gunung Mungker ini memang tidak kalah cantik dibandingkan dengan tempat wisata perbukitan lainnya yang sudah lebih dulu populer.

Terbukti sekarang ini jumlah wisatawan yang mengunjungi Gunung Mungker ini bertambah banyak. Wisatawan bisa menikmati keindahan Sunset dan Sunrise yang begitu eksotis di tempat ini bila cuacanya bersahabat. Seperti daaerah perbukitan lainnya, Gunung Mungker ini suasananya begitu asri dengan udara sejuk khas perbukitan membuat siapa saja yang datang ke tempat ini pasti ingin berlama - lama.

Baca Selengkapnya: Taman Wisata Gunung Mungker

14. Taman Puspa Gading

Taman Puspa Gading
Taman Puspa Gading

Taman Puspa Gading ini memiliki letak yang strategis dan jalan yang mudah untuk dilalui menjadikan obyek wisata yang satu ini cepat di kenal dan di datangi oleh para wisatawan baik dari wilayagh kabupaten bantul,sleman,jogja maupun dari luar yogyakarta. Memang akhir-akhir ini banyak sekali tersebar foto destinasi wisata baru taman puspa ini di media sosial khususnya Instagram.

Suasana kampung Tegaldowo yang sejuk karena berada di pedesaan dan udara yang masih segar inilah yang membuat para wisatawan ingin berlama -lama menikmati keindahan serta suasana untuk melepas kepenetan setelah dmelakukan aktivitas sehari-hari. Meskipun terbilang tempat wisata baru yang satu ini tidak kalah menariknya dengan wisata lainnya yang berada di Kabupaten Bantul.


15. Citra Grand Mutiara Waterpark

Citra Grand Mutiara Waterpark
Citra Grand Mutiara Waterpark

Tempat wisata air ini berada di dalam komplek Perumahan CitraGrand Mutiara Yogyakarta, tepatnya di Jalan Wates KM 9, Balecatur, Kabupaten Sleman, Waterpark ini memang menjadi salah satu objek wisata air favorit bagi keluarga. Dengan mengusung tema Treasure Adventure, CitraGrand Mutiara Waterpark Jogja menghadirkan berbagai wahana permainan air seru yang akan membawa pengunjung seolah berpetualang bersama bajak laut.

Berdiri di atas lahan kurang lebih seluas 10 hektar, CitraGrand Mutiara Waterpark ini resmi didirikan pada tanggal 15 Juli 2015 lalu. Tema bajak laut waterpark ini tampak jelas dari keberadaan sebuah kapal besar ditengah area waterpark. Sosok bajak laut di ujung kapal yang nampak gagah mengawasi keadaan sekitar. Di sisi lain, ada juga Burung Kakatua Biru atau Blue Parrot berparas ramah yang seolah menjadi penjaga harta karun di kapal tersebut.

Dengan memiliki teknologi modern khusus, tempat ini mampu menjaga kadar airnya agar tetap jernih dan juga bersih serta tidak menimbulkan alergi atau rasa gatal bagi orang dewasa hingga anak-anak yang bermain di area permainan air ini. Maka tak heran jika Citra Grand Mutiara Waterpark menjadi salah satu tujuan utama berwisata ketika hari libur tiba di Kota Jogja.


16.  Pinus Asri

Pinus Asri
Pinus Asri

Pinus Asri ini memang tergolong tempat wisata baru yang sampai sekarang masih terus mengalami perubahan fasilitasnya yang semakin bagus. Tak heran jika para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini semakin hari semakin bertambah. Walaupun lokasinya yang berada di atas bukit pegunungan di daerah Mangunan, banyak wisatawan yang berkunjung menggunakan kendaraan besar seperti Bus Pariwisata.

Memang jalan untuk menuju ke tempat wisata ini sudah sangat bagus dan halus untuk dilalui kendaraan apapun. Tempat Wisata Hutan Pinus Asri Dlingo ini memang berbeda dengan tempat wiasta lainnya, di tempat wisata ini memang tersedia beberapa gardu pandang yang sangat menarik untuk digunakan sebagai spot foto Instagramble.

Gardu Pandang Pinus Asri ini memang menjadi spot favorit bagi para pengunjung dan tentunya tidak pernah sepi, dari gardu pandang ini pengunjung selain dapat berfoto juga dapat melihat pemandangan alam yang begitu indah sehingga dapat membuat pengujung betah berlama-lama berada di tempat ini. Memang tempat wisata ini sangat terkenal dengan spot-spot fotonya, akhir-akhir ini pinus sari telah membuat soot foto baru yang berbentuk papan besar dari kayu dengan bertuliskan Pinus Sari.

Spot tersebut bisa dijadikan pilihan untuk berfoto jika anda berkunjung ke hutan pinus ini. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Hutan Pinus Asri Jogja adalah pada saat pagi hari maupun sore hari, Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan berupa sunrise dan sunset yang terlihat jelas.


Itulah ulasan mengenai 16 Daftar Tempat Wisata Bantul Terbaru dan Belum Banyak Diketahui. Semoga artikel wisataoke ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel