Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Gunung Kidul November 2019

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Gunung Kidul - Gunung Kidul memang merupakan daerah yang terkenal dengan tempat wisata pantai pasir putihnya. Selain Bali, Gunung Kidul juga menjadi incara para wisatawan untuk berlibur menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya. Pasalnya daerah ini memiliki deretan pantai yang sangat indah. Mulai dari pantai yang sudah terkenal seperti Pantai indrayanti, Pantai Drini, maupun Pantai Baron. Baru-baru ini mulai banyak pantai yang dibuka untuk wisata. Salah satunya adalah Pantai Ngrenehan yang belum terkenal tetapi mempunyai potensi keindahan alam yang tentu sangat luar biasa.
Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan

Nama Pantai Ngrenehan Gunung Kidul adalah pemberian dari Raden Fatah yang pada saat itu memiliki pangkat sebagai Raja dari Demak. Pada jaman dulu Raden Fatah datang ke pantai ini untuk mencari orang tuanya yang melarikan diri karena menolak menjadi seorang muslim. Perjuangan putra raja tersebut untuk mencari kedua orang tuanya bisa dikatakan nihil karena mereka tidak ditemukan. Dari peristiwa tersebut muncul istilah ajakan yanng berasal dari kata “reneh” yang memiliki arti “sini” kemudian masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan Ngrenehan untuk mengabadikan kedatangan Raja Demak.

Pantai Ngrenehan yang berada di desa Kanigoro ini ada di sebuah lekukan perbukitan di Gunung Kidul. Seakan-akan pantai berada tersembunyi di balik rerimbunnya pepohonan yang tumbuh subur di daerah perbukitan. Masyarakat setempat sebagian menyebut pantai ini sebagai pantai Nelayan. Aktivitas kesibukan para nelayan yang mempersiapkan jala, perahu, serta peralatan lainnya menjadi pemandangan unik tersendiri. Terkadang pengunjung bisa membeli ikan langsung dari tangkapan nelayan yang menepi ke pantai.

Pada saat wisatawan sudah sampai di Pantai Ngrenehan Jogja, para wisatawan dapat menikmati seperti suasana klasik yang terdapat di pantai ini. Mempunyai keindahan alam yang luar biasa yang hampir sama dengan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul yaitu pantai dengan pasir putih dilengkapi juga dengan tebing-tinggi di tiap sisinya, warna pepohonan serta laut yang biru tentu tidak kalah bertautan dan juga terdapat perahu nelayan dengan warna yang beragam berjejer di tepi pantai dengan rapi.

Memang Pantai Ngrenehan merupakan pantai yang lumayan agak curam sehingga ombaknya juga tidak terlalu besar. Hal yang menarik di objek wisata ini adalah para wisatawan dapat melihat jelas indahnya kumpulan batu karang yang berada di pantai dengan bentuk yang menyerupai teluk. Disini wisatawan juga akan menemukan begitu banyak cangkang kecil yang berserakan di tepi pantai, jika dilihat dari kejauhan bentuk nya menyerupai koral laut.

Selain cocok dijadikan sebagai tempat untuk berenang dan berjemur, pantai ini dapat dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable. Yang tidak kalah menariknya, disini wisatawan juga dapat melihat langsung seperti apa kampung nelayan di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Jogja ini, dimulai dari aktivitas nelayan yang akan pergi melaut, memperbaiki jaring untuk menangkap ikan, sampai menjual hasil tangkapan ikannya di pantai ini. Mengenai harga tiket masuk pantai ngrenehan bisa dibilang cukup murah dan terjangkau serta fasilitasnya cukup lengkap.

Fasilitas Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Fasilitas utama dari pantai ngrenehan memang adalah keindahan pantainya. Pantai dengan pasir putih ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi sehingga wisatawan dapat bermain air atau berenang di tepi pantai, meskipun ombaknya tidak terlalu tinggi wisatawan juga tetap waspada dan tetap mematuhi aturan yang ada.

Dengan keindahan alam yang dimilikinya menjadikan pantai ngrenehan ini sebagai spot untuk berswafoto, di tempat ini juga tersedia berbagai spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Meskipun belum banyak namun sudah ada untuk berswafoto para pengunjung datang.

Di Pantai Ngrenehan Jogja, Wisatawan juga bisa menikmati kuliner laut. Salah satu menu yang wajib Anda coba dan menjadi menu favoeit di pantai ini adalah ikan goreng bumbu sambal hijau. Rasa bumbunya yang lezat dan gurihnya ikan segar akan menggoyangkan lidah. Selain menu tersebut, ada berbagai macam menu andalan lain yang disediakan seperti kepiting serta nasi goreng telor. 

Di Pantai Ngrenehan, makanan seafood menjadi sebuah idola, apalagi dengan harganya yang tidak terlalu mahal meskipun di tempat wisata. Bisa Anda bayangkan, makan di tepi pantai di temani oleh ombak yang cantik, dengan warung menghadap ke laut dan melihat sunset sembari menunggu menu siap disajikan.

Jika ingin Anda ingin membeli oleh-oleh seperti ikan laut segar untuk dibawa pulang, Anda bisa membeli oleh-oleh ini di TPI kecil atau Tempat Pelelangan Ikan di pantai ini yang memang sudah tersedia TPI. Bila ingin segera menyantapnya, Anda bisa langsung mengolahnya di sini, tidak perlu cemas dengan harga yang ditawarkan di TPI karena harganya bisa dipastikan murah meriah dan terjangkau.

Selain itu ada pula fasilitas umum lain mulai dari tempat parkir yang luas, kamar mandi untuk membilas badan setelah lelah bermainombak, ada pula toilet, musholla hingga gazebo. Dengan adanya fasilitas tersebut tentu akan menjadi sarana penunjang bagi Pantai Ngrenehan.

Lokasi Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Mengenai lokasi dari Pantai Ngrenehan Jogja berada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengenai alamat lengakpnya berada di Wonosari, Kanigoro, Sapto Sari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini(GoogleMaps).

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta untuk bisa sampai ke Ngrenehan Beach memang cukup jauh yaitu kurang ebih sekitar 53,7 Kilometer dan memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Koya Jogja menuju Pantai Ngrenehan Gunung Kidul kurang lebih sekitar 1 jam 34 menit. Mengenai Jam Buka Pantai Ngrenehan buka selama 24 jam pada setiap harinya.

Rute Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Jika Anda bertempat tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya sudah mengenal rute-rute di kota gudeng tersebut. Namun, bagi Anda para wisatawan atau traveler dari luar kota, anda perlu mengetahui informasi mengenai rute dan akses menuju ke pantai Ngrenehan yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini. Dulu rute untuk menuju ke pantai di Gunungkidul sedikit terkendala dengan akses yang masih susah dan belum selancar sekarang. Namun sekarang Anda bisa menuju ke pantai Ngrenehan dengan nyaman dan lancar karena jlan yang dilalui sudah dibangun dan diperbaiki.

Selain akses yang mudah serta rute yang tersedia untuk menuju ke pantai Nelayan ini sangat mudah untuk dijangkau. Dimulai dari pusat kota Jogja, arahkan kendaraan Anda menuju ke daerah Piyungan, Kabupaten Bantul. Setelah sampai di Piyungan, mulailah perjalanan lagi melaju ke daerah Pathuk lalu lanjut ke Sambipitu. Tidak jauh dari sana, lanjutkan perjalanan hingga menemukan Lapangan Terbang yang bertuliskan Gading, kemudian melaju terus hingga menemukan simpang tiga. Ambil arah yang menuju ke Playen Gunung Kidul. Selanjutnya dari Playen ini anda menuju ke daerah Paliyan lalu pasar Trowono.

Setibanya di Trowono, Anda bisa langsung menuju ke desa Kanigoro. Selanjutnya akan segera tiba di tempat penarikan retribusi atau tempat pembelian tiket masuk pantai di semua deretan pantai yang berada di Gunung Kidul. Lakukan pembayaran untuk memasuki kawasan pantai tersebut, jadi satu tiket bisa digunakan untuk mengunjungi banyak pantai yang berada di Gunung Kidul ini.

Setelah Anda membayar retribusi, lanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Nelayan atau Ngrenehan. Perjalanan ini bisa anda lakukan dengan menaiki kendaraan roda dua meupun kendaraan lainnya seperti mobil. Sempatkan juga untuk mengunjungi pantai lain di sisa waktu liburan anda agar memiliki kesan yang lebih banyak dan seru.


Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai yang menurut sebuah sejarah dan cerita masyarakat setempat merupakan pemberian dari seorang Raja Demak bernama Raden Fatah ini, memiliki banyak keunggulan dan obyek wisata yang berbeda. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang tersedia di Pantai Ngrenehan, wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Segala keindahannya tersebut bisa dinikmati dengan hanya membayar tiket masuk yang bisa dibilang cukup murah dan terjangkau.

Harga tiket masuk atau HTM Pantai Ngrenehan adalah Rp 5.000 per orang. Untuk tarif parkir kendaraan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 - 20.000 tergantung jenis kendaraannya.

Galeri Foto Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

Pantai Ngrenehan Jogja
Pantai Ngrenehan Jogja

Ngrenehan Beach
Ngrenehan Beach

Tiket Masuk Pantai Ngrenehan
Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan
Lokasi Pantai Ngrenehan

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Pantai Ngrenehan Gunung Kiduk yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel