13 Tempat Wisata Semarang Murah dan Rekomended Untuk Dikunjungi Terbaru

13 Tempat Wisata Semarang Murah dan Rekomended Untuk Dikunjungi - Kota Semarang, kota yang memiliki sejarah yang sangat panjang. Kota yang memiliki berbagai macam tempat wisata. Lawang Sewu, sebuah tempat wisata yang sangat terkenal hingga ke belahan dunia. Kini semaranag memiliki banyak sekali tempat wisata baru yang lagi hits di semarang ini. Berikut meruapakan 13 Tempat Wisata Semarang yang Murah dan Rekomended Untuk Dikunjungi.

1. Cimory On The Valley

Cimory On The Valley
Cimory On The Valley

Cimory sendiri memang sudah punya nama sebagai penghasil yogurth berkualitas yang diolah dari peternakan mereka sendiri. Pinternya lagi mereka mengembangkan usahanya dengan membuka resto yang menggabungkan dengan tempat makan, area bermain anak dan juga wisata ke peternakan mereka.  Nah Cimory On The Valley Semarang merupakan resto kedua yang dibuka dari total 3 resto yang sudah ada saat ini. 

Dari ketiga resto Cimory yang sudah ada, Cimory On The Valley Semarang inilah yang paling lengkap. Jikadi Cimory Riverside, mini zoo-nya belum jadi sepenuhnya alias belum jadi 100% jadi masih kurang asyik untuk dikunjungi. Nah di Cimory On The Valley ini semua fasilitasnya udah ready dan tentu sudah siap untuk dinikmati para pengunjung salah satunya seperti mini zoo, playground kids dan masih banyak lagi lainnya. Harga tiket masuk Cimory On The Valley juga terbilang cukup murah dan terjangkau.


2. Dusun Semilir Semarang

Dusun Semilir
Dusun Semilir

Dusun Semilir ini hanya sebuah nama tempat wisata saja, namun luasnya bisa di bilang sama dengan desa/dusun biasanya. Di waktu yang mendatang tempat wisata ini bakal menjadi one stop travel destination karena mempunyai tempat makan, resto, food court, glamping area, dll. Tapi yang sudah di bangun di tempat wisata ini baru tempat jajan, food court, dan tempat oleh-oleh yang sekarang ini sudah mulai beroperasi. Ya walapun baru itu tempat ini sudah banyak sekali di kunjungi oleh wisatawan. 

Tempat wisata Dusun Semilir ini memiliki arsitektur atau bentuk bangunan yang istimewa dan tentunya sangat menawan. Ada banyak kabar mengenai tempat wisata ini bahwa nantinya tempat wisata Dusun Semilir akan menjadi icon baru dari Kota Semarang Jawa Tengah. Tempat wisata ini letaknya sangat setrategis karena tidak berada di tempat yang padat lalulintasnya. Kata dari Dusun Semilir bisa di artikan sebagai Dusun Sejuk. Jika kalian ingin berkunjung kesini akan di suguhi pemandangan alam pedesaan namun fasilitas di tempat ini bisa di bilang cukup lengkap loh teman-teman.


3. Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia
Taman Bunga Celosia

Di tempat wisata ini Anda dapat menemukan berbagai bentuk miniatur seperti bangunan rumah belanda, menara, kincir angin dan masih banyak lagi lainnya. Bangunan-bangunan tersebut tentunya merupakan spot untuk berfoto selfie yang tentunya snagat Instagramble. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini kebanyakan utuk mencari spot foto saja.

Baru-baru ini memang Taman Bunga Celosia menambah fasilitas-fasilitas baru diantarantya yaitu taman lampion dan juga spot foto lampu yang berwarna-warni yang tentunya akan menambah indah tempat wisata ini. Foto dari keindahan lampion taman celosia ini sudah tersebar di media sosial terutama Instagram yang membuat tempat ini kembali viral lagi karena foto tersebut.

Tak hanya keindahan dari bunga serta bangunannya saja yang menjadi maghnet perhatian di Taman Bunga Celosia ini namun juga harga tiket masuknya yang bisa dibilang cukup murah dan terjangkau bagi semua kalangan, serta berbagai macam fasilitas sudah tersedia di tempat wisata yang satu ini. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah dari tempat wisata ini.


4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti
Umbul Sidomukti

Umubul Sidomukti Semarang sendiri merupakan destinasi wisata populer di lereng Gunung Ungaran Semarang. Mungkin banyak sekali yang mengira bahwa Umbul Sidomukti ini sama dengan Umbul Ponggok yang berada di Klaten karena sama sama bernama umbul. Sebenarnya memang hampir mirip namun tetap berbeda, perbedaanya yaitu di Umbul Sidomukti fasilitasnya lebih lengkap dan ungul dibandingkan dengan Umbul Ponggok. Bahkan Umbul di Semarang ini tidak hanya menyediakan wisata alam saja, melainkan juga menyediakan berbagai wahana permainan seru yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan.

Sama halnya dengan objek wisata lainnya yang berada di Kota Semarang, Umbul Sidomukti Bandungan pun dibandrol dengan harga yang memang relatif terjangkau dan bisa dibilang ukup murah untuk tempat wisata seperti umbul sidomukti ini. Harga tiket masuk umbul sidomukti ini bisa dikatakan lebih murah jika Anda mengunjunginya bersama rombongan dan tentu anda beli tiket yang rombongan. Memang harga tiket rombongan akan lebih murah dibandingkan dengan tiket perorangan.


5. Wisata Ayana Gedongsongo

Wisata Ayana Gedongsongo
Wisata Ayana Gedongsongo

Ayana Gedongsongo merupakan satu diantara bermacam tempat wisata baru yang berada di Semarang. Tempat wisata ayana gedongsongo akhir-akhir ini banyak dikunjungi para wisatawan karena mempunyai tempat yang unik serta instagramable. Tempat wisata ini mulai dibuka untuk umum sejak tanggal 11 Juni 2018 loh ya. Karena memiliki konsep yang unik serta menarik perhatian, tempat ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki konsep yang unik tersebut. 

Tempat wisata ini juga merupakan tempat wisata kekinian yang sayang sekali untuk dilewatkan. Di lokasi tempat wisata baru Semarang ini memiliki beraneka spot foto keren dan Instagramable. Pengelola tempat wisata tersebut sengaja memadukan berbagai inovasi baru di bidang wisata modern dengan pemandangan dan suasana alam yang indah khas pegunungan. Dengan Harga Tiket Masuk Ayana Gedongsongo Semarang yang bisa dibilang murah serta akses yang mudah diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


6. Sunrise Hill Gedong Songo 

Sunrise Hill Gedong Songo
Sunrise Hill Gedong Songo

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, berbagai spot foto yang Instagramable ada di tempat wisata ini, seperti rumah terbalik, replika bangunan luar negeri, kincir angin, rumah papua, replika presiden, replika gorila, dan masih banyak lagi lainnya. Pengunjung dapat berfoto menggunakan pakaian adat khas dari Jawa dan menggunakan kimono layaknya masyarakat Jepang lengkap dengan latar bunga sakura. Tersedia juga spot foto ala Tiongkok dan juga Korea. 

Nah bagi Anda yang membawa buah hati jangan khawatir, Sunrise Hill Gedong Songo Semarang ini juga menyediakan area bermain untuk anak-anak alias Playground yang tentu aman dan nyaman digunakan untuk bermain sang buah hati. Permainan anak-anak lengkap tersedia di wahana ini, jadi si kecil nggak akan dibuat bosan bila diajak berwisata di tempat wisata Sunrise Hill Gedong Songo Semarang.


7. Eling Bening 

Eling Bening
Eling Bening

Tempat wisata Eling Bening ini menggunakan konsep yang tentunya lebih modern pada letak atau penataan bangunan wisatanya. Eling Bening merupakan tempat wisata alam yang sering di kunjungi oleh wisatawan yang ada di sekitar Semarang dan Jawa Tengah. Tempat wisata ini berbeda dengan yang lainnya karena konsep dari ariteknya tersebut sangat modern sekali di bandingkan dengan tempat wisata alam yang lainnya dengan kebanyakan mengusung konsep tradisional.

Dari tempat ini kalian bisa melihat pemandangan berupa Danau Rawa Pening serta hamparan sawah yang sangat luas. Selain itu wisatawan yang berada di Eling Bening ini juga bisa melihat pemandangan gunung Merbabu, Andong, Telomoyo dan bahkan kebun kopi yang berada di dekat tempat wisata tersebut. Tempat wisata ini bangunannya di tata dengan sedemikian rupa dan minimalis sehingga terkesan sangat apik dan menjadi daya tarik wisatawan tersendiri.


8. Saloka Park 

Saloka Park
Saloka Park

Saloka Park ini merupakan sebuat tempat wisata alternatif yang merupakan tempat wisata ter megah di Jawa Tengah yang kini telah siap untuk di kunjungi loh teman-teman. Nama dari tempat wisata ini yaitu Saloka terinspirasi untuk mengangkat budaya lokal asli indonesia yaitu Legenda Rawa Pening. 

Bangunan ini di dirikan di atas lahan seluas 18 Ha. Saloka Park merupakan tempat destinasi wisata baru yang berada di Jawa Tengah dan menjadi taman wisata di Jawa Tengah tentunya memiliki wahana yang seru. Wahana di Saloka Park ini kurang lebih berjumlah 25 wahana seru.


9. Desa Wisata Kementul

Desa Wisata Kementul
Desa Wisata Kementul

Desa Wisata Kemetul masih kental dengan tatanan moral serta etika Jawa. Hal ini tampak dari aktivitas masyarakatnya sendiri, yang sampai saat ini masih melestarikan budaya adat yang ada di Desa ini. Dalam kehidupan sehari-hari, tiap individu dalam masyarakat masih  bersikap sopan santun, serta baik terhadap yang lebih tua maupun terhadap sesama. Selain itu, masih banyak aturan bersama yang bersifat larangan untuk melakukan perbuatan yang melanggar ungguh-ungguh atau nilai kesopanan atau moral.

Selain kepercayaan yang berkembang dan melekat di masyarakat, desa ini juga memiliki banyak sekali potensi. Potensi yang ada di Desa Wisata Kemetul yang pertama dapat dilihat dari keindahan alam seperti pemandangan dari puncak bukit¸ persawahan, maupun suasana sunrise yang dapat dinikmati dipagi hari. Yang kedua dapat dilihat dari daya tarik wisata budaya dan juga kerajinan seperti merti desa, sadranan, dawuhan, uberkali, dan masih banyak lagi. Dan yang ketiga adanya dukungan terhadap industri di bidang pariwisata, seperti menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, meningkatkan produktivitas industri rumah tangga dan juga kerajinan sehingga secara otomatis akan menciptakan SDM yang berkualitas dibidang pariwisata.


10. Watu Gajah Park

Watu Gajah Park
Watu Gajah Park

Watu Gajah Park sendiri dibuka secara resmi pada bulan juni 2018 untuk umum. Semarang memang terkenal akan wisatanya yang beragam, termasuk Watu Gajah Park yang sudah buka untuk umum mulai tanggal 3 Juni 2018 ini. Walaupun sampai saat ini masih dalam tahap pembangunan, tapi pihak pengelola sudah memperbolehkan kepada para wisatawan untuk dapat mengunjunginya bersama dengan keluarga maupun sahabat.

Watu Gajah Park Semarang merupakan salah satu tempat wisata keluarga baru yang berada di Semarang. Nama dari Watu Gajah Park diambil karena adanya batu besar di lokasi yang menjadi asal nama dari Dusun Watu Gajah. Ketika Anda memasuki area wisata Watu Gajah Park ini akan disambut dengan gapura yang di kanan kirinya berupa patung gajah yang lumayan besar. Terdapat juga berbagai wahana, dan spot foto unik serta menarik yang tidak boleh untuk dilewatkan. Harga tiket masuk watu gajah park bisa dibilang cukup murah dan terjangkau bagi semu akalangan serta fasilitasnya cukup lengkap.

Baca Selengkapnya: Harga Tiket Masuk dan Lokasi Watu Gajah Park Semarang Terbaru

11. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng
Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng ini memiliki berbagai fasilitas serta berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan wisatwan jika mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Fasilitas yang ditawarkan di tempat ini yaitu Restoran, Billiard, Resord Keluarga, Outbound, ATV Karaoke, Gathering, Gedung Pertemuan, Kuda Wisata, sampai pasar buah juga tersedia di tempat wisata ini. Di Taman Wisata Kopeng ini juga tersedia pusat souvenir atau oleh-oleh yang bisa kalian beli untuk kenang-kenangan.

Jika kalian ingin memacu adrenalin tempat wisata ini juga menyediakan wahana flying fox setinggi kurang lebih 12 meter dan juga terdapat flying fox setinggi 6 meter untuk anak-anak. Wahana untuk anak lainnya yang berada di Taman Wisata Kopeng ini yaitu Spider Jumper, Lorong Gantung, Trampolin Jaring, Panjat Pinang, dan masih banyak yang lainnya. Ditempat ini juga terdapat fasilitas Outbond serta berenang dan juga terdapat penginapan. Jika kalian ingin berliburan ke Taman Wisata Kopeng maka tidak usah diragukan lagi ya.

Baca Selengkapnya: Harga Tiket Masuk dan Lokasi Taman Wisata Kopeng

12. Lawang Sewu

Lawang Sewu
Lawang Sewu

Lawang Sewu ini memiliki arsitektur yang sangat megah dan memiliki sensasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Di malam haripun tempat ini tidak sepi loh teman-teman, wisatawan yang datang di malam hari pun tidak sedikit. Keindahan di malam hari di Lawang Sewu ini sangat mempesona karena sinar lampu tersorot diantara gelapnya malam. Di sekitar Lawang Sewu ini pun di penuhi wisatawan yang berada duduk-duduk di trotoar sembari berfoto selfi dan di dalam tempat ini pun tetap masih ramai.

Sekarang ini jika teman-temani ingin berkunjung ke Lawang Sewu kalian akan menemukan banyak sejarah yang ada pada bangunan ini mengenai perkembangan kereta di indonesia. Tempat ini juga memberikan informasi mengenai kereta yang pertama kali ada di indonesia sampai kereta yang terakhir di indonesia.

Baca Selengkapnya: Sejarah, Harga Tiket Masuk, dan Lokasi Lawang Sewu Semarang


13. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa ini memiliki koleksi lokomotif up setidaknya kurang lebih berjumlah 22 buah yang sekarang ini telah di pensiunkan. Lokomotif up tersebut di buat sekitar tahun 1891 sampai 1928. Salah satu lokomotif tersebut yang sering di ketahui yaitu Lokomotif CC50 yang di buat sekitar tahun 1927. Lokomotif ini dulunya merupakan lokomotif yang paling gesit di antara yang lainnya karena mampu menempuh jalur pegunungan yang mempunyai medan yang menajak dan berliku-liku.

Di Museum Kereta Api Ambarawa ini juga ada lokomotif yang masih di fungsikan loh teman-teman tetapi di fungsikan untuk wisatawa yang datang berkunjung di tempat ini pada akhir pekan. Lokomotif yang masih di fungsikan ini memiliki 2 buah yang di beri nama Kereta Api Uap bergerigi B25 02 dan B25 03. lokomotif keduanya ini digunakan untuk paket wisata di Museum Kereta Api Ambarawa ini dengan rute Ambarawa - Bendon yang jaraknya kurang lebih sekitar 9 KM. Kereta ini memiliki gerbong penumpang dengan dinding kayu dan tidak di lengkapi dengan kaca jendela. Rute yang satunya lagi dari Ambarawa - Tuntang yang jaraknya kurang lebih 10 Km lebih jauh sedikit di bandingkan dengan Rute Lokomotif yang pertama. Rute lokomotif ke dua ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu pemandangan Danu Rawa Pening.

Baca Selengkapnya: Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas Museum Kereta Api Ambarawa Terbaru

Nah itu tadi mengenai 13 Tempat Wisata Semarang yang Murah dan Rekomended Untuk Dikunjungi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel