Harga Tiket Masuk dan Lokasi Desa Wisata Kementul Terbaru

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Desa Wisata Kementul - Desa Wisata Kemetul sendiri merupakan salah satu Desa Wisata yang berada di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Desa Wisata Kemetul adalah salah satu Desa Wisata yang resmi dibuka pada tahun 2011 lalu dan sampai sekarang terus mengalami perkembangan. Desa ini lokasinya diapit oleh dua sungai yang daerah alirannya melewati perbukitan, lembah, dan sawah. Desa wisata kemetul berjarak kurang lebih sekitar 43 Km dari Kota Ungaran, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam sampai 1,5 jam. 
Desa Wisata Kementul
Desa Wisata Kementul

Desa Wisata Kemetul masih kental dengan tatanan moral serta etika Jawa. Hal ini tampak dari aktivitas masyarakatnya sendiri, yang sampai saat ini masih melestarikan budaya adat yang ada di Desa ini. Dalam kehidupan sehari-hari, tiap individu dalam masyarakat masih  bersikap sopan santun, serta baik terhadap yang lebih tua maupun terhadap sesama. Selain itu, masih banyak aturan bersama yang bersifat larangan untuk melakukan perbuatan yang melanggar ungguh-ungguh atau nilai kesopanan atau moral.

Selain kepercayaan yang berkembang dan melekat di masyarakat, desa ini juga memiliki banyak sekali potensi. Potensi yang ada di Desa Wisata Kemetul yang pertama dapat dilihat dari keindahan alam seperti pemandangan dari puncak bukit¸ persawahan, maupun suasana sunrise yang dapat dinikmati dipagi hari. Yang kedua dapat dilihat dari daya tarik wisata budaya dan juga kerajinan seperti merti desa, sadranan, dawuhan, uberkali, dan masih banyak lagi. Dan yang ketiga adanya dukungan terhadap industri di bidang pariwisata, seperti menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, meningkatkan produktivitas industri rumah tangga dan juga kerajinan sehingga secara otomatis akan menciptakan SDM yang berkualitas dibidang pariwisata.

Objek Wisata Desa Wisata Kementul

Bagi anda yang mungkin sedang mencari tempat referensi mengenai salah satu tempat wisata di Salatiga, anda bisa berkunjung ke desa wisata Kemetul ini. Lokasinya sendiri memang bukan di kota Salatiga, namun jarak tempuh ke desa wisata kementul relatif tidak jauh dari kota Salatiga. Banyak akses yang dapat dilalului untuk menuju kesana salah satunya adalah melalui jalan Tingkir-Suruh jika anda datang dari arah Salatiga.

Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa areal persawahan, yang mungkin sudah sangat jarang sekali ditemui oleh anda yang tinggal di daerah perkotaan. Anda bisa bersantai di saung atau gazebo yang banyak berjejer di tepi sepanjang jalan desa wisata Kemetul sambil memandangi tanaman padi yang hijau dan luas terbentang. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai sambil menghirup udara segar di pagi maupun sore hari.

Terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu yang berdiri diatas area persawahan warga setempat yang sangat cocok sekali bagi anda yang suka berswafoto, spot foto ini berbentuk bintang yang sangat unik. Anda bisa mengambil gambar dengan latar belakang area persawahan berwarna hijau yang terbentang luas diatas jembatan tersebut. Untuk bisa menikmati keindahan alam di atas jembatan tersebut anda harus membeli tiket masuk dahulu. Tiket untuk masuk ke jembatan tersebut harganya relatif murah.

Selain bisa menikmati pemandangan alam dengan bersantai di saung atau gazebo dan juga jembatan yang telah disediakan oleh pihak pengelola, bagi anda yag membawa anak-anak bisa juga bermain sepeda motor mini di area desa wisata Kemetul tersebut. Kemudian jika anda lapar atau haus dan kebetulan tidak membawa bekal dari rumah, anda tidak perlu khawatir karena terdapat cukup banyak warung di sepanjang jalan desa wisata tersebut yang menjajakan makanan serta minuman.

Paket Wisata Desa Wisata Kementul

Ada beberapa paket wisata yang tersedia di Desa Wisata Kemetul ini diantaranya seperti tracking Sobowono yang dapat digunakan minimal 20 orang, memetdidiskali yang dapat digunakan minimal 20 orang, mengolah sawah yang dapat digunakan minimal 20 orang. Sedangkan untuk paket wisata tahunan ada paket wisata budaya seperti nyadran yang dapat dicoba minimal 5 orang, dawuhan dapat dicoba minimal 5 orang, uberkali dapat dicoba minimal 5 orang, mertideso dapat diambil dicoba 5 orang. 

Perlu diketahui dari beberapa paket wisata diatas tersebut, mulai dari tracking Sobowono, sebuah paket wisata yang disediakan dimana kegiatannya adalah jalan kaki melintasi sebuah ladang dan persawahaan, dimana para wisatawan dapat memilih jalan sendiri dengan disertai guide.  Dengan ini para pengunjung dapat menikmati sensasi jalan-jalan layaknya orang desa, ketika hendak atau pun pulang dari ladang dan juga bisa menginspirasikan suara nyanyian dan teriakan yang tentunya masih terdapat tata krama sesuai adat desa kementul.

Sedangkan paket wisata kegiatan Memetdidiskali merupakan sebuah kegiatan kearifan lokal mencari ikan di sungai dengan cara tradisional dan ramah lingkungan. Karena di Desa Wisata Kemetul penangkapan ikan sungai sudah tidak dengan cara merusak lingkungan alam lagi. Maka kegiatan mencarii kan dengan cara menguras kantong-kantong air di sungai menjadi pilihan alternatif dalam menangkap ikan selain dengan cara memancing.

Lokasi Desa Wisata Kementul

Mengenai lokasi dari desa wisata kementul berada di Kecamatan Susukan, dan letaknya berada paling utara di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada diperbatasan antara Kecamatan Susukan dengan Kecamatan Suruh, yang diapit dengan dua sungai yang daerah alirannya melewati lembah, perbukitan, dan juga persawah. Desa Wisata Kemetul ini meliputi 4 RW dan memiliki 19 RT. Luas wilayah keseluruhan Desa Wisata Kemetul ialah kurang lebih sekitar 166,5 Hektare, yang terdiri dari perkarangan sekitar 104 Hektare dan areal pertanian sekitar 62,5 Hektare.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Kementul

Untuk bisa menikmati keindahan serta kegiatan di desa wisata kementul, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk atau HTM Desa Wisata Kementul yakni Rp 5.000 per orang. Mengenai tarif parkir untuk kendaraan sepeda motor dengan tarif Rp 2.000. Dan untuk harga paket wisata di desa wisata kementul ini admin belum mendapatkan informasinya.

Galeri Foto Desa Wisata Kementul

Desa Wisata Kab Semarang
Desa Wisata Kab Semarang

Desa Wisata di Semarang
Desa Wisata di Semarang

Tiket Masuk Desa Wisata Kementul
Tiket Masuk Desa Wisata Kementul

Lokasi Desa Wisata Kementul
Lokasi Desa Wisata Kementul

Desa Wisata Kementul Semarang
Desa Wisata Kementul Semarang

Rute Desa Wisata Kementul
Rute Desa Wisata Kementul

Nah itu tadi mengenai Harga Tiket Masuk dan Lokasi Desa Wisata Kementul Terbaru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel