17 Wisata Kuliner Semarang Terbaru dan Rekomended Untuk Dikunjungi 2023

17 Wisata Kuliner Semarang Terbaru dan Rekomended Untuk Dikunjungi - Kota Semarang memang sering dijuluki sebagai Kota Lumpia. Namun tak hanya lumpia saja sebenarnya kuliner yang terdapat di Semarang yang menarik untuk dicoba. Puluhan atau mungkin ratusan ragam wisata kuliner yang siap untuk memanjakan para pecinta kuliner yang berada di Semarang ini.

Nah berikut ini merupakan Wisata Kuliner Semarang yang wajib teman-teman Traveler coaba jika mengunjungi Kota Semarang.

1. Mie Sang Kie

Wisata Kuliner Mie Sang Kie Semarang
Wisata Kuliner Mie Sang Kie Semarang

Wisata Kuliner  yang akan kita bahas pertama yaitu bagi kalian yang gemar menyantap varian hidangan mie bisa langsung menuju Mie Sang Kie. Kedai mie ini termasuk legendaris di semarang karena sudah berdiri sejak zaman kolonial. Luar biasanya, hingga saat ini Mie Sang Kie ini masih punya banyak sekali para penikmat yang setia.

Ada berbagai jenis kuliner semarang yang bisa Teman-teman Traveler coba di Kedai Mie Sang Kie. Namun yang jadi menu andalan atau favorit adalah Mie Godok alias Mie Rebus. Mie ini terdiri dari mie, potongan kecil telur dadar, dan kekian. Semua bahan tersebut lantas disajikan satu bersama kuah kaldu yang hangat dengan nikmat yang luar biasa.

2. Gulai Kambing Bustaman

Wisata Kuliner Gulai Kambing Bustaman Semarang
Wisata Kuliner Gulai Kambing Bustaman Semarang

Wisata kuliner yang kedua ini merupakan gulai legendaris di semarang. Namanya Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar dan sudah buka sejak tahun 1969 lalu. Sebelum mencicipi sajian nikmat ini, Teman-teman Traveler bisa berjalan-jalan sejenak karena warungnya yang berlokasi di kawasan Kota Lama. Kalian tinggal berjalan ke belakang Gereja Blenduk untuk bisa menumukan warung ini.

Memang Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar punya ciri khas tersendiri, yaitu kuahnya yang encer namun rasanya tetap gurih. Pecinta masakan kambing dijamin bakal puas dengan menu makanan ini, karena disajikan bersama potongan jerohan. Porsinya juga lumayan cukup besar, cukup untuk disantap dua orang jika sedang tidak terlalu lapar. Jangan lupa untuk menambahkan air perasan jeruk nipis dan potongan bawang merah mentah agar rasanya makin nikmat.

3. Ayam Goreng Pakne Heksa

Wisata Kuliner Ayam Goreng Pakne Heksa Semarang
Wisata Kuliner Ayam Goreng Pakne Heksa Semarang

Memang Ayam Goreng merupakan makanan favorit di Indonesia. Di semarang ini juga terdapat wisata kuliner berupa Ayam Goreng namun berbeda dengan ayam goreng lainnya. Ayam goreng bikinan Pakne Heksa ini memiliki rasa yang gurih, bumbu rempahnya begitu meresap, dan tekstur dagingnya juga sangat lembut.

Ayam Goreng Pakne Heksa lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan sambal cobek. Bagi teman traveler yang tidak terlalu suka pedas, jangan khawatir. Teman Traveler bisa mengajukan permintaan khusus terkait jumlah cabai yang ingin digunakan untuk membuat sambal.

4. Bakmi Jawa Pak Ateng

Wisata Kuliner Bakmi Jawa Pak Anteng Semarang
Wisata Kuliner Bakmi Jawa Pak Anteng Semarang

Kota Semarang memang dikenal dengan wisata kuliner dengan sejumlah olahan mie yang tentunya lezat. Salah satu wajib anda coba dan sayang untuk dilewatkan adalah Bakmi Jawa Pak Ateng. Jika teman-teman traveler ingin menikmatinya harus bersabar karena biasanya warung ini selalu ramai dipadati pengunjung. Kalian harus rela antre dan tentunya bersabar jika ingin merasakan makanan di sini. Maklum saja, Bakmi Jawa Pak Ateng termasuk salah satu makanan legendaris dan merupakan salah satu tempat makan tefavorit di semarang.

Bakmi Jawa Pak Ateng ini berhasil menjaga konsistensi rasa dari tahun ke tahun. Sehingga pengunjung betah menikmati makanan ini. Rasa khasnya berasal dari penggunaan kuah kaldu ayam kampung dan dimasak menggunakan anglo atau kompor tradisional zama dahulu. Bakmi jawa ini juga disajikan bersama suwiran daging ayam kampung, telur, dan juga sayuran.

5. Babat Gongso Pak Karmin

Wisata Kuliner Babat Gongso Pak Karmin Semarang
Wisata Kuliner Babat Gongso Pak Karmin Semarang

Wisata Kuliner selanjutnya yaitu berupa makanan Babat Gongso Pak Karmin yang merupakan salah satu warung legendaris di semarang. Warung yang nuka sejak tahun 1971, hingga kini Warung Pak Karmin tak pernah gagal memanjakan lidah para pelanggan dengan cita rasa babat masak kecap yang mempunyai rasa khas.

Memang warung dari Pak Karmin sendiri tidak terlalu mewah, bahkan terkesan sangat sederhana layaknya warung makan zaman dulu. Meski demikian, banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang ke sini untuk menikmati kuliner satu ini. Lokasinya berada di Jl Pemuda, tak jauh dari Jembatan Berok.

6. Kue Lekker Paimo

Wisata Kuliner Kue Lekker Paimo Semarang
Wisata Kuliner Kue Lekker Paimo Semarang

Leker juga merupakan makanan kuliner di semarang yang sudah cukup terkenal. Salah satunyay aitu Lekker Paimo yang sudah ada sejak tahun 1978 ini di lapak kaki lima depan SMA Kolose Loyola, Jalan Karanganyar Kota Semarang. Leker ini sangat disukai para pecintai kuliner karena rasanya yang enak dan sambal pedasnya yang sangat menggoda lidah.

Kue Lekker Paimo sendiri memiliki dua varian yaaitu tipis dan tebal. Mengenai varian yang tipis terdapat rasa cokelat dan karamel, sedangkan untuk yang tebal memiliki varian isi telur sosoi keju, jagung manis, keju abon, bahkan hingga telur sosis tuna keju.

7. Nasi Gudeg Pak Memed

Wisata Kuliner  Nasi Gudeg Pak Memed Semarang
Wisata Kuliner  Nasi Gudeg Pak Memed Semarang

Tak hanya jogja saya yang terkenal dengan Gudegnya, walapun memang Gudeg di jogja adalah yang nomor satu. Di semarang ini terdapat tempat wisata kuliner di Warung Pak Memed yang bernama Nasi Gudeg Pak Memed. Nasi Gudeg ini memiliki rasa yang lezat tak pernah berubah meski sudah beberapa puluh tahun selama pertama berdiri sampai sekarang. Kuah kaldu yang sedap menjadi salah satu andalan kuliner ini.

Nasi gandul sendiri pada dasarnya merupakan nasi putih biasa, yang disajikan menggunakan mangkuk daun pisang. Dengan Bumbu kecoklatan yang disiramkan di atasnya, disusul tambahan jeroan sapi, lauk daging, dan telur ayam. Sensasinya bakal terasa semakin unik dan nikmat jika teman-teman Traveler menyantapnya menggunakan suru atau sendok yang terbuat dari daun pisang.


8. Es Puter Cong Lik

Wisata Kuliner  Es Puter Cong Lik Semarang
Wisata Kuliner  Es Puter Cong Lik Semarang

Wisata Kuliner berikutnya ini merupakan kuliner untuk menghilangkan rasa haus. Jika sudah demikian, menyantap es atau minuman segar tentu bakal menjadi ide bagus. Di Kota Semarang terdapat kedai Es Puter Cong Lik yang ada di Jl Ahmad Dahlan A no 11, memang kedai es puter ini merupakan kedai legendaris di semarang.

Rasanya yang segar dan dibuat menggunakan bahan alami tentu membuat es puter ini semakin niimat. Harganya juga tidak terlalu mahal dan bisa terbilang cukup murah. Es Puter Cong Lik sendiri termasuk salah satu makanan legendaris yang berada di Kota Semarang. Menurut beberapa sumber, pemilik kedai es puter ini sudah mulai berjalan sejak tahun 1984 silam.

9. Soto Kudus Mbak Lien

Wisata Kuliner Soto Kudus Mbak Lien Semarang
Wisata Kuliner Soto Kudus Mbak Lien Semarang

Soto kudus yang terdapat di semarang ini yaitu Soto Kudus Mbak Lien. Kuliner ini memang termasuk salah satu yang cukup terkenal di Kota Semarang. Lokasinya berada di Jalan Ki Mangunsarkoro. Teman-teman Traveler bisa sarapan santai di sini karena teman ini sudah buka sejak pukul tujuh pagi.

Kuah Soto Kudus Mbak Lien memiliki rasa yang khas. Dijamin bakal meninggalkan kesan mendalam begitu merasakannya. Kelezatan serta rasanya yang nikmat bakal terasa kian mantap jika dinikmati bersama sate kerang, tempe, atau sate paru. Harga Soto Kudus Mbak Lien ini cukup murah yaitu sebesar Rp 8.500 saja.


10. Mie Kota Kembang

Wisata Kuliner  Mie Kota Kembang Semarang
Wisata Kuliner  Mie Kota Kembang Semarang

Wisata Kuliner selanjutnya yaitu Wisata Mie Kota Kembang . Mie ini merupakan salah satu ciri khas kuliner Semarang. Teman-teman traveler dapat enimatinya di Jalan MT Haryono 405 dan Jl Tambak Mas no 73. Kedua tempat tersebut buka mulai pukul tujuh pagi hingga sembilan malam.

Selain sajian mie, tempat atau warung makan ini juga menyajikan menu makanan seperti kwetiauw dan bihun. Semuanya dijamin memiliki rasa yang lezat dan sudah terkenal di antara warga lokal maupun para percinta kuliner. Harga menu di Mie Kota Kembang juga cukup terjangkau dan bisa dibilang cukup murah, rata-rata sekitar Rp 17.000 per mangkok.

11. Asem-asem Koh Liem

Wisata Kuliner Asem-asem Koh Liem Semarang
Wisata Kuliner Asem-asem Koh Liem Semarang

Berikutnya merupakan tempat wisata kuliner yang cukup terkenal di semarang bernama Asem-Asem Koh Liem. Jika berniat mengunjungi kuliner legendaris Semarang ini, teman-teman traveler dapat menemukannya di Jl Karang Anyar no 28/C4. Restoran ini sudah buka sejak pukul tujuh pagi.

Restoran Koh Liem menyediakan beragam varian menu masakan Cina. Namun tentnu saja, yang paling terkenal dan merupakan menu favorit adalah asem-asemnya. Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi yang disiram dengan kuah asam-manis. Rasanya sangat unik dan tentu akan memanjakan lidah. Jangan lewatkan pula sajian makanan cumi kecap dan kulit ayamnya yang sudah sangat legendaris.


12. Soto Bangkong Semarang

Wisata Kuliner Soto Bangkong Semarang
Wisata Kuliner Soto Bangkong Semarang

Wisata Kuliner soto memang sudah tidak asing lagi di semanrang. Soto Bangkong Semarang ini bisa menjadi salah satu alternatif. Cita rasanya begitu unik dan rasanya yang nikmat. Meski disajikan dalam keadaan hangat, kuah soto ini bakal terasa sangat segar begitu menyentuh kerongkongan Anda. Sudah tidak heran lagi, mengingat Soto Bangkong sudah mulai beroperasi sejak tahun 1950an.

Rahasia kelezatan dari Soto Bangkong ini ada pada racikan serta komposisi bahannya yang begitu pas. Seporsi soto biasanya disajikan dengan sejumlah pelengkap seperti  bawang goreng, bihun, ayam suwir, irisan bawang, dan kuah kaldu ayam. Warung ini juga menyediakan menu makanan lainnya bagi teman-teman traveler yang tidak suka dengan soto. Menu makanan lainnyay aitu berupa Ayam Goreng dan Garang Asma.

13. Nasi Goreng Babat

Wisata Kuliner Nasi Goreng Babat Semarang
Wisata Kuliner Nasi Goreng Babat Semarang

Wisata Kuliner Semarang berikutnya adalah Nasi Goreng Babat. Berbeda dengan nasi goreng biasanya, sajian ini bercita rasa pedas dan manis. Nasi goreng yang banyak menggunakan kecap, bawang merah, dan bawang putih. Sensasi gurih dan asin akan muncul dari tambahan potongan kecil babat serta iso atau usus sapi yang ada.

Ada banyak penjual nasi goreng babat di Semarang. Kebanyakan baru buka pada sore atau malam hari. Salah satu yang lumayan ternama nasi goreng babat di semarang adalah Warung Pak Taman yang berada di selatan Stadion Diponegoro. Warung nasi goreng ini biasanya sudah ludes sebelum pukul 11 malam.

14. Kedai Amarta

Wisata Kuliner Kedai Amarta Semarang
Wisata Kuliner Kedai Amarta Semarang

Sajian kekinian biasanya identik dengan anak-anak milenial zaman sekarang dan juga identik dengan mahasiswa. Maka tak salah jika Kedai Amarta membuka gerai nya di kawasan kampus Universitas Diponegoro. Kedai ini mengusung konsep harga kaki lima, dengan nuansa bintang lima. Semua makanan di sini dipresentasikan dengan mewah seperti layaknya makanan nuansa bintang lima.

Teman-teman Traveler bisa memilih beragam menu masakan barat maupun lokal yang tersaji di Kedai Amarta ini. Salah satu yang jadi andalan dan terfavorit yaitu adalah nasi goreng cordon bleu. Disajikan dalam piring keramik yang unik dan menarik serta porsinya yang cukup besar.


15. Kedai Gula Jawa

Wisata Kuliner Kedai Gula Jawa Semarang
Wisata Kuliner Kedai Gula Jawa Semarang

Bagi Teman-teman Traveler yang tidak terlalu gemar menyantap kuliner western, jangan khawatir. Tak jauh dari Kedai Amarta kalian bisa menemukan Kedai Gula Jawa. Kafe Instagenic ini menyajikan beragam menu Nusantara alias menu lokal. Sajian western seperti steak dan pasta juga tersedia di kedai ini.

Sama seperti kafe Instagramable lainnya, desain interior dan eksterior menjadi salah satu poin plus di Kedai Gula Jawa ini karena anda juga dapat berfoto selfie. Penataan furnitur dan asesoris dilakukan begitu cermat dan tertata rapi, hingga terlihat amat cantik sekali. Cocok dijadikan tempat nongkrong santai bersamai sahabat, teman dekat, maupun keluarga.

16. Sate Sapi Pak Kempleng

Wisata Kuliner Sate Sapi Pak Kempleng Semarang
Wisata Kuliner Sate Sapi Pak Kempleng Semarang

Kota Semarang juga punya kuliner legendaris yang sayang dilewatkan yaitu kuliner berupa Sate Sapi Pak Kempleng yang berada di Jl Diponegoro 265 sudah beroperasi sejak tahun 1946 silam dan rasanya masih tak berubah hingga saat ini. Pendirinya dari tempat makan ini antara lain adalah Pak Kempleng dan kini sudah diwariskan hingga generasi ketiga, Sukimin.

Selain rasanya yang lezat, sate di sini juga sangat memanjakan para pecinta kuliner. Dagingnya sangat halus dan lembut ketika di gigit. Rahasianya ada di kualitas bahan yang digunakannya yang kini selalu terjaga. Warung Sate Sapi Pak Kempleng hanya menggunakan daging bagian dalam nya saja tanpa lemak. 

17. Itik Emas Resto

Wisata Kuliner Itik Emas Resto Semarang
Wisata Kuliner Itik Emas Resto Semarang

Wisata Kuliner ayang terakhir adalah Itik Emas Resto  yang berada di Jl Mayjen Sutoyo no 59. Tempat ini menyajikan masakan di Venetie van Java lahir dari pengaruh budaya Belanda serta Tiongkok.

Semua masakan yang ada di sini diolah menggunakan resep rempah khas Tiongkok kuno dan dipadukan dengan beberapa bahan masakan khas dari Indonesia. Teman Traveler bisa merasakan nikmatnya beragam jenis bubur, gorengan, sup, Dimsum Bapao Pandan, serta nasi goreng. 

Nah itu tadi mengenai 17 Wisata Kuliner Semarang Terbaru dan Rekomended Untuk Dikunjungi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel