Waduk Sermo Kulon Progo - Spot Camping Hits dan Kekinian di Jogja

Waduk Sermo Kulon Progo - Baru-baru ini waduk sermo yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi perbincangan para traveler, pasalnya tempat ini mendadak ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah untuk berkemah atau camping di waduk sermo. Memang sekarang ini waduk sermo menjadi salah satu spot camping hits dan banyak dikunjungi wisatawan di Jogja. Sebenarnya tempat ini sudah lama dijadikan sebagai tempat camping oleh para wisatawan, namun baru akhir-akhir ini waduk sermo menjadi viral dan ramai dikunjungi wisatawan untuk bermalam atau camping ditempat ini.
Waduk Sermo Kulon Progo

Wajar jika wisatawan berbondong-bondong mendatangi tempat ini karena pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah serta udara sejuk khas pegunungan ditambah lagi dengan pemandangan waduk sermo yang sangat cantik. Waduk Sermo sendiri merupakan sebuah bendungan yang berada di Kulon Progo Jogja, saat ini bendungan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai sumber Air PDAM saja, namun juga sebagai destinasi wisata baru di Jogja khususnya Kulon Progo.

Letak geografisnya dari Waduk Sermo yang strategis dan view pemandangan alam yang indah bukan tanpa alasan lagi jika tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata. Memang awalmula tempat wisata ini hanya dijadikan sebagai tempat istirahat bagi para wisatawan yang ingin ke Tempat Wisata Kali Biru, darisitulah muncul ide dari warga setempat untuk dikelola sebagai tempat wisata. 

Sembari berkemah atau camping di waduk sermo kulon progo, wisatawan juga bisa mengelilingi waduk ini menggunakan kapal yang sudah tersedia. Taidak hanya itu, wisatawan juga bisa berswafoto di area spot foto yang telah tersedia dengan latar belakang keindahan waduk sermo. Hasil fotonya pun pasti bagus dan Instagramble. 

Nah, buat para wisatawan yang suka sekali ngecamp, Waduk Sermo Kulon Progo merupakan salah satu tempat ngecamp hits dan banyak dikunjungi wisatawan di Jogja. Waduk Sermo dapat Anda jadikan sebagai tempat alternatif pilihan jika ingin menikmati suasana alam asri dan udara khas pegunungan yang sejuk selain bercamping di pantai maupun gunung. Tentu bagi Anda pengembar camping sudah saatnya menikmati sensasi ngecamp di pinggir waduk sermo dengan pemandnagan sunrise yang sangat  cantik.

Fasilitas Waduk Sermo Kulon Progo

Fasilitas Utama yang dimiliki tempat wisata yang berada di Kulon Progo ini yaitu keindahan alamnya yang snagat indah, maka tak heran jika tempat ini dijadikan sebagai salah satu spot camping hits di Jogja. Banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke waduk sermo hanya untuk menikmati pemandangan alam yang indah serta suasana nya yang sejuk khas pegunungan.

Di tempat ini juga tersedia berbagai spot untuk berfoto selfie, bagi anda yang suka berswafoto dapat berfoto di spot tersebut. Wisatawan juga dapat mengelilingi danau melihat pemandnagan alam lebih dekat lagi dnegan menaiki perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Mengenai fasilitas umum lainnya diantaranya yaitu Tempat parkir yang luas, Villa, Warung makan, Bengkel, Toilet umum, Rumah Jamur, Rumah Panggung dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo

Mengenai lokasi dari spot camping hits di jogja yang berada di tempat wisata Waduk Sermo Kulon Progo ini beralamat di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini(GoogleMaps). Jam Buka Waduk Sermo mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB, jika Anda ingin camping tenang saja, Anda dapat camping di tempat tersebut tanpa batasan waktu. Melainkan jam buka diatas merupakan jam buka tket pintu masuk untuk menuju ke Waduk Sermo maupun ke Kali Biru.

Rute Waduk Sermo Kulon Progo

Akses jalan untuk menuju ke tempat wisata ini sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena akses menuju ke Waduk Sermo jalannya sudah sangat mulus dan tidak ada hambatan. Hanya saja, perjalanan menuju ke sini medannya agak naik turun, tapi kondisi jalan tersebut tidak akan membahayakan bagi pengendara. Anda dapat menuju ke tempat wisata ini menggunaan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Rute untuk menuju ke Waduk Sermo sendiri cukup mudah. Dari pusat kota Jogja, wisatawan bisa mengambil arah dari Jalan Wates, kemudian ikuti jalan tersebut hingga bertemu patung Nyi Ageng Serang (prang setempat menyebutnya patung kuda). Dari situ bisa mengambil arah menuju ke Waduk Sermo. Lokasinya pun mudah di akses, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari jalan utama di patung Nyi Ageng Serang tersebut. Jika dari Kota Yogyakarta jarak tempuh kurang lebih hanya sekitar 1 - 1,5 Jam saja.

Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Untuk bisa camping bermalam di Waduk Sermo Kulon Progo serta menikmati keindahan pemandnagan yang ada, wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuknya pun bisa dibilang cukup murah. Berikut merupakan harga tiket masuk atau HTM Waduk Sermo Kulon Progo:
Tiket Masuk  Harga
Tiket Waduk Sermo  Rp 3.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Sewa Perahu Rp 30.000
Harga tiket masuk diatas sewaktu-waktu bisa berubah, jika ada perubahan kami akan segera update data diatas.

Tips Camping di Waduk Sermo Kulon Progo

Nah berikut inni merupakan tips camping atau ngecamp di Waduk Sermo Kulon Progo agar lebih seru dan menyenangkan.

  1. Bawa bekal makanan serta minuman yang cukup, karena jarang warung yang buka sampai tengah malam, namun jika pada siang hari disini banyak tersedia warung yang buka.
  2. Membawa peralatan pancing akan lebih seru, karena kita bisa Ngecamp sambil memancing ikan di Waduk Sermo.
  3. Bawa Kunci Kendaraan, karena tempat parkir ini tidak dijaga sampai malam, jangan lupa untuk menjaga kendaraan sendiri saat akan ngecamp di Waduk Sermo Kulon Progo dengan mengunci stang kendaraan.
  4. Selalu jaga kebersihan di tempat lokasi ngecamp, jangan tinggalkan sampah apapun kecuali kenangan.
  5. Dilarang keras membuang sampah di Waduk Sermo Kulon Progo.

Galeri Foto Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk Sermo Jogja
Waduk Sermo Jogja

Waduk Sermo Kulon Progo Jogja
Waduk Sermo Kulon Progo Jogja

Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo
Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo

Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo
Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Camping di Waduk Sermo Jogja
Camping di Waduk Sermo Jogja

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Waduk Sermo Kulon Progo yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel