Shoka Bukit Senja - Tempat Romantis Menikmati Sunset di Jogja

Shoka Bukit Senja - Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja tidak ada habisnya, salah satunya yaitu di Kabupaten Gunung Kidul. Selain tekenal dengan pantai pasir putihnya, Gunung Kidul juga terkenal dengan tempat wisatanya yang berupa bukit untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Salah satunya yaitu Shoka Bukit Senja. Berada di perbukitan, tempat ini sangat terkenal dengan spot untuk melihat sunset yang berada di Gunung Kidul.
Shoka Bukit Senja
Shoka Bukit Senja

Shoka Bukit Senja Jogja merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam indah berupa sunset dan juga view pantai parangtritis dari atas ketingian bukit. Tempat ini akan membuat setiap pengunjung yang datag terpesona dengan keindahan pemandangannya terutama pemandangan sunset. Bukit Senja ini merupakan tempat romantis untuk menikmati sunset bersama orang tersayang.

Tempat wisata Shoka Bukit Senja juga terdapat warung makan namun belum banyak, anda dapat menikmati keindahan pemandangan yang ada sambil mencicipi menu makanan yang disediakan. Melangkah lebih jauh di spot tersebut, pengunjung akan mendapati beberapa tempat duduk terbuat dari kayu dan semen yang menghadap langsung ke arah barat untuk menikmati sunset dan view pantai parangtritis.

Di bukit ini juga terdapat anak tangga yang terbuat dari bebatuan untuk menuju ke ujung tebing yang berada di bagian bawah bukit. Sama seperti di bagian atas bukit, di bagian bawah juga terdapat beberapa tempat duduk lengkap dengan pagar yang terbuat dari kayu untuk sebagai pembatas. Serta terdapat juga gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai.

Suasana tenang dipadu dengan hembusan angin laut menambah kenyamanan pengunjung untuk menikmati sunset di Shoka Bukit Senja Gunung Kidul akan semakin romantis. Harga tiket masuk shoka bukit senja terbilang sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Tempat ini memang menjadi tempat favorit bagi para remaja untuk berswafoto.

Lokasi Shoka Bukit Senja

Mengenai lokasi dari tempat romantis untuk melihat sunset Shoka Bukit Senja ini berada di Kabupaten Gunung Kidul yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya beralamat di Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55872. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini(GoogleMaps). Mengenai Jam Buka Shoka Bukit Senja pukul 07.00 - 21.00 WIB pada setiap harinya.

Rute Shoka Bukit Senja

Untuk mencapai Shoka Bukit Senja yang terletak di Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta ke arah selatan. Selain dari Kota Yogyakarta, spot tersebut dapat dicapai oleh para pengunjung dengan melakukan perjalanan dari arah Wonosari yang berjarak kurang lebih sekirat 28 km ke arah selatan

Berikut merupakan rute menuju ke Shoka Bukit Senja:
  • Dari Kota Jogja arahkan kendaraan Anda menuju ke arah selatan ke Jalan Paranggtritis
  • Ikuti jalan tersebut menuju ke selatan untuk sampai di TPR Pantai Parangtritis
  • Masih lurus ke selatan yang mengarah arah ke Gunungkidul,  setelah sampai di tanjakan pertama akan menemukan pertigaan
  • Belok ke kanan dan ikuti jalan aspal tersebut untuk sampai di Bukit Paralayang
  • Dari tempat parkir paralayang watugupit akan ada papan petunjuk menuju ke Bukit Shoka
  • Ikuti saja papan petunjuk tersebut untuk sampai di lokasi wisata Shoka Bukit Senja

Memang selisih jarak dari dua tempat tersebut untuk bisa mencapai tempat ini tidak begitu jauh, mengingat Shoka Bukit Senja terletak di perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dan Bantul. Sesampainya di area parkir Bukit Paralayang Watugupit, pengunjung akan menemui penunjuk jalan yang mengarah ke spot Shoka Bukit Senja. Adapun jarak dari jalan raya menuju spot itu kurang lebih berjarak sekitar 500 meter dengan kondisi jalan yang terbuat dari cor semen.

Akan tetapi, setelah menyusuri jalan berbentuk angka 11 yang terbuat dari cor semen tersebut sejauh 500 meter itu mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa sunset yang dipadu dengan view pantai parangtritis. Meski masih dalam proses tahap pengembangan, namun Shoka Bukit Senja ini sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Shoka Bukit Senja

Sebelum bisa menikmati keindahan serta fasilitas yang ada di Shoka Bukit Senja Jogja ini, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuknya pun bisa dibilang murah dan tentu sangat terjangkau bagi semua kalangan. Harga tiket masuk atau HTM Shoka Bukit Senja yaitu Rp 3.000. Harga tiket tersebut sewaktu-waktu bisa berubah mengingat tempat wisata ini masih dalam tahap pengembangan.

Dengan biaya yang tentunya sangat terjangkau, Anda akan mendapatkan pemandangan alam yang sangat indah serta juga bisa menikmati pemandangan pantai parangtritis dari atas ketinggian bukit di temani sumilirnya angin khas pegunungan.

Untuk waktu yang pas berkunjung ke Bukit Shoka adalah pada waktu sore hari, dikarenakan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang sangat menakjubkan mata. Anda bakalan betah dan tidak terburu beranjak pergi dari Shoka Bukit Senja ini.

Galeri Foto Shoka Bukit Senja

Shoka Bukit Senja Gunung Kidul
Shoka Bukit Senja Gunung Kidul

Shoka Bukit Senja Jogja
Shoka Bukit Senja Jogja
Lokasi Shoka Bukit Senja
Lokasi Shoka Bukit Senja 


Tiket Masuk Shoka Bukit Senja
Tiket Masuk Shoka Bukit Senja 

Bukit Shoka
Bukit Shoka

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Shoka Bukit Senja yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel