Tiket Masuk dan Lokasi Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja Terbaru 2019

Tiket Masuk dan Lokasi Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja - Kota Jogja memang tidak ada habis-habisnya mengenai tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah. Salah satunya yaitu Puncak Suroloyo yang sekaligus merupakan salah satu wisata andalan yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Keindahan pemandangan tempat wisata ini hampir menyaingi wisata-wisata yang sudah hits dan ramai dikunjungi seperti Kalibiru dan Waduk Sermo.

Puncak Suroloyo Kulon Progo merupakan puncak yang paling tinggi di Perbukitan Menoreh Jogja. Perbukitan menoreh ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2000 meter yang membentang di sepanjang kota Jogja dan Jawa Tengah. Di Puncak Suroloyo ini Anda dapat melihat pemandangan kota Jogja yang sangat indah dari atas ketinggian. Puncak Suroloyo ini juga memiliki sebuah cerita legenda yang menceritakan seorang Raden Mas Rangsang yang mempunyai gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo.
Tiket Masuk dan Lokasi Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja
Tiket Masuk dan Lokasi Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja

Terdapat tiga pendopo atau semacam gardu pandang di Puncak Suroloyo. Pendopo yang pertama di Puncak Suroloyo ini bernama pendopo suroloyo yang berada di paling bawah dari pendopo lainnya. Di pendopo ini Anda dapat melihat pemandangan Candi Borobudur yang sangat indah dan eksotis. Pada pendopo kedua yaitu bernama Pertapaan Sariloyo yang berada kurang lebih sekitar 200 meter ke arah barat dari tempat wisata ini.

Di pendopo kedua ini Anda dapat melihat pemandangan Gunung Sumbing serta Gunung Sindoro. Bagi Anda yang ingin pergi ke pendopo ketiga Anda harus menaiki sebuah tangga sepanjang 200 meter. Sedangkan pendopo ketiga yaitu bernama pendopo Kaendran. Di pendopo ketiga ini Anda dapat melihat Pantai Glagah yang berada di Kulon Progo yang terlihat biru airnya.

Memang Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berburu spot foto karena pemandnagan dari tempat wisata ini sangat indah sekali. Tak heran banyak wisatawan yang mengunjungi wisata ini hanya sekedar berswafoto sambil menikmati keindahan serta suasana yang ada. Mengenai harga tiket masuk nya terbilang cukup murah dan terjangkau.

Keindahan Puncak Suroloyo Kulon Progo

Puncak Suroloyo memang merupakan sebuah Puncak tertinggi yang ada di Perbukitan Menoreh, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketinggian yang dimiliki oleh perbukitan ini kurang lebih mencapai 2000 meter mdpl. Nah hal menarik yang bisa Anda rasakan dari atas perbukitan ini, Anda akan disuguhkan pemandangan kota Jogja dari atas awan.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan dimanjakan dengan lanskap Candi Borobudur dari atas ketinggian yang sangat indah. Puncak Suroloyo sendiri dilengkapi dengan tiga gardu pandang yang diberi nama Suroloyo, Kaendran, dan Sariloyo yang sudah admin jelaskan di atas tadi. Saat memasuki area wisata Anda akan disambut oleh patung Punakawan yang ada di kawasan tempat parkir puncak suroloyo. Adanya tokoh-tokoh pewayangan atau punakawan tersebut seolah membuat nuansa di tempat wisata ini terasa lebih sakral dan bersejarah.

Puncak Suroloyo bahkan kerap dikunjungi oleh orang-orang penting di negeri ini seperti Keluarga Keraton, Pemimpin Negeri, dan juga Kepala Daerah dari berbagai kota yang ada di Indonesia. Alasan mereka mengunjungi tempat ini yaitu karena ingin mencari ketenangan batin saja. Karena dulunya, Puncak Suroloyo ini merupakan sebuah tempat dimana Sultan Agung Hanyakrakusuma bersemedi dan sekaligus mendapat wangsit. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa tempat ini memiliki nilai kegunaan religius yang bisa dikatakan cukup tinggi.

Berburu Sunrise maupun Sunset di Puncak Suroloyo ini juga menjadi hal favorit yang kerap dilakukan oleh para wisatawan. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela bermalam dengan cara camping di area tempat wisata ini.

Misteri Puncak Suroloyo Kulon Progo

Dibalik keindahan yang dimiliki oleh tempat wisata Puncak Suroloyo Jogja, ternyata Puncak Suroloyo ini memiliki sebuah misteri. Yaitu sebuah mitos bahwa Puncak Suroloyo ini sudah ada sejak dulu dan di puncah tersebut merupaka tampat bekas Raden Mas Rangsang memiliki gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Di Puncak Suroloyo ini Raden Mas Rangsang melakukan pertapaan (Tapa) setelah orang tersebut menerima sebuah wangsit.

Hal itu tertulis di dalam Kitab Cabolek yang ditulis oleh Ngabehi Yasadiputa yang isinya bahwa Mas Rangsang memperoleh wangsit, supaya dia harus berjalan dari Keraton Kotagede menuju ke arah barat. Karena hal itu akhirnya Mas Rangsang mengikuti petunjunk tersebut dan berjalan dengan jarak kurang lebih sekiatar 40 km dan setelah itu dia tertidur di Puncak Suroloyo ini. Di dalam tidurnya Raden Mas Rangsang memperoleh sebuah wangsit lagi. Di wangsit tersebut terdapat perintah untuk melakukan tapa di tempat dia berhenti terakhir kali.

Fasilitas Puncak Suroloyo Kulon Progo

Jika bicara mengenai fasilitas yang tersedia di tempat wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo ini bisa dibilang sudah cukup memadai namun tidak terlalu banyak. Anda akan menemui warung-warung makan kecil yang menjajakan makanan dan minuman di area tempat wisata ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, wisata ini sudah difasilitasi dengan toilet umum serta tempat parkir yang luas. Selain itu, terdapat juga penginapan di Puncak Suroloyo seperti Villa dan Homestay juga menjadi fasilitas yang cukup menarik bagi wisatawan. Asyiknya lagi, kawasan wisata Puncak Suroloyo juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk camping.

Meskipun fasilitasnya masih sedikit, namun pihak Pemerintah setempat sedang terus mengupayakan agar tempat wisata ini terus dikembangkan menjadi obyek wisata yang bisa menarik lebih banyaj wisatawan dari berbagai daerah. Dengan begitu, fasilitas  Puncak Suroloyo pun akan terus diperbarui.

Lokasi Puncak Suroloyo Kulon Progo

Mengenai lokasi dari tempat wisata yang memiliki pemandnagan indah terletak di bukit menoreh jogja ini berada di Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya beralamat di Keceme, Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta 56553. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps).

Lokasi obyek wisata alam Puncak Suroloyo memang mudah untuk dijangkau dan mudah di capai. Namun Lokasi Puncak Suroloyo ini cukup jauh dari pusat kota Jogja.

Rute Puncak Suroloyo Kulon Progo

Jarak dari pusat Kota Jogja untuk sampai ke Puncak Suroloyo yang berada di Kabupaten Kulon Progo ini memang cukup jauh yaitu sekitar 35,6 Kilometer dan memerlukan waktu tempuh normal kendaraan roda dua dari pusat Kota Jogja menuju Puncak Suroloyo kurang lebih sekitar 1 jam lebih 10 menit. Rute untuk menuju obyek wisata alam Puncak Suroloyo Jogja memang mudah dijangkau. Jalan yang dilalui juga sudah lumayan layak untuk dilewati, tetapi ada sebagian jalan yang memang cukup terjal. 

Jika Anda dari pusat Kota Jogja langsung menuju ke arah barat saja melewati jl kh ahmad dahlan, lalu lurus terus sampai melewati jl r.e. martadinata kemudian lurus terus melewati jl wates sampai di perempatan langsung menuju ke utara melewati jl siliwangi lurus terus, sesampainya di perempatan belok ke barat melewati jl godean dan lurus terus, sampai menemukan perempatan lagi belok ke utara melewati jl gedongan-tempel.

Sesampainya di pertigaan belok ke arah barat melewati jl daratan 3, ikuti jalan tersebut sampai melewati jl raya banjararum dan sesampainya di perempatan belok ke arah kanan, lalu sampai pertigaan belok ke kiri melewati jl kepiton lurus terus dan ikuti jalan melalui jl samigaluh boro, ikuti jalan tersebut hingga sampai melewati jl suroloyo, maka Anda akan sampai ke tempat wisata alam Puncak Suroloyo Jogja.

Tiket Masuk Puncak Suroloyo Kulon Progo

Untuk bisa menikmati keindahn pemandangan yang disajikan tempat wisata ini wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Mengenai tiket masuk dari puncak suroloyo terbilang cukup murah dan terjangkau. Harga tiket masuk atau HTM Puncak Suroloyo akan dikenakan biaya Rp 2.000 per orang. Dengan harga tersebut wisatawan dapat menikmati dan melihat pemanangan indah yang ada di tempat wisata ini.

Selain itu, Anda juga dapat menyewa jasa ojek rute dari pertigaan Bendo untuk pulang pergi, Anda akan dikenakan biaya sewa ojek dengan membayar sebesar Rp. 50.000. Sedangkan harga tiket parkir untuk kendaraan pribadi roda dua dikenakan biaya Rp. 2000 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Galeri Foto Puncak Suroloyo Kulon Progo

Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Kulon Progo
Puncak Suroloyo Kulon Progo 

Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja
Puncak Suroloyo Kulon Progo Jogja

Lokasi Puncak Suroloyo
Lokasi Puncak Suroloyo

Tiket Masuk Puncak Suroloyo
Tiket Masuk Puncak Suroloyo

Suroloyo
Suroloyo

Spot Foto Puncak Suroloyo
Spot Foto Puncak Suroloyo

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel