7 Pantai Pasir Putih Gunung Kidul Jogja, Nomor 4 Keren Abis

7 Pantai Pasir Putih Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Gunung Kidul yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang terkenal dengan pantai pasir putihnya. Tak hanya Bali saja yang mempunyai pasir putih dan sudah tidak asing lagi bagi para traveler, Gunung Kidul pun memiliki pantai berpasir putih yang tidak kalah menarik. Wisatawan yang datang tidak hanya wisatawan lokal saja namun juga wisatawan asing. Pada saat akhir pekan atau liburan tiba, memang pantai ini sangat ramai sekali bahkan jalannya macet.

Memang pantai di Gunung Kidul tidak usah diragukan lagi mengenai keindahannya. Nah berikut ini merupakan beberapa Pantai Pasir Putih Gunung Kidul yang wajib Anda kunjungi :

1. Pantai Baron

Pantai Baron Gunung Kidul
Pantai Baron Gunung Kidul

Yang pertama adalah Pantai Baron, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah sekali karena di samping kanan dan kirinya di kelilingi bebukitan yang hijau. Pasir di pantai baron ini berwarna putih kecoklatan dan airnya yang berwarna biru muda sehingga kelihatan jernih sekali membuat pantai ini semakin kelihatan sempurna pemandanganya. Di pantai baron ini juga terdapat beberapa kapal nelayan yang bersabdar di tepi pantai yang menambah membuat pantai ini semakin cantik.

Awal mula di namai pantai baron ini karena dulunya ada seseorang dari Belanda yang bernama Baron Skeber.  Baron Skeber mendaratkan kapalnya di pantai selatan tersebut yang akhirnya kini di namai dengan sebutan Pantai Baron.

Objek wisata pantai baron merupakan pantai yang berupa cekungan. Seperti pantai pantai lainnya, di pantai baron ini juga tersedia aneka ikan laut beserta olahannya di antaranya aneka ikan tersebut yaitu kebanyakan di jual di pantai baron ini adalah udang windu, ikan kakap, ikan bawal putih dan ikan tongkol.

Keunikan di pantai baron ini yaitu dengan adanya sungai bawah tanah yang mengalir dari hulu pegunungan ke hilir pantai hingga membentuk sebuah sungai. Meskipun air tersebut bersentuhan dengan air laut namun rasa airnya tawar. Pengunjung yang tidak berani mandi atau berenang di area pantai tersebut bisa mandi atau berenang di aliran sungai tersebut karena kedalaman sungainya tidak dalam. Untuk lebih jelasnya mengenai tempat dan harga tiket maupun fasilitasnya yukk kita simak berikut ini.

Baca lebih lanjut : Harga Tiket Masuk dan Lokasi Pantai Baron Yogyakarta

2. Pantai Slili 

Pantai Slili Gunung Kidul
Pantai Slili Gunung Kidul

Selanjutnya yaitu Pantai Slili, pantai ini memiliki daya tarik snorkeling karena dekat dengan pantai Sadranan maka pantai ini juga bisa dijadikan tempat untuk snorkeling. Peralatan sewa untuk snorkeling di pantai ini memang tidak begitu mahal. Dalam bersnorkeling di pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut.


Pantai Slili memiliki nama lain, yaitu Pantai Watu Lawang dan Slili Love. Disebut Pantai Watu Lawang karena di kawasan pantai yang terletak sekitar 500 meter dari Pantai Sundak, adalah sebuah pulau kecil yang biasanya disebut bukit karang di bagian bawahnya, lubangnya berbentuk seperti gerbang.

Meskipun nama Slili Love diberikan karena di pantai ini memiliki hiasan yang terbentuk dari bunga plastik berbentuk hati yang melambangkan cinta di tengahnya yang tertulis Pantai Slili. Dekorasi ini biasanya menjadi tempat untuk foto pengunjung. Di pantai ini, ada juga pohon sakura yang umumnya dijadikan spot foto.

Baca lebih lanjut : Harga Tiket Masuk Pantai Slili Gunung Kidul Jogja 

3. Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe Gunung Kidul
Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Pantai ini bernama Pantai Ngrawe yang merupakan pantai "baru" di Gunungkidul. Setelah Pantai Timang yang fenomenal, wisatawan kini harus siap untuk terpesona dengan keberadaan pantai ngrawe ini. Keberadaan pantai ini tentu bukan hal baru. Sudah lama. Hanya saja, pengelolaan yang baru kini siap diramaikan para wisatawan.

Pantai Ngrawe menambah koleksi pantai-pantai indah dan tentunya menarik wisatawan di kawasan Gunungkidul. Keindahan lanskap pantai ini juga telah menyebar ke berbagai media sosial, yang tentunya telah membuat banyak wisatawan dari luar wilayah ingin tahu tentang keindahan pantai Gunungkidul yang baru ini.

Baca lebih lanjut : Tiket Masuk, Lokasi, Rute dan Fasilitas Pantai Ngrawe Gunung Kidul Terbaru


4. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul adalah pantai yang memiliki pasir putih berseih yang lembut dengan menyajikan pemandangan alam yang masih alami dan memiliki ombak pantai yang tidak terlalu besar. Pantai ini dibandingkan dengan pantai - pantai lainnya di gunung kidul seperti pantai baron masih panjang pantai pok tunggal, selain itu pantai ini diapit oleh dua bukit yang bisa dinaiki oleh para wisatawan. Dua bukit yang mengapit pantai ini diantaranya yaitu bukit tirta pok tunggal asri yang berada di sebelah barat dan bukit ponjong yang berada di sebelah timur.

Nama Pok Tunggal sendiri diambil dari sebuah pohon yang berada di pantai ini bernama pohon duras yang hidup di pinggir pantai pok tunggal. Pohon Duras ini hanya tumbuh satu pohon saja, maka dari itu pantai ini diberi nama pok tunggal. Masyarakat setempat yang juga merangkap menjadi pengelola sangat menjaga kebersihan pantai pok tunggal ini dari sampah, masyarakat setempat juga tidak segan-segan memberikan sanksi kepada wisatawan yang membuang sampah sembarangan di pantai ini dengan denda sebesar Rp 10.000. 

Objek wisata lainnya yang berada di pantai pok tunggal yaitu adalah aliran sungai bawah tanah, aliran sungai ini mempunyai air tawar dan tidak tercampur dengan air laut sedikitpun. Sungai ini juga menjadi sumber mata air utama yang menghidupi masyarakat di sekitar pantai ini.Di pantai ini wisatawan juga bisa Diving dan Snorekeling, Pantai ini memiliki ombak cukup tenang sehingga wisatawan tidak perlu khawatir untuk bermain air di pesisir Pantai Pok Tunggal. Tetapi pengunjung disarankan untuk membawa peralatan sendiri dari rumah jika ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling ini. 

Tak hanya itu saja, wisatawan juga dapat berfoto selfie di spot spot foto yang telah disediakan oleh pengelola dan juga bisa berfoto selfie di semua area pantai pok tunggal ini. Wisatawan juga dapat merasakan bermalam di pantai ini dengan Camping. Karena tempat ini sudah tersedia area untuk camping. Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta ini.


5. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Kali ini kita akan membahas mengenai Pantai Indrayanti yang memiliki pasir putih yang berada di Gunung Kidul, pantai ini saat musim liburan selalu padat di datangi wisatawan dari seluruh Indonesia loh tak hanya wisatawan dari Jogja saja dan bahkan juga banyak wisatawan dari berbagai negara.

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang terletak di Gunung Kidul Yogyakarta dengan ombak yang cukup tenang sehinga wisatawan dapat berenang atau bermain air di pantai ini namun harus tetap mematuhi aturan yang ada ya. Pantai ini sangat mirip dengan pantai-pantai yang berada di bali. Pantai Indrayanti terletak sederet dengan pantai Baron, Krakal, Kukup, Sepanjag dan lain sebagainya. Para wisatawan yang datang ke Pantai Gunung Kidul hanya membayar Tiket Masuk satu kali saja dan bisa menikmati semua pantai yang berada di Gunung Kidul loh.

Baca lebih lanjut : Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta 

6. Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul
Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul

Nama Pantai Wediombo memiliki arti tersendiri taitu kata "wedi" memiliki arti pasir sedangkan kata "ombo" membiliki arti lebar atau luas. Apabila diartikan yaitu sebuah pantai dengan hamparan pasir yang luas. Panti Wediombo merupakan pantai yang sangat indah pemandangannya karena di sekelilingnya terdapat bebukitan yang hijau, pasirnya yang putih, serta lautannya yang berwarna biru. pantai ini terletak paling ujung di antara pantai-pantai yang lainnya yang berada di Gunung Kidul. Wisatawan dapat menempuh sekitar 2,5 jam untuk bisa sampai di Pantai Wediombo ini.


7. Pantai Drini

Pantai Drini Gunung Kidul
Pantai Drini Gunung Kidul

Yang terakhir yaitu Panti Drini, pantai ini merupakan pantai yang sangat indah pemandangannya karena di sekelilingnya terdapat bebukitan yang hijau, pasirnya yang putih, serta lautannya yang berwarna biru.Pantai yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri di bandingkan dengan pantai-pantai yang berada di gunung kidul lainnya yaitu dengan adanya Pulau Kecil yang berada di sebelah selatan dari Pantai Drini ini. Lokasi pulau tersebut tidak jauh dari pantai drini sehingga dapat di jangkau dan di kunjungi oleh wisatawan dengan menaiki tangga untuk melihat pulau kecil tersebut dari atasnya. 

Pantai drini ini letaknya dihapit oleh 2 bukit dari sisi timur dan sisi barat yang membuat pantai ini semakin indah pemandangannya. Di pinggir pantai ini juga terdapat Gazebo serta tempat penyewaan kano untuk bermain di tepi pantai ini.Wisatawan yang datang ke tempat wisata pantai drini ini akan puas karena banyak hal atau aktivitas yang bisadilakukan serta fasilitas tempat ini sudah mendukung.


Nah itu tadi mengenai beberapa pantai pasir putih di daerah Gunung Kidul Jogja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel