Candi Ratu Boko Jogja - Tiket Masuk dan Lokasi Terbaru

Candi Ratu Boko Jogja - Kota Jogja memang terkenal dengan wisatanya. di Kota Gudeng ini banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, bahkan ada tempat wisata yang populer mendunia salah satunya yaitu Candi Prambanan. Memang candi ini sudah sangat melegenda sekali. Selain candi prambanan, di kota ini juga terdapat candi yang sangat menarik untuk dikunjungi yang akan kita bahas kali ini bernama Candi Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko.


Candi Ratu Boko Jogja

Nama dari "Ratu Baka" berasal dari cerita legenda masyarakat setempat. Ratu Baka sendiri memiliki arti harfiah sebagai "Raja Bangau". Raja Bangau merupakan ayah dari Roro Jongrang, yang merupakan nama dari candi utama di kompleks Candi Prambanan yang juga dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Roro Jongrang. 

Keraton atau Candi Ratu Boko memiliki kompleks yang cukup luas kurang lebih sekitar 25 hektare. Bagi Anda yang tertarik mengenai informasi dari candi ini bisa melihat atau membacanya di papan informasi yang berada di dekat gerbang pintu masuk. Memang lokasi dari candi ini berada sedikit di atas bukit, jadi kita jika ingin menuju ke tempat ini harus melewati puluhan anak tangga. Namun tak usah kuatir jika Anda merasa kelelahan bisa istirahat di kursi sepanjang anak tangga ini yang sudah tersedia.

Kompleks Candi Ratu Boko ini letaknya juga tidak jauh dari Candi Prambanan yang hanya berjarak kurang lebih sekitar 3 km. Dibalik sejarah dan cerita legenda yang ada, Ratu Boko ini memiliki keindahan yang tidak dimiliki situs-situs sejarah lainnya yang berada di Jogja, mulai dari gerbang pintu masuk yang sangat ikonik, hamparan rumput yang hijau luas, gua, tapak tilas pendopo bahkan hingga keputren yang berisi beberapa kolam unik.

Pada saat sore hari keindahan dari tempat wisata candi ratu boko ini memuncak. Karena Anda akan disuguhkan dengan pemandangan keindahan alam cantik yang sangat luar biasa. Anda dapat melihat sunset atau matahari terbit yang sangat indah dan pas di tempat wisata ini. Karena memang candi ratu boko merupakan salah satu tempat melihat sunset yang indah di Jogja. 

Dengan pemandangan sunset yang cantik dan suasana Ratu Boko yang indah, hangat dan nyaman tentu akan memunculkan suasana romantis yang tidak dimiliki tempat-tempat wisata lainnya, maka tak heran banyak psangan yang sengaja mengunjungi Candi Ratu Boko untuk sekedar menikmati suasana romantis candi ini. Harga tiket masuk candi ratu boko cukup terjangkau serta fasilitas yang ada sudah cukup lengkap.

Hal apa yang bisa dilakukan di Candi Ratu Boko?

Sesampainya di Candi Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko ini anda akan melihat gapura pintu masuk yang masih berdiri kokoh. Memang kompleks ratu boko ini hanya memiliki sedikit bangunan candi utuh yang tersisa. Di bagian tengah kompleks candi ini terdapat kolam pemandian, lapangan, paseban dan candi pembakaran. Memang suasana di candi ini sangat sejuk dan masih asri dengan banyaknya pepohonan hijau serta gazebo yang berada di area candi ratu boko ini.

Di salah satu bagian dari Candi Ratu Boko ini. Jika Anda menghadap ke arah utara, kalian akan melihat pemandangan cantik berupa Kota Jogja dan juga bisa melihat megahnya Candi Prambanan dan Gunung Merapi yang terlihat begitu jelas. Pada saat sore hari Anda akan disajikan dengan pemandangan cantik berupa Sunset atau matahari terbit. Momen ini dapat Anda abadikan dengan berfoto selfie. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen ini dengan berfoto selfie di gapura candi yang dijadikan sebagai latarnya.

Fasilitas Candi Ratu Boko

Mengenai fasilitas yang ada di tempat wisata berupa candi ini sudah cukup lengkap yang tentunya akan menambah daya tarik wisatawan. Berikut merupakan beberapa fasilitas yang berada di Candi Ratu Boko :
  • Mushola
  • Papan informasi
  • Souvenir Shop
  • Restoran
  • Gazebo
  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet

Lokasi Candi Ratu Boko

Lokasi dari Candi atau Keraton Ratu Boko ini berada tak jauh dari lokasi Candi Prambanan. Alamat candi ratu boko berada di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps).

Memang secara keseluruhan lokasi dari candi ini sudah sangat baik dalam segi aksebilitas dan keadaan jalannya. Letaknya yang berada di dekat Candi Prambanan tentu akan mudah untuk dijangkau. Namun sebelum sampai di lokasi ini Anda akan melewati jalan perkampungan yang agak sempit dan menanjak. Mengenai Jam Buka Candi Ratu Boko buka pukul 06.00 -17.00 WIB pada setiap harinya.

Rute Candi Ratu Boko

Jarak dari Kota Jogja ke Candi atau Keraton Ratu Boko kurang lebih sekitar 16 KM dan memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Ratu Boko kurang lebih sekitar 35 menit.

Sedangkan rute untuk menuju ke Ratu Boko dapat diakses melewati lewat jalan Laksda Adisutjipto dan jalan Raya Solo – Yogya menuju ke arah timur. Di persimpangan Pasar Prambanan ambil jalan ke arah kanan yang menuju ke arah jalan Prambanan – Piyungan. 

Kurang lebih sekitar 3 km dari persimpangan tersebut akan ada penunjuk jalan menuju ke arah Kraton Ratu Boko yang terletak di bukit di sebelah kiri. Rute untuk menuju ke Candi Ratu Boko lainnya dapat Anda tempuh melalui arah selatan atau melalui arah Piyungan.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Sebelum menikmati keindahan dari Candi Ratu Boko ini wisatawan diwajibkan untuk membel tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk atau HTM Candi Ratu Boko adalah sebagai berikut :
Tiket Masuk  Harga
Tiket Wisatawan Lokal  Rp 40.000
Tiket Wisatawan Asing  Rp 339.000 / 25 USD
Parkir Sepeda Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Harga tiket masuk diatas sewaktu-waktu bisa berubah. Jika ada perubahan mengenai harga maupun daftar tiket masuk kami akan segera update data tersebut.

Galeri Foto Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Jogja
Candi Ratu Boko Jogja

Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja
Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja

Keraton Ratu Boko Jogja
Keraton Ratu Boko Jogja

Spot Foto Candi Ratu Boko
Spot Foto Candi Ratu Boko

Sunset di Candi Ratu Boko
Sunset di Candi Ratu Boko


Nah itu tadi mengenai salah satu tempat wisata menarik di jogja yaitu Candi Ratu Boko. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel