Menikmati Keindahan Candi Ijo Jogja yang Sangat Eksois dan Romantis

Menikmati Keindahan Candi Ijo Jogja yang Sangat Eksois - Jogja memang menyimpan banyak sekali cerita di dalamnya. Terutama penggalan kisah sejarah yang menyelimuti mantan ibu kota Indonesia di zaman kemerdekaan ini. Bagi yang kerap mengunjungi atau tinggal di Yogyakarta, tentu tidak asing lagi dengan kawasan wisata sejarah yang bisa Anda ditemukan di sini. Salah satunya yaitu berupa candi. Di Jogja sendii terdapat kawasan wisata candi yang memang bisa dibilang tidak sedikit dan memberikan warna tersendiri.

Di sini para wisatawan bisa menemukan berbagai candi diantaranya yaitu Candi Prambanan, Borobudur hingga Ratu Boko yang sangat terkenal di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Akan tetapi ada beberapa candi di Jogja ini yang memiliki pesona tersendiri dan juga cerita sejarah yang melekat serta berhubungan erat dengan perkembangan budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya adalah Candi Ijo yang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri.
Candi Ijo Jogja
Candi Ijo Jogja

Yogyakarta sendiri merupakan salah satu daerah tujuan wisata nomor 2 setelah Bali, hal tersebut tentu saja dikarenakan banyaknya destinasi wisata yang sangat indah dan beragam yaang mampu menarik perhatian para wisatawan mulai dari alam, sejarah, budaya hingga wisata religi ada di Kota Jogja ini. Candi Ijo yang akan admin bahas kali ini terletak di sebuah puncak perbukitan yang berada di sebelah timur kota Jogja diperkirakan dengan ketinggian kuraang lebih sekitar 375 meter di atas permukaan laut. Candi Ijo kini merupakan salah satu destinasi wisata candi favorit dan banyak diunjungi oleh wisatawan di Jogja.

Dengan letaknya yang berada di atas perbukitan yang tinggi dan berada di sebelah timur dari kota Jogja, Candi Ijo memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang tidak dimiliki oleh candi-candi lain di Jogja, daya tarik tersebut adalah jika anda berkunjung ke Candi Ijo akan dapat melihat pemandangan atau panorama kota Jogja dari atas ketinggian yang sangat indah, bahkan anda akan dapat melihat landasan pacu bandara Adisucipto dengan pesawat yang sedang take-off maupun yang sedang landing, maka dari itu Candi Ijo saat ini bisa dikatakan merupakan destinasi candi favorit di Jogja.

Tidak berhenti hanya disitu saja, daya tarik Candi Ijo yang lainnya selain bangunan candi yang gagah dan pemandangan alamnya yang indah, dari sini anda dapat berburu sunset atau matahari terbenam yang sangat eksotis. Memang Candi Ijo Temple adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di Kota Jogja. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan datang hanya untuk berburu sunset atau matahari terbenam dari Candi Ijo.

Candi Ijo ini letaknya tidak jauh dari destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik di Jogja yaitu adalah Tebing Breksi yang hanya berjarak kurang lebih sekitar 500 meter di sebelah barat candi, selain itu juga terdapat Candi Barong, Candi Ratu Boko, Candi Banyunibo dan Candi Prambanan yang masih dapat dikatakan berdekatan dengan lokasi Candi Ijo Jogja ini. Mengenai tiket masuk candi ijo bisa dikatakan cukup murah dan terjangkau.

Sejarah Candi Ijo Jogja

Nama dari Candi Ijo ini sendiri diambil dari nama daerah dimana candi ini ditemukan pertama kalinya. Candi ini berada di daerah Ijo yang terletak di dusun Groyokan, kelurahan Sambirejo Jogja. Minimnya informasi mengenai nama dari candi tersebut membuat masyarakat dan juga para arkeolog memberikan nama dengan sebutan sesuai nama daerah ditemukannya candi ini.

Selain dari nama daerah, nama ijo juga diambil dari nama yang terdapat di dalam sejarah prasasti Poh yang berasal dari 906 Masehi. Di dalam prasasti yang terdapat di kawasan wisata Candi Ijo Jogja ini, diceritakan ada masyarakat yang berasal dari desa Ijo yang kala itu menghadiri upacara keagamaan. Oleh sebab itu diberi nama Ijo dari tempat wisata tersebut.

Kompleks Candi Ijo memiliki pola atau arsitektur yang sedikit berbeda dibanding candi peninggalan Hindu lainnya yang berada di Jogja ini. Menurut sejarah candi ini memiliki bentuk dengan pusatnya menuju atau menghadap ke arah Timur. Berbeda dengan rata-rata kompleks percandian seperti halnya Candi Prambanan atau juga candi Sewu. Konon hal ini dulunya dipengaruhi dengan adanya konsep penataan ruang yang memiliki sifat kosmis yang dipercayai bahwa pusat yang berbentuk puncak gunung maru ini merupakan tempat tinggal para Dewa yang ada di dalam agama Hindu.

Di kawasan wisata Candi Ijo ini, pola yang meninggi yang bercondong ke belakang seperti yang diperlihatkan di kawasan wisata Candi Ijo Sleman ini merupakan keunikan tersendiri. Pasalnya pola seperti yang dipertunjukkan oleh Candi Ijo ini lazim dijumpai di daerah Jawa Timur. Di Jawa Timur rata-rata candi memiliki pola yang meninggi condong ke bagian belakang.

Objek wista candi ijo ini meski berbeda bentuk arsitekturnya, akan tetapi memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan para dewa yang mencerminkan bentuk karya arsitektur dan juga seni rupa yang menjadi ciri khas di abad ke-9 Masehi hingga abad ke-10 Masehi. Didalam candi-candi tersebut tentu saja para wisatawan bisa melihat adanya beberapa arca-arca dewa yang memiliki nilai seni yang tentu sangat tinggi. Dan menjadi tempat pemujaan bagi masyarakat pada masa tersebut.

Bahkan kitab India kuno menyatakan bahwa pemilihan Candi Ijo di kawasan wisata tersebut dan juga perletakan arca atau status dari candi ini memiliki peran yang tentu sangat penting. Dan pemilihan area candi atau kuil ini sendiri ternyata sangat penting dan sakral. Bahkan lebih penting daripada isi dari candi itu sendiri seperti prasasti atau arca yang ada di tempat ini. Hal itu berhubungan dengan lahan yang subur atau adanya sumber mata air di sekitar kawasan tersebut.

Fasilitas Candi Ijo Jogja

Fasilitas yang ada di destinasi wisata candi ijo temple ini memang bisa dibilang sudah cukup lengkap meskipun masih ada beberap fasilitas yang haarus ditingkatkan untuk menunjang para wisatawan. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini diantaranya yaitu:
  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Papan informasi Sejarah Candi
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi Candi Ijo Jogja

Lokasi Candi Ijo sendiri berada di atas perbukitan di sebelah timur dari kota Jogja yang berbatasan langsung dengan kota Klaten Jawa Tengah membuat jaraknya dengan pusat kota Jogja memang sedikit lumayan jauh, namun demikian jika Anda sengaja untuk datang ke Candi Ijo Sleman ini dijamin Anda tidak akan menyesal menempuh perjalanan panjang untuk melihat keindahan yang ada di tempat wisata ini.

Mengenai alamat dari Candi Ijo berada di Kikis, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat di Google Maps berikut ini(GoogleMaps). Mengenai jam buka candi ijo buka pada pukul 08.00 - 17.00 pada setiap harinya.

Rute Candi Ijo Jogja

Jarak dari Kota Jogja ke Candi Ijo kurang lebih sekitar 19 KM dan memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi Ijo kurang lebih sekitar 50 menit. Lokasi dari candi ini memang berada di atas perbukitan.

Dengan lokasinya yang berada di atas perbukitan membuat rute menuju Candi Ijo bisa dikatan lumayan menantang adrenalin terlebih saat sudah mulai memasuki Desa Sambirejo. Jalan yang akan anda lewati sebagian besar adalah jalan tanjakan yang sedikit curam dibeberapa titik, maka dari itu sangat dianjurkan untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan anda sebelum menuju Candi Ijo ini. 

Utnuk keadaan jalannya saat ini sudah cukup baik meskipun dibeberapa titik masih terdapat jalan bergelombang dan berlubang. Maka dari itu wisatawan harus berhati-hati jika melewatinya.

Rute menuju Candi Ijo dapat Anda ditempuh dari Pusat Kota Jogja, untuk rute dari Kota Jogja, Anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Solo hingga pertigaan Candi Prambanan lalu anda belok ke arah kanan atau menuju ke timur memasuki Jalan Prambanan-Piyungan hingga menjumpai papan nama penunjuk jalan bertuliskan Candi Ijo, lalu anda belok kiri terus ikuti jalan dan mulai di titik ini jalanan sudah mulai menanjak hingga sampai di Kawasan Candi Ijo.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo Jogja

Mengenai harga tiket masuk Candi Ijo ini bisa dibilang cukup murah dan terjangkau. Seblum bisa memasuki kawasan candi ijo serta menikmati keindahan yang ada, wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk harga parkir kendaraan di Candi Ijo, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Galeri Foto Candi Ijo Jogja

Destinasi Wisata Candi Ijo Jogja
Destinasi Wisata Candi Ijo Jogja

Candi Ijo Temple
Candi Ijo Temple

Lokasi Candi Ijo
Lokasi Candi Ijo

Tiket Masuk Candi Ijo
Tiket Masuk Candi Ijo

Spot Foto Candi Ijo
Spot Foto Candi Ijo

Candi Ijo Sleman
Candi Ijo Sleman

Candi Yogyakarta
Candi Yogyakarta

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Candi Ijo yang berada di Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel