Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip Tuban Terbaru 2023

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip Tuban- Jawa Timur kini rupanya memiliki air terjun yang mempunyai keindahan mempesona, tepatnya berada di Tuban. Air terjun ini benama Air Terjun Nglirip. Dengan pemandangan alam yang disuguhkan di sekitar air terjun ini yang hijau dan juga segar tentunya akan menjadikan air terjun nglirip menjadi alternatif wisata di Kota Tuban.

Air terjun nglirip tuban memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 25 - 30 meter yang memiliki kecantikan unik dan sangat mempesona. Air dari air terjun ini berwarna hijau tosca dimana sumber airnya berasal dari hutan Karawak. Memang air terjun ini terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan air terjun lainnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip Tuban

Air terjun ini memang merupakan air terjun yang sangat indah, selain banyak pepohonan yang hijau di sekitar lokasi wisata ditambah dengan suasana alam yang sejuk khas pegunungan, tentunya semakin menambah nilai keindahan alam tersendiri. Pastinya pengunjung akan merasa betah berlama-lama di tempat air terjun nglirip tuban.

Ketika musim kemarau tiba memang debit air di air terjun nglirip menurun. Walaupun terjadi penurunan debit air. Menurut pendapat atau penuturan warga setempat, keindahan air terjun nglirip malah semakin maksimal ketika memasuki musim kemarau. Hal ini karena terjun berwarna hijau tosca dan airnya sangat jernih berwarna kebiruan yang membuat pemandangan semakin indah tentunya.

Mengenai harga tiket masuk atau HTM Air Terjun Nglirip Tuban bisa dibilang cukup murah dan tentunya bisa terjangkau bagi semua kalagan serta fasilitas yang ada di tempat wisata air terjun tuban ini sangat memadai. Berlibur di tempat wisata air terjun tuban tentu tidak lengkap rasanya jika tidak bersama orang yang kita sayang seperti keluarga maupun sahabat karena bisa menambah keseruan liburan Kita.

Mitos atau Legenda Air Terjun Nglirip

Memang di Air Terjun Nglirip Tuban ini memiliki sebuah mitos. Bagi setiap pasangan kekasih yang sedang berpacaran di area air terjun nglirip ini akan putus atau tidak berhubungan lagi kurang dari 40 hari. Atau bahkan pasangan calon pengantin yang nekat bercumbu di area air terjun nglirip biasanya hubungannya akan bubar. Hal ini memang sudah menjadi mitos yang tersebar di kalangan masyarakat tuban.

Hal ini bermula dari mitos masyarakat di sekitar air terjun nglirip. Kono pada zaman dahulu terdapat sepasang kekasih yang berbeda kasta atau golongan, yaitu sang pria adalah seorang keturunan orang kaya atau bangsawan sedangkan sang gadis adalah seorang gadis desa dari putri pasangan petani.

Dahulu pasangan yang sedang jatuh cinta antara keduanya yang berbeda golongan ini tidak di restui oleh orang tua sang pria. Khawatir akan memalukan keluaga besar bangsawan karena anaknya tersebut tidak mematuhi perkataan ayahnya, maka sang ayah tersebut untuk memerintahkan pengawalnya membunuh anaknya tersebut.

Akhirnya sang gadis sangat sedih sekali dan tidak menyangka bahwa sang pria yang dicintainya telah tiada. Karena rasa kesedihannya yang mendalam tersebut, kemudian sang gadis bersemedi di dalam goa tersembunyi yang ada di air Terjun Nglirip Tuban ini. Sang gadis ini akhirnya bersemedi di balik air terjun nglirip ini sampai akhir hayatnya. Dan konon katanya arwah gadis itu membawa kutukan di air terjun nglirip yang sampai saat ini masih menjadi mitos atau legenda. Warga sekitar menyebutnya Air Terjun Putri Nglirip.


Lokasi dan Rute Air Terjun Tuban 


Mnegenai lokasi Air Terjun Nglirip berada di Kota Tuban Provinsi Jawa Timur yang lebih tepatnya beralamat di Jojogan, Mulyoagung, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62361. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat peta lokasi tersebut di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). Jarak air terjun ini dari kota tuban kurang lebih sekitar 33 kilometer dan memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit.



Untuk Rute agar bisa mencapai air terjun nglirip tuban , bagi wisatawan yang tidak menggunakan mobil sendiri bisa menggunakan angkutan umum angkot. Terdapat 2 rute untuk menuju ke air terjun nglirip tuban, yang pertama adalah Rute Montong. Anda bisa menggunakan angkot  dari terminal Tuban menuju ke  Montong, lalu lanjut  menuju ke daerah jojogan. air terjun nglirip ini berada di  antara jalur Montong dan jalur Jojogan.

Rute kedua yaitu melewati Rute Singgahan. Wisatwan dapat menaiki angkutan umum mulai dari terminal Tuban, lalu bisa menggunakan bus ke Jatirogo, bus ini nanti nya akan berhenti  di terminal Bojonegoro yang langsung menuju ke daerah Jatirogo. Setelah itu wisatawan dapat turun di pertigaan warung anjlok, Jojogan. Dari pertigaan itu air terjun nglirip sudah tidak jauh lagi kurang lebih sekitar 1 km saja.


Fasilitas Air Terjun Nglirip

Dibalik legenda atau mitos yang menyelimuti Air Terjun Nglirip Tubah ini sebenarnya memiliki keindahan alam yang sangat indah. Memang fasilitas utama yang terdapat di air terjun tuban adalah keindahan alamnya. Pengunjung yang suka sekali dengan berswafoto, tempat wisata ini sudah menyediakan berbagai spot untuk berfoto yang tentunya Instagramble. Air terjun nglirip ini juga dapat dijadikan sebagai background foto kalian yang tentunya sangat bagus dan cantik.

Fasilitas umum lainnya yang tersedia di tempat wisataini yaitu tempat parkir, toilet, kamar mandi, mushola, tempat nongkrong, warung dan masih banyak lagi lainnya. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini tidak sebanding dengan tiket masuk air tejun nglirip yang bisa dibilinag cukup murah. Tentunya pengunjung akan sangat menikmati berlibur di air terjun nglirip tuban.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Nglirip

Untuk bisa menikmati keindahan dan juga keseruan berlibur di Air Terjun Nglirip Tuban tentuna pengunjung wajib membeli tiket mauk dahulu. Mengenai tiket masuk yang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini cukup murah. Berikut merupakan HTM Air Terjun Nglirip Tuban :
Tiket Masuk  Harga
Tiket Air Terjun Nglirip  Rp 5.000
Parkir Sepeda Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Harga tiket masuk air terjun nglirip diatas sewaktu-waktu bisa beubah. Jika ada perubahan Kami akan segera update harga tersebut.

Galeri Foto Air Terjun Nglirip

Keindahan Air Terjun Nglirip Tuban
Keindahan Air Terjun Nglirip Tuban

Spot Foto Air Terjun Nglirip Tuban
Spot Foto Air Terjun Nglirip Tuban

Legenda atau Mitos Air Terjun Putri Nglirip
Legenda atau Mitos Air Terjun Putri Nglirip

Tempat Wisata Jawa Timur
Tempat Wisata Jawa Timur

Lokasi Air Terjun Nglirip Tuban
Lokasi Air Terjun Nglirip Tuban

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Air Terjun Nglirip Tuban. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel