5 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Jogja yang Lagi Hits Banyak Dikunjundi dan Terbaru

5 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Jogja - Jogja memang sudah terkenal sampai ke berbagai penjuru dunia. Memang kota ini benar-benar Istimewa seperti nama daerahnya. Yang paling teringat dengan kota jogja yaitu adalah kota gudeg. Tempat ini memang sangat menarik perhatian para pelacong di berbagai daerah untuk ingin selalu kembali ke Jogja. Apalagi ditambah lagi dengan reputasi Kota Jogja yang kaya jajanan yang ringan di kantong, acara untuk jalan-jalan makin asyik tentunya.

Tempat wisata kuliner di Jogja ini memang juaranya. Tentunya wisata kuliner yang ada di tempat ini akan membuat liburan Anda lebih berkesan dan menyenangkan. Jika Anda pergi ke jogja jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata kuliner Jogja berikut ini :

1. Gudeg Yu Djum

Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Jogja
Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Jogja

Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum adalah satu dari ratusan tempat makan gudeg yang ada di Jogja. Gudeg merupakan masakan kuliner asli jogja berupa sayur nangka muda (Gori) dan telah dimasak beberapa hari hingga kuah habis menguap. Gudeg Yu Djum ini pada mulanya hanya sebuah tempat menjual gudeg di trotoar yang berada di jalan wijilan (berada di timur alun-alun utara jogja) tapi karena kelezatan resep gudeg Yu Djum ini yang membuat pengemar kuliner tertarik dan balik ingin menikmatinya kembali, saat ini Gudeg Yu Djum telah menjadi tempat makan atau restoran besar dan memiliki banyak cabang di daerah jogja bahkan Anda bisa melakukan delivery order ke rumah dengan via telfon.


Berikut merupakan cabang alamat Tempat Makan atau Restoran Gudeg Yu Djum Jogja :
  1. Jl. Laksda Adisucipto KM. 9 No. 6A Jogja (dekat bandara adisucipto)
  2. Jl. Dagen No. 2C (Malioboro), Yogyakarta
  3. Jl. AM sangaji No.93 Monjali Yogyakarta (utara Hotel Tentrem)
  4. Jl. Wates km 12 kalakan, bantul
  5. Jl. Kaliurang Km 4,5 Yogyakarta (timur MM UGM) 
  6. Jl. Wijilan No.167 Yogyakarta (Timur alun alun utara)
  7. Jl. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Katon 2 Yogyakarta

Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum ini dihidangkan dengan ayam kampung yang dimasak dengan santan kental dan juga sambal krecek masak merah pedas. Resep Gudeg Yu Djum menjadikan kuliner ini benar-benar wajib Anda coba jika mengunjungi kota jogja. Gudeg ini memiliki cita rasa manis campur gurih ini. Harga menu Gudeg Yu Djum cukup ekonomis dan bisa dibilang cukup murah untuk makanan seenak gudek ini karena mulai dari Rp.19.000/porsi sudah termasuk nasi, Ayam suwir, gudeg, dan sambal krecek.

Berikut merupakan Harga Menu Makanan Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Jogja :
Menu   Harga
Telur Rp 15.000
Ayam Suwir Rp 19.000
Telur Tahu Rp 18.000
Telur Ayam Sawi  Rp 25.000
Sayap Rp 25.000
Telur Sayap Rp 33.000
Paha Ayam Rp 27.000
Telur Paha Rp 35.000
Ati Rempela Rp 25.000
Dada Rp 42.000
Paha atas Bahu Rp 42.000
Kendil Dada+Kepala+Sayap+Telur 4 Rp 150.000
Ayam 1/2 Ekor + Telur 7 Rp 230.000
Ayam 1 Ekor + Telur 4 Rp 275.000
Ayam 1 Ekor + Telur 7 Rp 340.000

Harga menu makana Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum diatas bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Jika ada perubahan kami akan segera Update harga tersebut.

2. Ingkung Mbah Kentol

Wisata Kuliner Ingkung Mbah Kentol Jogja
Wisata Kuliner Ingkung Mbah Kentol Jogja

Wisata kuliner yang satu ini bukan di pusat kota, tetapi di Kabupaten Bantul. Meskipun blusukan, Anda akan puas setelah mencoba masakan lezat yang ditawarkan di Wisata Kuliner Ingkung Mbah Kentol. Tidak hanya dimasak utuh dengan berbagai bumbu, ingkung disini dikemas dalam bentuk potongan bambu yang diikat dengan tali. Penyajian makanan ini memiliki filosofi persatuan dan kesatuan. Nah, soal rasa ayam, tentunya akan membuat Anda ketagihan. Tidak hanya empuk, tapi cita rasa gurihnya sampai ke bagian terdalam dari daging ayam ini. Untuk paketnya, Anda bisa makan bersama dengan empat hingga enam orang. Menyenangkan bukan?

3. Mie Lethek Mbah Mendes

Wisata Kuliner Mie Lethek Mbah Mendes Jogja
Wisata Kuliner Mie Lethek Mbah Mendes Jogja

Mbah Mendes memang kerap jadi tujuan utama para pencinta kuliner terutama mie lethek yang berada di Jogja. Di tempat ini ada pilihan mie lethek rebus, goreng dan mie plencing. Seporsi mie lethek ini berisi telur, seledri, irisan wortel, suwiran daging ayam daun bawang, kubis, dan tomat. Rasanya akan semakim enak dengan rendaman kaldu ayam kampung dan pelengkap acar mentimun serta cabai rawit. Tentu para pecinta kuliner akan tertarik dengan menu makanan mie lethek mbah mendes ini.

Mengenai lokasi atau alamat Mie Lethek Mbah Mendes yang ada di Jogja ini sebagai berikut :
  1. Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul
  2. Cabang: Jl Ring Road Utara, Maguwoharjo, Depok Sleman, Yogyakarta

4. Mangut Lele Mbah Marto

Wisata Kuliner Mangut Lele Mbah Marto Jogja
Wisata Kuliner Mangut Lele Mbah Marto Jogja

Lele Mangut memang merupakan kuliner khas dari Jawa Tengah yang juga banyak tersedia di beberapa daerah lain. Di Magelang, Semarang dan juga di Jogja. Berbicara mengenai  mangut lele yang sudah legendaris di Jogja, ada nama Mangut Lele Mbah Marto. Tempat kuliner Yogyakarta  yang satuini sudah beroperasi sejak tahun 1960-an.

Meskipun banyak tempat makan serupa yang sudah menawarkan mangut lele, Tempat makan milik Mbah Marto ini masih menjadi primadona oleh para pecinta kuliner. Bahkan, pelanggan rela mengantre hanya untuk menyantap satu porsi ikan lele dengan nasi panas.

Kediaman Mbah Marto, yang juga tokonya, terletak di Dusun Nggeneng, Sewon, Bantul, Jogja. Tepat di belakang kampus Institut Seni Indonesia (ISI) di Yogyakarta. Lokasinya bisa dibilang agak mblusuk atau tersembunyi dan tempat ini cukup sederhana. Meski begitu, tidak menghentikan niat orang yang datang untuk mencicipi makan mangut ikan lele yang dibuat oleh Mbah Marto.

Mengenai harga mangut lele mbah marto ini sekitar Rp 20.000. Untuk seporsi lele beserta nasi panas. Harganya mungkin sangat terjangkau untuk ukuran tempat kuliner legendaris di Jogja yang telah ada selama puluhan tahun. Jadi, rasa otentik dengan harga yang sangat ekonomis, Anda harus datang ke Warung Mangut Lele Mbah Marto yang berlokasi di Bantul.

5. Sate Klathak Pak Pong

Wisata Kuliner Sate Klathak Pak Pong Jogja
Wisata Kuliner Sate Klathak Pak Pong Jogja

Salah satu kuliner legendaris selain Mangut Lele Mbah Marto, yang tidak boleh dilewatkan jika mampir ke Jogja adalah Sate Klathak. Sekarang ini, sudah banyak pedagang yang menjual Sate Klathak, tetapi salah satu warung sate klathak yang paling terkenal dan populer di jogja yaitu adalah Sate Klathak Pak Pong. Warung sate ini berlokasi di Jl Stadion Sultan Agung, kalau Anda dari Jalan Imogiri Timur, terus saja sampai kilometer 7, lalu setelah Anda sampai di perempatan Pasar Jejeran, ambil ke arah barat, kira-kira jalan sekitar 500 meter dari perempatan tadi, warung ini berada di sebelah kanan jalan. Anda langsung bisa melihat orang membakar sate di pinggir jalan, kepulan asap harum dan menggoda selera menyebar kemana-mana.

Ketika mendengar kata Sate Klathak ini, jangan Anda bayangkan dengan daging kambing dengan siraman sambal kecap seperti sate umumnya. Sate Klathak sangatlah berbeda dan tentunya sangat unik. Sate Klathak terbuat terbuat dari daging kambing muda yang dipotong lalu ditusuk dengan ruji sepeda motor. Memang sangat jarang sekali tusuk sate menggunakan ruji motor.Penggunaan ruji sebagai tusuk sate ini dipercaya bisa mengantarkan panas lebih baik, sehingga daging bisa matang secara merata dan sempurna, luar dan dalam. Bumbu yang digunakan untuk membakarnya juga sangat sederhana, yaitu hanyalah garam dan merica. Kesederhanaan ini membuat rasa dagingnya muncul, sehingga rasa gurih alami sangat terasa pada sate ini, ditambah dengan keempukan daging kambing muda membuat sate klathak ini banyak diminati para pecinta kuliner.

Nah itu tadi mengenai 5 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Jogja yang Lagi Hits. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Terimakasih sudah berkunjung di Blog Kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel