Candi Sewu Yogyakarta - Lokasi dan Tiket Masuk Terbaru 2023

Candi Sewu Yogyakarta

Lokasi dan Tiket Masuk Candi Sewu Yogyakarta - Candi Sewu yang terletak di Yogyakarta ini merupakan candi Budha yang dibangun pada abad ke 8. Lokasinya yang berada dekat dengan Candi Prambanan, jaraknyakurang lebih hanya sekitar 800 meter disebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu ini juga memiliki nama lain yaitu dengan sebutan Candi Manjusrighra. Candi Sewu juga merupakan candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini. 

Namun usia dari Candi Sewu lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang sudah terkenal sampai ke penjuru dunia. Candi ini aslinya memiliki jumlah candi sebanyak 249 buah, tetapi masyarakat setempat menamai candi ini dengan sebutan “Sewu” yang memiliki arti seribu dalam bahasa Jawa. Nama tersebut diambil berdasarkan cerita legenda Roro Jonggrang. Di Candi Sewu ini wisatawan juga bisa menikmati sunsetnya matahari yang sangat indah.

Menurut sejarah nama asli dari candi ini adalah “Prasada Vajrasana Manjusrigha”. Prasada yang memiliki arti candi atau kui, Vajrajasana yang memiliki arti tempat Wajra (intan atau halilintar) bertahta, sedangkan Manjusri-grha yang memiliki arti Rumah Manjusri. Manjusri ini merupakan salah satu Boddhisatwa yang ada dalam ajaran Agama Budha. Candi Sewu dibangun pada akhir pemerintahan Rakai Panangkaran. Raja Panangkaran merupakan raja kerajaan dari Mataram Kuno pada masa pimpinan di tahun 746-784.

Candi Sewu mulai diperluas pada masa pemerintahan Rakai Pikatan yang merupakan seorang pangeran dari dinasti Sanjaya. Setelah kekuasaan dinasti Sanjaya, rakyatnya tetap masih menganut agama sebelumnya. Karena adanya Candi Sewu ini yang bercorak candi Budha dan berdekatan dengan candi prambanan yang bercorak agama Hindu menunjukan bahwa dulu di daerah Jawa ini agama Hindu dan Budha hidup secara harmonis dan toleransi antar agama. 

Candi Sewu ini dulu merupakan sebuah Candi Budha Kerajaan, sekaligus sebagai tempat kegiatan agama Budha pada zamannya. Wisatawan yang mengunjungi candi sewu dapat menikmati keindahan bangunan candi serta ukiran-ukiran yang sangat bersejarah. Tak hanya itu saja wisatawan juaga dapat berfoto selfie dengan background candi yang tentunya sangat cantik dan Instagramble. 

Harga tiket masuknya-pun masih terjangkau bagi semua kalangan dan bisa dibilang cukup murah. Candi sewu merupakan tempat wisata candi yang rekomended selain candi prambanan dan borobudur.

Lokasi dan Rute Candi Sewu

Candi ini terletak di Yogyakarta dan ada yang bilang terletak di Klaten Jawa Tengah. Namun sebenarnya candi ini terltak di Yogyakarta yang beralamat di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya mengenai alamat tersebut, Anda bisa lihat di Google Maps berikut ini (GoogleMaps). 

Jarak yang ditemuh dari pusat kota Jogja untuk sampai di Candi Sewu tidak terlalu jauh yaitu kurang lebih sekitar 19,1 kilometer dan waktu tempuh kendaraan normal roda dua dari pusat Kota Jogja ke Candi Sewu hanya memerlukan waktu kurang lebih 42 menit saja. Rute untuk bisa menuju obyek wisata Candi Sewu ini cukup mudah dan aksesnya juga sudah layak untuk dilewati. 

Jika anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke timur melewati jl panembahan senopati lurus terus menuju ke jl raya jogja - jl kusumanegara sampai perempatan ke utara melewati jl janti kemudian belok ke arah timur sampai di perempatan ring road timur ke utara menuju jl majapahit lurus terus hingga sampai di pertigaan ke timur melewati jl raya solo lurus terus sampai di jl raya yogyakarta-prambanan, lalu sampai ke pertigaan ke utara melewati jl taman prambanan kulon, Selanjutnya Anda ikuti jalan tersebut maka akan sampai di tempaat wisata Candi Sewu ini.

Harga Tiket Masuk Candi Sewu

Untuk bisa menikmati keindahan serta fasilitas yang ada di Candi Sewu ini wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk candi ini cukup terjangkau bagi semua kalangan serta bisa dibilang cukup murah. HTM Candi Sewu adalah sebagai berikut :
Tiket Masuk Harga
Tiket Masuk Candi Sewu Rp 10.000 per orang
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Harga tiket masuk candi sewu diatas sewaktu-waktu bisa berubah, jika ada perubahan harga kami akan segera Update data tersebut.


Fasilitas Candi Sewu

Fasilitas yang ada di Candi Sewu ini sudah cukup memadai dan dapat membuat nyaman para pengunjung. fasilitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tempat parkir yang luas
  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Penginapan
  • Panggung Hiburan


Galeri Foto Candi Sewu

Sejarah Candi Sewu Yogyakarta
Sejarah Candi Sewu Yogyakarta

Keindahan Candi Sewu
Keindahan Candi Sewu

Spot Foto Candi Sewu
Spot Foto Candi Sewu

Lokasi Candi Sewu
Lokasi Candi Sewu

Candi Yogyakarta
Candi Yogyakarta

Demikian Informasi mengenai destinasi wisata Candi Sewu yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai tempat wisata terbaru di Indonesia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel