8 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur yang lagi Hits

8 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur - Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan ibukotanya Samarinda dan mempunyai banyak sekali objek wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan. Diantaranya yaitu terdapat wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, semua lengkap tersedia di Kalimantan Timur. Sayangnya, sedikit orang yang tahu apa saja tempat wisata yang berada di Kalimantan Timur ini.

Mendengar nama Kalimantan disajikan sebagai calon ibukota baru, apa yang Anda pikirkan sejenak di dalam benak pikiran? Pasti anda akan ingat dengan nama suku dayak dan orangutan yang ada di Kalimantan ini, bukan? Tapi tunggu dulu, bagaimana dengan tempat wisata di Kalimantan Timur? Sudahkah Anda mencoba?

Anda pasti akan membayangkan laut yang jernih di Pulau Derawan. Pulau ini sudah terkenal dengan surga bawah lautnya yang megah. Namun jangan salah, Kalimantan Timur bukan hanya Pulau Derawan saja yang menjadi tempat wisata favorit, masih banyak tempat wisata lain yang juga merupakan tempat wisata favorit dan wajib dikunjungi dikunjungi. Ya mungkin setidaknya sekali seumur hidup hehe.

Nah berikut ini merupakan tempat wisata hits yang berada di daerah Kalimantan Timur yang akan menjadi Ibu Kota Negara Indonesia.

1. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur
Desa Budaya Pampang Kalimantan Timur

Kalimantan Timur juga memiliki atraksi budaya yang dapat memperkaya pemahaman Anda tentang Indonesia. Tempat ini disebut desa budaya Pampang. Sebuah desa yang terletak 40 kilometer dari kota Samarinda, dihuni oleh 800 anggota suku Dayak Kenyah, salah satu suku Dayak yang legendaris karena kekerasannya.

Setiap hari Minggu antara pukul 13.00 hingga 15.00 WITA, Anda dapat menonton delapan pertunjukan tarian khas Dayak di lamin. Lamin adalah rumah tradisional di Kalimantan Timur. Pertunjukan seperti tarian Nyelamai Sakai atau tarian untuk menyambut tamu, tarian Ajay atau tarian perang, tarian rangkong dan tarian berburu. Jangan heran jika hanya beberapa dari mereka yang memiliki telinga panjang dan kulit yang dipenuhi tato. Ini telah menjadi identitas etnis orang Dayak dan mengandung makna keagamaan dan sosial yang mendalam.

Apakah Anda ingin memberikan kenangan kepada orang yang Anda cintai? Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khusus yang dibuat oleh gadis Dayak Kenyah. Gelang, kalung, dompet, manik-manik, dan tas bambu adalah produk dasar yang sangat baik bagi para pelancong yang datang ke sini.

2. Pulau Derawan

Pulau Derawan Kalimantan Timur
Pulau Derawan Kalimantan Timur
Mendengar nama Pulau Derawan, tentunya pasti akan membayangkan sebuah hamparan laut biru jernih dan panorama bawah laut dengan keindahan luar biasa. Di sini kita bisa bermain bebas dengan kura-kura yang ada di di pantai atau pulau ini dan jika kita beruntung, kita akan bertemu sekelompok pari manta loh.

Jangan takut masalah fasilitas, di Derawan, sudah ada banyak fasilitas yang ada, mulai dari homestay yang ditawarkan oleh penghuni hingga resor mewah dengan pemandangan dan dermaga yang terhubung langsung ke laut, yang semuanya dapat disesuaikan dengan anggaran Anda.

3. Danau Labun Cermin

Danau Labun Cermin Kalimantan Timur
Danau Labun Cermin Kalimantan Timur

Melansir dari laman Traveloka, Danau Labuan Cermin lahir dari kombinasi air tawar dan air laut, tidak hanya mengandung air biru yang tenang, tetapi kombinasi di atas juga menciptakan lapisan tipis yang terlihat seperti efek cermin!


Tak heran, jika perahu yang berada di atas danau ini tampak akan melayang. Jangan lupa rasakan kesegaran yang lahir dari perpaduan air tawar dan air laut untuk mengobati kepenatan akibat perjalanan jauh yang memakan waktu berjam-jam.

Untuk menikmati keindahan Danau Labuan Cermin, Anda bisa naik pesawat dan mendarat di Bandara Berau. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan mobil sewaan dari Berau ke Big Dipper dengan waktu tempuh sekitar enam hingga tujuh jam. Sesampainya di Bidouk-Bidouk, lanjutkan ke desa Labuan Kelambu dan naik perahu yang tersedia di 100.000 rupee ke danau. Bahkan jika jauh, Danau Labuan Cermin akan memberikan Anda momen tak terlupakan dalam hidup Anda.

4. Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding Kalimantan
Bukit Batu Dinding Kalimantan


Bukit Batu Dinding terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Nah, jika Anda ingin datang ke sini, Anda bisa memulai petualangan Jalan Soekarno Hatta menuju Balikpapan di Samarinda.

Menurut para wisatawan yang datang ke tempat ini, Bukit Batu Dinding sering ramai diperbincangkan karena desain alaminya menyerupai bentuk Tembok Besar di Tiongkok. Dinding alami Batu Wisata adalah tebing berbatu sempit dengan lebar kurang dari 1 meter.

Puncaknya sempit, sekitar 5 meter. Dilihat dari jauh, bukit ini memiliki bentuk punggung bukit dengan panjang sekitar 500 meter. Di sekitar bukit, ada hutan yang rimbun. Ke kiri dan kanan bukit dalam bentuk jurang yang dalam. Hanya sedikit salah langkah, Anda bisa jatuh!

Tapi tenang, jangan ekstrem dan Anda akan enggan datang ke sini. Karena sudah ada puluhan pemandu lokal yang akan mengatur dan mengawasi para wisatawan agar tidak berdesak-desakan di zona punggungan yang sempit. Nah, Anda datang ke tempat ini selama musim panas. Ketika matahari terbit, itu menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam hutan Kalimantan dari ketinggian Batu Dinding.

Jika Anda datang dari Balikpapan, tepat di kilometer 45, di sisi kiri jalan terdapat sebuah pintu. Dari situlah pintu masuk ke kawasan wisata ini. Untuk masuk, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp5.000 saja. Sedangkan biaya parkir kendaraan bervariasi antara Rp 2.000 - Rp 5.000 tergantung pada kendaraan yang Anda gunakan.

5. Goa Haji Mangku

Goa Haji Mangku Kalimantan Timur
Goa Haji Mangku Kalimantan Timur
Mengutip laman dari Indonesia Kaya, objek wisata ini masih jarang terdengar. Terletak di Pulau Maratua di Kepulauan Derawan, objek wisata ini hanya dikunjungi oleh wisatawan selama beberapa tahun.

Lokasi gua ini berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun. Dimulai dengan lonjakan ringan di hutan kecil, Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih kaki, karena ini merupakan ciri khas dari jalurnya yang tajam.

Tiba di lokasi setelah sekitar 10 menit berjalan kaki melewati pepohonan yang rindang, lalu lihat ke bawah. Anda akan disambut oleh bibir gua yang membentuk semacam kolam alami dengan air biru jernih.

Untuk memasuki gua berair payau ini, ada dua cara untuk melompat langsung dari atas atau masuk dari mulut gua yang setengah tertutup air. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Haji Mangku adalah sore hari. Karena pada saat itu, sinar matahari akan menembus gua dan bahkan masuk ke dalam. Penampilan air akan terlihat lebih biru daripada ketika datang di sore hari, ketika matahari hampir terbenam.

Perjalanan dapat dimulai dari Pulau Maratua, karena lokasi gua Haji Mangku lebih dekat dengan Maratua. Alternatif ke lokasi Gua Haji Mangku adalah dua cara: darat dan laut. Untuk alternatif pertama, melalui darat, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dari Pulau Maratua ke desa Payung-Payung. Kemudian lakukan pendakian ringan yang membutuhkan waktu beberapa jam untuk sampai ke lokasi.

Untuk opsi kedua, Anda dapat menyewa perahu motor atau perahu milik nelayan setempat melalui laut, yang berlangsung sekitar 20 menit dari Pulau Maratua. Sesampainya di tepi pulau (titik trekking) berbatu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking ringan dalam waktu sekitar 10 menit untuk menuju ke kawasan yang terletak di dekat tepi gua Haji Mangku. Menariknya, di sini Anda tidak membayar biaya masuk ke tempat wisata ini.

6. Pulau Maratua

Pulau Maratua Kalimantan Timur
Pulau Maratua Kalimantan Timur
Apakah Anda ingin menyelam dan mengobrol dengan penduduk setempat? Datang saja ke Pulau Maratua. Pulau yang dihuni oleh suku Bajau telah menjadi salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Penyelam amatir dan profesional yang tak terhitung jumlahnya mengamati keindahan dunia bawah laut. Menyelam di perairan Maratua berarti Anda dapat dengan bebas berinteraksi dengan banyak spesies laut seperti lobster, kuda laut, belut dan banyak lagi.

Tidak menyelam bukan masalah. Anda masih bisa menikmati keindahan pulau ini tanpa celah. Penduduk setempat biasanya menyewa perahu mereka untuk membawa Anda ke tengah laut sehingga mereka dapat melihat keindahan di sisi lain.

Terlalu malas untuk bergerak? Duduklah di tepi pantai dengan kelapa segar, jangan lupa membawa buku favorit Anda. Kapan Anda bisa menikmati suasana tenang, angin pantai di wajah Anda dan aroma laut yang Anda temukan sulit di daerah perkotaan?

Kepulauan Derawan adalah bukti bahwa sifat Indonesia pantas menjadi primadona dan menarik perhatian seluruh dunia. Sadar akan potensi alamnya, pembangunan berbagai fasilitas mulai diintensifkan, terutama untuk akomodasi wisatawan. Jadi saat mengepak tas Anda dan pergi ke Kepulauan Derawan.

7. Danau Kakaban

Danau Kakaban Kalimantan Timur
Kalimantan Timur
Danau ini berbeda dengan danau-danau lain pada umumnya, Danau Kakaban terletak di tengah pulau. Danau ini terletak di kepulauan Derawan, di kabupaten Berau, di Kalimantan Timur. Danau Kakaban berjarak sekitar 30 menit dengan speed boat dari Pulau Derawan.

Meluncurkan halaman Liputan6, danau ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan danau-danau lainnya di Kalimantan. Keunikan Danau Kakaban adalah surga bagi para pelancong yang menyukai keindahan alam Laut Indonesia. Selain kenikmatan alam, Anda akan menyaksikan keindahan keanekaragaman hewan laut yang berubah yang dibuat di Danau Kakaban.

Bukti nyata dapat ditemukan di danau air payau ini. Isolasi struktur geografis danau menciptakan fitur ekosistem yang berbeda dari perairan Derawan. Pulau Kakaban adalah satu-satunya danau yang dihuni oleh ribuan ubur-ubur yang tidak menyengat. Ada empat jenis ubur-ubur di Kakaban, yaitu Mastigias, Cassiopeia, Aurellia dan Tripedalia.

Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti lingkungan menunjukkan bahwa ubur-ubur Danau Kakaban telah mengalami ribuan tahun evolusi di lingkungan baru mereka. Para peneliti menduga bahwa sengatan, yang melindungi sebagian besar ubur-ubur, disebabkan oleh hilangnya predator, ikan besar. Itu tidak di Danau Kakaban juga.

8. Jembatan Kutai Kartanegara

Jembatan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur
Jembatan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur
Jembatan Kutai Kartanegara di Tenggaorng menghubungkan kota Tenggarong dengan Kabupaten Tengaorng, yang membentang 710 meter. Model jembatan ini meniru Jembatan Golden Gate di San Francisco.

Tentunya kita bisa datang kapan saja di jembatan bangga kota Kutai Kartanegara ini. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan jembatan ini adalah di malam hari karena jembatan akan lebih indah dengan lampu warna-warni menghiasi struktur jembatan dan itu terlihat sangat romantis sekali.

Cara Berkunjung Ke Kalimantan Timur

Bepergian ke Kalimantan sekarang cukup mudah. Transportasi udara, pesawat adalah pilihan tercepat untuk datang ke suatu tempat. Penerbangan ke Bandara Sepinggan di Balikpapan tersedia dalam waktu dua jam.

Harga tiket mulai dari 1,2 juta rupiah. Ketika Anda tiba di sana, Anda harus menyewa kendaraan untuk sampai ke tempat wisata terkait. Jangan lupa untuk melakukan riset sebelum Anda pergi!

Nah, itu tadi mengenai 8 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur yang lagi Hits. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel