Candi Prambanan Yogyakarta | Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas, dan Galeri Foto


Tempat Destinasi Wisata Candi Prambanan - Halo siapa sih yang tidak tau mengenai Candi Prambanan ini? Candi Prambanan ini adalah candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia loh teman-teman. Candi ini di bangun pada abad ke-9 masehi. Tujuan dari dibangunnya candi ini adalah untuk dipersembahkan kepada Trimurti atau nama lainnya adalah dewa utama Hindu yang di antaranya yaitu Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wishnu sebagai Dewa Pemelihara, dan yang satu lagi yaitu Dewa Siwa sebagai Dewa Pemusnah. 

Candi Prambanan ini berdasarkan prasasti Siwagrha memiliki nama Candi Siwagrha yang dalam bahasa Sansekerta berarti 'Rumah Siwa'. Dan memang di dalam candi ini di ruang utamanya terdapat arca Dewa Siwa setinggi kurang lebih 3 meter yang menandakan bahwa Dewa Siwa di Candi Prambanan ini sangat di utamakan dibandingkan dewa-dewa yang lainnya.

Candi ini sekarang bernama Prambanan karena berasal dari nama desa setempat asal candi ini berdiri, Diduga nama prambanan berasal dari perubahan nama jawa dari istilah teologi Hindu yaitu Para Brahma yang mempunyai maknan 'Brahma Agung'. Brahma Agung itu sendiri merupakan brahma yang abadi serta tertinggi dan teragung yang tidak dapat di gambarkan, oleh agama Hindu Brahma Agung disamakan dengan konsep Tuhan.

Cerita dari masyarakat menyebutkan bahwa asal usul dari Candi Prambanan ini berasal dari Kisah Rara Jonggrang yang kini menjadi cerita legenda di Indonesia. Candi Prambanan ini termasuk ke dalam Situs Warisan UNESCO, Candi Hindu terbesar yang berada di Indonesia serta merupakan salah satu candi terindah atau termegah di Asia Tenggara loh. Berdasarkan Prasasti Siwagrha, Candi Prambanan ini mulai di bangun pada masa kerajaan Medang Mataram pada tahun sekitar 850 masehi oleh Rakai Pikatan. Dan Candi Prambanan ini terus di bangun dan dikembangkan oleh Balitung Maha Sambu. 

Candi Prambanan


Tempat Destinasi Wisata Candi Prambanan Yogyakarta - Selan Pulau Bali, Candi Prambanan ini juga merupakan tempat destinasi wisata yang sering sekali dikunjungi para wisatawan mancanegara. Indonesia memiliki banyak sekali candi yang sangat indah termasuk Candi Prambanan ini. Candi ini sangatlah megah dan merupakan bangunan penting bagi umat Hindu yang memiliki berbagai hal untuk dieksplorasi. Mulai dari cerita rakyat yang melegenda yaitu cerita legenda Roro Jongrang dan kompleks candi yang luar biasa megahnya serta sampai Sendratari Ramayana yang menjadi suatu cerita atau budaya yang melekat di Candi Prambanan ini.

Bagian dalam dari Candi Prambanan ini tak kalah menarik dari bagian bangunan luarnya, bagian dalam candi ini terdapat banyak sekali relief-relief yang saling terhubung dari relief satu dengan yang lainnya. Sehingga membentuk suatu cerita di zaman dahulu serta cerita mengenai asal usul dari Candi Prambanan ini. Candi ini memiliki beberapa candi utama dan candi pendukung diantaranya adalah sebagai berikut :

➤ Candi Utama dari Candi Prambanan

Candi Dewa Siwa
Candi Dewa Siwa merupakan bagian candi yang paling besar dan tertinggi di antara bagian-bagian lainnya yang berada di Candi Prambanan ini. Candi Siwa ini memiliki panjang dan lebar kurang lebih panjangnya sekitar 34 mdan lebarnya sekitar 43 mdisebut dengan Candi Dewa Siwa karena di bagian candi ini terdapat sebuah patung dari Dewa Siwa. Dalam kepercayaan agama hindu Dewa Siwa merupakan dewa pelebur dari Ciptaan Dewa Brahma yang sudah usang. Agama Hindu mengangapnya bahwa dewa ini merupakan Dewa Tertinggi di agamanya.

Candi Dewa Wisnu
Dewa Wisnu sendiri diangap merupakan Dewa Pemelihara oleh pemeluk agama hindu. Bangunan Candi Dewa Wisnu ini terletak di sebelah kiri dari Candi Siwa. Candi Wisnu ini memiliki 2 tingkat jika semakin ke atas bangunan ini akan semakin kecil bentuknya. Candi ini memiliki tinggi 37 mdan berukuran 20 meter x 20 meter yang terdapat arca dari Dewa Wisnu serta jelmaanya yaitu adalah Krishna.

Candi Dewa Brahma
Dewa Brahma sendiri dianggap Dewa Pencipta oleh pemeluk atau penganut Agama Hindu. Di area Candi Prambanan ini Dewa Brahma dibuatkan tempat untuk penyembahan. Candi ini terletak di sisi kanannya Candi Siwa yang memiliki ukuran panjang 20 meter dan lebar20 meter serta tinggi 37 meter. Di bagian luar Candi Dewa Brahma ini terdapat hiasan mengenai cerita lanjutan dari Ramayana dan bagian dalam candi ini terdapat arca Dewa Brahma yang mempunyai tinggi sekitar 2 meter.

➤ Candi Pendukung dari Candi Prambanan

Candi Wahana
Bangunan candi ini merupakan bangunan yang menyerupai tunggangan para dewa. Letak dari bangunan ini pun di depan Candi Dewa yang mereka layani. Sebagai contoh yaitu Candi Nandi (Kerbau) yang terletak di depan Candi Siwa karena Kerbau merupakan tunggangan dari Dewa Siwa. Di candi yang lainpun juga terdapat candi seperti itu yaitu di depan Candi Wisnu terdapat Candi Garuda sebagai tunggangan dari Dewa Wisnu serta Candi Brahma yang memiliki tunggangan Candi Hamsa/Angsa.

Candi Apit
Candi apit merupakan bagunan candi yang mengapit atau mendampingin bagian Candi Utama yang letaknya berada di sebelah kanan dan kirinya dari Candi Utama. Candi ini memiliki luas sekitar 6 mdan tmemiliki tinggi 16 meter. Candi ini dipercaya dibangun sebagai penghormatan dari Dewi Sarasvati.

Candi Pendamping (Perwara)
Candi Pendamping ini memiliki jumlah sekitar 224 unit dan merupakan candi yang luput dari perhatian para wisatawan yang datang ke tempat ini karena candi ini sudah banyak yang rusak. Candi Pendamping di susun 4 baris yang mempunyai arti atau menggambarkan susunan kasta dari umat Hindu.

Lokasi Candi Prambanan Yogyakarta

Kompleks Candi Prambanan ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Juga terletak di Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Karena bangunan dari Candi Prambanan ini berada di tengah perbatasan antara Provinsi Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah. Candi Prambanan ini berjarak sekitar 17 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta serta berjarak sekitar 50 Kilometer dari pusat kota Surakarta. Jika dari semarang Canadi Prambanan ini berjarak sekitar 120 Kilometer. Candi ini sangat unik sekali karena pintu masuknya kompleks Candi Prambanan berada di desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Dan Candi Prambanan ini sendiri terletak di wilayah administrasi Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jika kalian bingung mengenai letak dari Candi Prambanan kalian bisa klik link Google Maps berikut ini ya (GoogleMaps).

Harga Tiket Masuk New Candi Prambanan Yogyakarta

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata carilah informasi mengenai harga tiket masuk agar nantinya kalian tidak kebingungan atau bahkan merasa di bohongi oleh Harga Tiket Masuk tersebut. Berikut merupakan Harga Tiket Masuk tempat wisata Candi Prambanan :

Wisatawan Lokal
  • Harga Tiket Masuk orang dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 30.000 per orang
  • Harga Tiket Masuk anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp 12.500 per orang
➤ Wisatawan Mancanegara
  • Harga Tiket Masuk orang dewasa dikenakan tarif sebesar $18 per orang
  • Harga Tiket Masuk anak-anak dikenakan tarif sebesar $9 per orang

Fasilitas Candi Prambanan Yogyakarta

Fasilitas dari Candi Prambanan ini sudah di bilang cukup lengkap bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Fasilitas dari Candi Prambanan ini adalah sebagai berikut :
  • Tempat Parkir yang luas
  • Toilet
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • Golf Cart
  • Guide
  • Restoran atau Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Papan Informasi
  • Mushola


Galeri Foto Candi Prambanan Yogyakarta

 Keindahan Candi Prambanan Pada Malam Hari

 View Candi Prambanan Pada Siang Hari

 Tempat Wisata Candi Prambanan

 Keindahan Candi Prambanan Pada Sore Hari

 View Bangunan Candi Prambanan

Pertunjukan Tari Ramayana Candi Prambanan


Demikian Informasi mengenai tempat wisata Candi Prambanan yang berada di Provinsi Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel