Destinasi Wisata Malam Alun-Alun Kidul Jogja Terbaru


Destinasi Wisata Malam Alun-Alun Kidul - Alun-alun Kidul Yogyakarta dulunya merupakan sebuah tempat yang di gunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan yang di lakukan oleh perajurit Kraton Yogyakarta. Namun saat ini sudah tidak ada lagi prajurit kraton yogyakarta yang melakukan latihan ketangkasan di tempat tersebut. Sekarang ini Alun-alun Kidul Jogja menjadi tempat publik serta tempat hiburan bagi masyarakat.  Tempat ini memiliki lahan yang cukup luas untuk sekedar melakukan berbagai aktivitas di Alun-alun Kidul Jogja ini. 

Di tempat wisata malam Alun-alun kidul yogyakarta kalian bisa melakukan aktivitas yang sangat populer di tempat ini yaitu Ritual Laku Masangin. Ritual ini banyak orang yang percaya jika kita bisa melewati di antara dua pohon beringin yang berada di tengah alun-alun kidul ini dengan mata tertutup  berarti orang itu hatinya bersih dan semua permohonannya akan terkabul. Aktivitas tersebut sampai sekarang masih di lakukan dan banyak sekali wisatawan yang mencobanya. 

Tidak cuma itu saja di alun-alun kidul jogja ini kalian bisa menikmati keindahan alun-alun ini dengan menaiki mobil hias yang beraneka macam. Gemerlap warna warni lampu dari mobil hias ini sangat indah yang membuat tempat alun-alun kidul jogja ini banyak di minati wisatawan. Kalian bisa menaiki odong-odong ini memutari lapangan atau alun-alun kidul jogja ini dan bisa sambil berfoto selfi ya.


Alun-alun kidul jogja juga mempunyai aktivitas bermain yang tradisional yaitu bermain egrang bambu. Mainan ini merupakan mainan tradisional orang jaman dahulu yang masih di lestarikan di alun-alun kidul jogja ini. kalian bisa mencoba permainan ini ketika berkunjung ke alun-alun kidul yogyakarta, biasanya permainan egrang bambu ini berada di sebelah pojok sebelah kanan dari lapangan alun-alun kidul ini jika kita menghadap ke arah utara.

Jika kalian merasa lapar sesudah keliling-keliling tempat wisata malam alun-alun kidul jogja ini kalian bisa membili makanan di area tempat wisata ini. Di seputar area alun-alun kidul jogja tedapat banyak sekali warung-warung makan atau pedagang kaki lima yang menjajakan makanan atau minuman. Maka tak usah kuatir lagi ya jika kalian ingin berkunjung ke tempat wisata malam yang satu ini.

Lokasi Alun-Alun Kidul Jogja

Alun - Alun Kidul Jogja ini berada di sebelas selatan dari Kraton Yogyakarta, sesua dengan namanya yaitu 'Alun-alun Kidul' yang berarti alun-alun selatan. Di jogja ini memiliki dua alun-alun yaitu alun-alun lor ayau utaradan alun-alun kidul atau selatan. Alun-alun lor yang terletak di sebelah utara dari kraton yogyakarta dan alun-alun kidul yang terletak di sebelah selatan Kraton Yogyakarta. Tempat wisata malam Alun-Alun Kidul Jogja ini lebih lengkapnya berada di Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jikakalian masih bingung mengenai lokasi tersebut kalian bisa klik linnk Google Maps berikut ini ya (GoogleMaps).

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kidul Jogja

Jika kalian ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini tentunya kalian harus merogoh saku, namun tentunya tidak merogoh saku terlalu dalam ya. Berikut merupakan Harga Tiket Masuk Alun-alun Kidul Jogja serta wahana yang ada :
  • Tiket Masuk Alun-alun Jogja Rp 0 (Gratis)
  • Parkir Sepeda Motor Rp 3.000
  • Parkir Mobil Rp 5.000
  • Sewa tali tutup mata (ritual laku masangin) Rp 3.000
  • Naik odong-odong Rp 5.000
  • Mobil Kayuh hias full music Rp 30.000 (Tiga putaran dan bisa nego)
  • Egrang Bambu Rp 5.000 - Rp 10.000
Itu tadi mengenai Harga Tiket Masu serta harga wahana atau permainan yang ada di Alun-Alun Kidul Jogja. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, jika ada perubahan harga maupun daftar wahana kami akan segera Update data terebut dengan sesegera mungkin.

Akses Menuju Ke Alun-Alun Kidul Jogja

Akses untuk menuju ke alun-alun kidul jogja tentunya sangat mudah untuk di jangkau dari arah manapun karena letaknya yang strategis yang berada di belakang kraton yogyakarta yang merupakan pusat kota jogja atau jantung kota jogja. Nah, berikut ini merupakan Akses yang bisa kalian lalui untuk bisa sampai ke Alun-Alun Kidul Jogja ini ya :
  • Dari Jalan Malioboro atau titik 0 kilometer, kalian jika dari sini dapat menuju e tempat alun-alun kidul jogja menggunakan becak atau andong sekitar kurang lebih 15 menit. Dalam perjalananya kalian akan melewati alun-alun utara jogja dan bekas pasar burung ngasem yang di belakangnya terdapat Kampung Wisata Taman Sari.
  • Jika kalian ingin menggunakan kendaraan umum dapat memilih bus kota dengan jalur 5, kemudian kalian turun di plengkung gading dan kalian akan berjalan ke arah utara sampai menemukan Alun-alun kidul ini. Kira - kira hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.

Tips Berkunjung Ke Alun-Alun Kidul Jogja

Agar liburan kalian menyenangkan, berikut merupakan tips-tips liburan ke alun-alun kidul jogja yang bisa kalian lakukan. Tips-tips nya adalah sebagai berikut :
  • Jangan Lupa berdoa sebelum melakukan aktivitas liburan
  • Bawa barang-barang yang di perlukan secukupnya
  • Jangan lupa bawa uang saku
  • Datanglah di hari sabtu dan minggu sore sampai malam, tempat ini sangat ramai sekali di kunjungi para wisatawan.
  • Setiap hari sabtu dan minggu di minggu kedua setiap bulannya terdapat pertunjukan wayang kulit jika kalian ingin melihatnya
  • Selalu patuhi tata tertib di tempat wisata tersebut serta perilaku kita
  • Jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan
Nah itu tadi merupakan tips untuk berkunjung ke alun-alun kidul jogja, Semoga liburan kalian menyenangkan ya.


Galeri Foto Alun-Alun Kidul Jogja


Lokasi Alun-Alun Kidul Jogja

 Keindahan Mobil Kayuh Alun-Alun Kidul Jogja

 Pemadangan Indah Alun-alun Kidul Jogja

 Pedagang Kaki Lima Alun-Alun Kidul Jogja

 Suasana Alun-Alun Kidul Jogja

Spot Foto Mobil Kayuh Alun-Alun Kidul Jogja

Demikian Informasi mengenai tempat wisata malam Alun-Alun Kidul Jogja yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru. Semoga bermanfaat ya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel