Sejarah, Harga Tiket, dan Lokasi Wisata Gunung Bromo Jawa Timur Terbaru


Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur - Hallo teman-teman kali ini kita akan membahas sejarah mengenai Gunung Bromo ini terlebih dahulu ya sebelum membahas mengenai yang lainnya. Gunung Bromo ini. Gunung Bromo merupakan gunung yang statusnya masih aktif di Jawa Timur. Nama dari gunung ini berasal dari salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu dari bahasa Sansekerta yaitu Brahma dan dalam bahasa Tengger di eja dengan sebutan "Brama". Gunung Bromo ini memiliki ketinggian kurang lebih 2.329 meter yang tentunya berada di atas permukaan laut kan hehe. Gunung ini berada dalam empat wilayah kabupaten di antaranya yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang.

Gunung Bromo ini merupakan objek wisata terkenal di Jawa Timur. Gunung ini menjadi lebih menarik di kunjungi karena gunung ini statusnya masih gunung aktif dan merupakan dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki sebuah kawah yang mempunyai panjang dengan garis tengah kurang lebih 800 meter dari utara - selatan dan 600 meter dari timur - barat.

Dari abad ke-20 sampai abad ke-21, Gunung Bromo ini telah meletus sebanyak beberapa kali dari letusan kecil sampai letusan besar dengan kurun waktu yang teratur yaitu 30 tahun. Letusan Gunung Bromo ini pada tahun 1974 merupakan letusan yang terbesar sepanjang sejarah dan pada tahun 2015 - sekarang merupakan letusan yang terakhir dari Gunung Bromo ini.

Gunung Bromo ini di percaya oleh masyarakat sekitar yaitu suku Tengger sebagai gunung suci dan pada setiap tahunnya gunung ini di adakan acara upacara oleh masyarakat suku Tengger yaitu dengan di lakukannya upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini di laksanakan di bawah kaki Gunung Bromo yang tepatnya di sebuah pura dan upacara ini di lanjut menaiki ke puncak bromo. Upacara ini di laksanakan setiap bulan purnama pada saat tengah malam hingga dini hari loh teman-teman. Upacara ini diadakan setiap tanggal 14 dan 15 di bulan kesepuluh menurut penanggalan jawa ya.

Gunung Bromo


Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur - Siapa sih dari temen-temen semua yang tidak tau Gunung Bromo ini? ya meskipun masih ada yang belum pernah kesini, Gunung Bromo ini adalah wisata andalan di Jawa Timur. Ada beberapa tempat objek wisata di area Gunung Bromo ini di antaranya adalah sebagai berikut :

Penajakan 1 Gunung Bromo



Lokasi penanjakan 1 yang tinggi menjadi tempat terbaik jika kita ingin melihat matahari terbit. Lokasi ini berada di sebelah barat dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jika kalian ingin ke tempat ini akses untuk menuju ke tempat ini ialah menggunakan sepeda motor atau jeep. Di tempat ini kalian bisa menikmati keindahan alam dari puncak gunung yang di sekelilingnya dikelilingi lembah-lembah berkabut.

Penajakan 2 Gunung Bromo



Tempat Penanjakan 2 ini ketinggiannya lebih rendah dari pada penanjakan 1. Di tempat ini kalian juga bisa melihat matahari terbit loh tidak hanya di penanjakan 1 saja. Tempat ini mudah sekali di akses jika kalian berangkat dari Probolinggo. Memang benar ketinggian penajakan 2 ini lebih rendah dari pada penanjakan 1 namu keindahan di sini tidak kalah keren loh. Akses untuk menuju ke penanjakan 2 ini lebih mudah tanpa harus menggunakan jeep loh teman-teman.

Kawah Gunung Bromo


Di tempat ini kalian bisa melihat pesonan kawah gunung berapi dari dekat. Jarak tempuh tempat ini dari parkiran mobil berjarak kurang lebih 2 Km dengan berjalan kaki dengan menaiki tangga untuk bisa mencapai kawah ini. Jika kalian malas berjalan kalian bisa menyewa menaiki kuda sembari melihat pemandangan dan hembusan udara yang sejuk.

➤ Bukit Teletubis Gunung Bromo


Bukit teletubis ini adalah tempat yang sudah sangat terkenal di Gunung Bromo ini. Bukit ini di selimuti oleh rerumputan yang hijau dan dari kejauhan bukit ini bahkan rerumputannya seperti karpet. Di tempat ini kalian bisa puas berfoto selfi loh. Wisata Gunung Bromo ini masih ada tempat yang lainnya selain yang kami jelaskan tadi.

Lokasi Gunung Bromo

Gunung Bromo ini berada di Jawa Timur yang letaknya berada di Area Gn. Bromo, Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Agar lebih mudah mengakses ke tempat wisata Gunung Bromo kalian bisa klik link Google Maps berikut agar kalian bisa sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan tidak tersesat(GoogleMaps).

Rute untuk menuju ke tempat wisata Gunung Bromo ini adalah sebagai berikut :

➤ Rute Pasuruan
Jika kalian berada di Pasuruan yaitu di Desa Tosari kalian tinggal menuju ke Wonokitri lalu selanjutnya menuju ke Gunung Bromo.

➤ Rute Probolinggo
Dari Probolinggo yaitu lebih tepatnya di Lumbang - Sukapura - Ngadisari - Cemara Lawang - Gunung Bromo.

➤ Rute Malang
Rute dari malang yaitu Malang - Tumpang - Gubuk Klakah - Gunung Bromo.

➤ Rute Lumajang
Jika kalian dari lumajang rutenya yaitu Lumajang - Senduro - Ranu Pane - Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Jika kalian ingin berwisata ke tempat wisata Gunung Bromo ini akan di kenakan biaya tiket masuk dan parkir loh. Sebelum kalian berangkat menuju tempat wisata tentunya kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai harga tiket-nya tersebut ya. Berikut Harga Tiket masuk Kawasan Wisata Gunung Bromo :
  • Wisatawan Nusantara di kenakan tarif sebesar Rp 29.000 per orang pada hari biasa dan di kenakan tarif sebesar Rp 34.000 per orang pada hari libur
  • Wisatawan Mancanegaradi kenakan tarif sebesar Rp 220.000 per orang pada hari biasa dan di kenakan tarif sebesar Rp 320.000 per orang pada hari libur
  • Parkir kendaraan Roda 4 di kenakan tarif sebesar Rp 10.000
  • Parkir kendaraan Roda 2 di kenakan tarif sebesar Rp 5.000
  • Parkir sepeda di kenakan tarif sebesar Rp 2.000


Galeri Foto Gunung Bromo


View Jeep yang berada di Gunung Bromo




Panorama Keindahan Gunung Bromo




 Keindahan Sunset di Gunung Bromo




Wisata Alam Kawah Gunung Bromo




View Wisatawan di Penanjakan 1 Gunung Bromo


Demikian Informasi mengenai tempat wisata Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel