Harga Tiket Masuk dan Keindahan Pura Tanah Lot Bali Terbaru


Sejarah, Harga Tiket, Lokasi, dan Fasilitas Pura Tanah Lot Bali - Halo teman-teman sebelum kita membahas mengenai Harga Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas, dan yang lain sebagainya, terlebih dahulu kami akan membahas atau memperkenalkan asal mula atau sejarah dari Pura TanahLot Bali ini ya. Jangan lupa di baca biar kalian tau mengenai tempat-tempat penting atau bersejarah yang ada di bali ini hehe agar kalian bertambah wawasannya. Berdasarkan legenda Pura Tanah Lot Bali ini dibangun oleh seseorang brahmana yang dulunya mengembara dari jawa yang bernama Danghyang Nirartha yang berhasil menyebar agama hindu di pulau bali dan mampu menguatkan kepercayaan penduduk Bali untuk menyembah agama tersebut. 

Masyarakat Bali sangat patuh terhadap ajaran agama hindu dan sampai membangun Sad Kahyangan pada abad ke-16. Dulunya pada masa itu Tanah Lot di kuasai oleh Bendesa Beraben dan ia merasa iri oleh sang brahmana yang bernama Danghyang Nirartha tersebut karena pengikut dari Bendesa Beraben mulai sedikit dan pergi untuk bergabung atau mengikuti seorang brahmana tersebut.

Untuk mengatasi agar para pengikut dari penguasa dari Tanah Lot Bali yang bernama Sad Kahyangan ini tidak bertambah kurang maka dia menyuruh Danghyang Nirartha untuk pergi meninggalkan Tanah Lot Bali ini. Danghyang Nirartha pun menyanggupi permintaan dari Sad Kahyangan, namun sebelum sang brahmana ini pergi dengan kekuatannya ia memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan tengah laut) bongkahan batu tersebut untuk membuat pura disana.

Sang Brahmana juga mengubah selendangnya dan berubah menjadi ular penjaga pura tersebut. Ular tersebut masih ada dan hidup sampai sekarang yang secara ilmiah ular tersebut termasuk ular laut yang mempunyai corak hitam berbelang kuning dan berekor pipih seperti ikan serta mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular kobra loh. Akhir dari cerita legenda tersebut di sebutkan bahwa sang penguasa di Tanah Lot Bali pun mengikuti seorang brahmana yang bernama Danghyang Nirartha tersebut.

Seiring oleh berjalannya waktu Pura Tanah Lot ini mulai terkena abrasi oleh ombak dan angin laut. Untuk menanggulangi masalah tersebut agar Pura ini tetap masih berdiri Pemerintah bali melalui proyek pengamanan daerah pantai Bali membuat atau memasang tetrapod di area sekitar Pura Tanah Lot ini serta daerah Tanah Lot pun juga ditata karena peran dari Tanah Lot sangat penting sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Pulau Bali.

Pada renovasi pertama pada tahun 1987 di pasang pemecah gelombang (tetrapod) tahap pertama. Namun peletakan tetrapod ini malah menganggu keindahan dan keasrian alam Tanah Lot ini kemudia pada tahun 1989 tokoh agama dan masyarakat serta pemerintah terkait mengadakan studi kelayakan. Dan pada tahun 1992 membuat desain bagunan pemecah gelombang yang berada di bawah permukaan air laut serta pembuatan karang buatan dan di perbarui lagi pada tahun 1998. Perlindungan Pura Tanah Lot Bali ini mulai dikerjakan pada bulan juni tahun 2000 sampai bulan februari tahun 2003 melalui dana bantuan daari pinjaman Japan Bank for International Cooperation (JBIC) kurang lebih sebesar Rp 95 Miliar Rupiah.

Keseluruhan dari renovasi tersebut yang berada di Tanah Lot meliputi bangunan Wantilan, Pewaregan Paebatan, Candi Bentar, penataan areal parkir, serta penataan jalan dan tanaman di sekitar Tanah Lot Bali ini yang berada di kawasan tol. Nah itu tadi mengenai Sejarah singkat dari Pura Tanah Lot Bali ya.

Pura Tanah Lot Bali


Tempat Wisata Pura Tanah Lot Bali - Siapa sih yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Pulau kecil di sebelah timur dari pulau jawa yang banyak sekali mempunyai tempat wisata yang indah-indah serta kental dengan budayanya yang menganut agama hindu tersebut. Pasti dari sekian banyak yang baca artikel ini pasti sudah ada yang pernah ke sini dan ingin mengunjunginya lagi hehe dan tentunya dari kalian kebanyakan belum pernah kesini dan tentunya ingin mengunjungi tempat ini ya kan? hehe. Jika kalian pergi ke pulau bali jangan lupa mampir sebentar berwisata di Pura Tanah Lot ini ya karena pemandangan alam di sini sangat memanjakan mata loh.

Pura Tanah Lot Bali berdiri kokoh di pinggir pantai dan yang pertama kali terlihat dari bangunan ini adalah pemandangan yang eksotis. Pura ini berada di kota Tabanan yang letaknya sekitar 13 Km dari pusat kota tersebut. Tempat ini kerap di sebut sebagai tempat destinasi yang wajib di kunjungi jika berkunjung ke Pulau Bali. Jika kalian ingin berkunjung ke Pura Tanah Lot ini waktu yang paling indah  adalah di sore hari karena kalian bisa melihat pemandangan pura dengan hiasan matahari yang mulai terbenam. Kalian bisa mengabadikannya dengan berfoto selfi bila kalian suka berfoto ya.

Di tempat wisata Pura Tanah Lot ini juga sering digunakan untuk Upacara Keagamaan loh. Pura ini masih aktif digunakan untuk beribadah bagi warga bali yang beragama hindu. Masyarakat bali mengadakan acara upacara keagamaan ini secara berkala. Selai itu di Pura Tanah Lot Bali ini juga di adakan perayaan yaitu dengan nama perayaan Odalan. Perayaan ini di laksanakan setiap 210 hari sekali di Pura Tanah Lot Bali ini.

Lokasi Pura Tanah Lot Bali

Lokasi Puta Tanah Lot Bali ini terletak di kota Tabanan yang dari pusat kota tersebut tempat wisata ini kurang lebih berjarak berjarak 13 km yang tepatnya berada di Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121. Untuk lebih jelasnya mengenai lokasi tersebut kalian bisa klik link Google Maps berikut (GoogleMpas). Jika kalian berkunjung ke bali jika ingin mengunjungi tempat ini kami sarankan menyewa mobil + sopir jika tidak punya sodara kerabat di sana karena lebih hemat biaya, nyaman, dan aman loh.

Harga Tiket Masuk New Pura Tanah Lot Bali

Jika kalian ingin berkunjung ke sebuah tempat wisata alangkah baiknya kalian mencari tau terlebih dahulu mengenai harga tiket yang di sediakan oleh pengelola wisata tersebut agar nantinya kalian tidak kebingungan dengan harga tersebut yang di rasa cukup malah dan merasa di bohongi serta lain sebagainya ya hehe. Berikut merupakan Harga Tiket Masuk wisata Pura Tanah Lot Bali ya :
  • Tiket Masuk dewasa dengan tarif sebesar Rp 20.000 per orang
  • Tiket Masuk anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp 12.000 per orang
  • Tarif parkir motor Rp 2.000
  • Tarif Parkir mobil Rp 5.000
  • Tarif Parkir Bus Rp 10.000.
Jam buka dari tempat wisata ini pukul 07.00 sampai 19.00 WITA. Harga Tiket Masuk wisata Pura Tanah Lot Bali tersebut bisa berubah-ubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dari pengelola tempat wisata tersebut. Jika kami mendapat informasi bahwa ada perubahan harga tiket masuk kami akan segera Update harga tiket masuk tersebut.

Fasilitas Pura Tanah Lot Bali

Fasilitas yang berada di tempat wisata Pura Tanah Lot Bali ini bisa di bilang cukup lengkap. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak usah kuatir lagi ya. Berikut merupakan fasilitas yang disedikan oleh pengelola tempat wisata Pura Tanah Lot Bali :
  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Warung Makan atau Restoran
  • Mesin ATM
  • Toko cindera mata
  • Toko oleh-oleh atau sovenir
  • Penginapan atau hotel


Galeri Foto Pura Tanah Lot Bali


Kindahan Alam Tempat Wisata Pura Tanah Lot Bali


Keindahan di Sore Hari Pura Tanah Lot Bali


Suasana Pengunjung Pura Tanah Lot Bali


Ular Suci Penunggu Pura Tanah Lot Bali


 Upacara Keagamaan di Pura Tanah Lot Bali



Demikian Informasi mengenai tempat wisata Pura Tanah Lot yang berada di Pulau Bali ini mengenai Sejarah, Harga Tiket, Lokasi, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel