Sejarah, Harga Tiket Masuk, Lokasi, dan Fasilitas Wisata Keraton Yogyakarta



Tempat Wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat - Keraton Yogyakarta merupakan Istana dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton Yogyakarta ini di bangun pada tahun 1755 pada saat beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti. Keraton ini masih berfungsi sebagai bangunan istana dengan semestinya. Keraton Yogyakarta ini selain menjadi tempat tinggal sultan dan para keluarga besarnya juga dijadikan sebagai tempat wisata loh teman-teman. Dari sebagian keraton ini terdapat kompleks atau museum yang isinya adalah barang-barang koleksi milik sultan sendiri, yang diantaranya yaitu ada replika Pusaka Keraton, Gamelan, Koleksi mobil sultan zaman dulu, Kereta Kuda Keraton dan bahkan penghargaan atau pemberian dari raja-raja di Eropa. Keraton Yogyakarta ini sangat kental oleh budayanya yang sampai sekarang masih di jalaninya. Keraton ini resmi masuk wilayah Negara Indonesia pada tahun 1950.


Keraton Yogyakarta ini memiliki 7 kompleks inti di antaranya yaitu Sri Mangati, Kamagangan, Kedhaton, Siti Hinggil Ler, Kamandhungan Ler, Kamandhungan Kidul dan Siti Hinggil Kidul. Selain memiliki kompleks inti Keraton Yogyakarta ini juga memiliki berbagai warisan budaya yang turun temurun dari nenek moyang. Keraton Yogyakarta ini di calonkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995.

Arsitektur dari Keraton Yogyakarta ini umumnya memiliki gaya arsitektur Jawa Tradisional dan di berbagai tempat di dalam keraton ini memiliki arsitektur budaya asing diantaranya Belanda, Tiongkok dan juga Portugis. Keraton Yogyakarta Hadiningrat ini di bangun sejak masa kesultanan sultan Hamngkubuwono I. Untuk mengetahui informasi mengenai Harga Tiket untuk bisa memasuki tempat wisata ini yuk baca informasi berikut ini ya teman-teman.

Keraton Yogyakarta 


Tempat Wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat - Keraton Yogyakarta adalah sebuat istana kerajaan yang letaknya berada di tengah pusat Kota Yogyakarta. Kerajaan yang di bangun sekitar tahun 1755 yang dulunya memecah kerajaan Mataram Islam menjadi Kerajaan Ngayogyakarta Surakarta yang menyimpan keindahan di dalam bentuk atau arsitektur dari bangunan ini yang bernuansa jawa. Keraton Yogyakarta ini merupakan kompleks istana terbaik di Pulau Jawa. Untuk berwisata di Keraton Yogyakarta sendiri memiliki 2 pintu masuk yaitu pintu depan yaitu pintu yang berada di sebelah selatan Alun-alun Utara dan yang kedua melalui Tepas Pariwisata atau Regol Keben. Saya saranin untuk teman-teman yang datang di ke tempat ini melewati pintu depan yaitu pintu yang berada di selatan Alun-alun Utara. Kalian nantinya jika melewati pintu depan atau Bangsal Pagelaran yang nantinya kalian akan di sambut oleh koleksi pakaian Raja, pakaian Pangeran, pakaian Prajurit, pakaian Kerabat sampai pakaian Abdi Dalem. Selanjutnya kalian akan naik tangga ke Bangsal Sitihinggil yang isinya merupakan tempat singgasana Sri Sultan Hamengkubuwono pada saat acara-acara resmi keraton. Disamping tempat ini terdapat bangunan yang berisi tempat melihat film dokumenter tentang Yogyakarta.

Keluar dari kompleks bagian depan dari Keraton Yogyakarta ini kalian akan melanjutkan memasuki Regol Keben yang dimana merupakan Tepas Pariwisata atau badan di Keraton Yogyakarta yang bertugas sebagai pengurus masalah pariwisata yang berada di tempat tersebut. di Regol Keben iini kalian bisa melihat Bangsal Poncotani yang dimana dulunya adalah sebagai tempat peradilan untuk menghukum orang yang berbuat kejahatan.

Selanjutnya di Keraton Yogyakarta ini kalian akan memasuki Kompleks inti dari keraton ini yang melewati Regol Srimangati yang mempunyai arsitektur yang sangat indah. Di bangsal ini kalian bisa melihat Wayang kulit dan Tarian Wayang Wong yang di sajikan oleh Keraton Yogyakarta yang memiliki kesenia khas tersendiri. Di sisi timurnya bangsal ini terdapat Bangsal Traju Mas yang isinya ada berbagai Benda pusaka koleksi dari Keraton Yogyakarta ini. 

Jika kalian berwisata di Keraton Yogyakarta ini kalian akan bertemu dengan Abdi Dalem dari keraton ini yang sedang berjaga dengan ciri khas berbaju adat Keraton Yogyakarta yang membuat pemandangan di Keraton Yogyakarta ini lebih menarik lagi. Siapa saja yang ingin memotret Abdi Dalem keraton ini di perbolehkan. Di keraton ini ada yang unik loh teman-teman yaitu Keraton Yogyakarta ini tanahnya merupakan pasir pantai yang di ambil langsung dari Pantai Selatan Yogyakarta. Suasana di keraton ini sangat sejuk sekali karena banyak pohoh-pohon besar yang rindang.

Untuk kalian yang ingin berwisata ke Keraton Yogyakarta ini untuk lebih jelasnya mengenai Lokasi, Harga Tiket, maupun Fasilitas yang di sediakan kalian bisa lihat deskripsi di bawah ini ya teman-teman.


Lokasi Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta ini merupakan salah satu tempat favorit wisata di Yogyakarta dan menjadi tempat wisata bersejarah yang lokasinya berada di tengah pusat keramaian Kota Yogyakarta yang berada di selatan Jalan Malioboro tepatnya berada di Jl. Kauman, Panembahan, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132.

Rute untuk menuju Keraton Yogyakarta ini sangat mudah di lalui atau di akses karena lokasi dari keraton ini sangat strategis yang berada di pusat tengah-tengah keramaian Kota Jogja. Jika kalian menginap di Hotel Malioboro kalian tinggal menaiki Becak maupun Andong untuk alat transportasi ke tempat wisata Keraton Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya mengenai tempat ini klik link Google Maps berikut ini(GoogleMaps).

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

Harga Tiket masuk wisata Keraton Yogyakarta ini terbilang cukup murah untuk tempat wisata seperti Keraton ini. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal di kenakan tarif sebesar Rp 5.000 per orang sedangkan wisatawan mancanegara di kenakan tarif sebesar Rp 15.000. Harga tiket untuk bisa masuk ke tempat wisata Keraton Yogyakarta ini bisa di bilang cukup murah jika di bandingkan harga tiket masuk di tempat wisata lainnya seperti Candi Prambanan maupun Candi Borobudur yang harga tiketnya untuk wisatawan lokal mencapai Puluhan Ribu Rupiah.

Selain itu untuk biaya parkir wisata Keraton Yogyakarta akan di kenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk Motor dan untuk tarif parkir Mobil sebesar Rp 5.000. Jika kalian membawa kamera masuk ke dalam area wisata Keraton Yogyakarta ini kalian akan di kenakan biaya tambahan sebesar Rp 3.000 per kamera.

Fasilitas Keraton Yogyakarta

Fasilitas yang di sediakan di Keraton Yogyakarta ini sangat terbilang cukup memadahi bagi wisatawan yang berkunjung di tempat ini. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang di sediakan di tempat wisata Keraton Yogyakarta :
  • Tempat Parkir Kendaraan yang luas
  • Toilet Umum
  • Tempat Sampah
  • Denah Kompleks Wisata Keraton Yogyakarta
  • Papan Petunjuk Wisata Keraton Yogyakarta
  • Pemandu wisata untuk memandu anda dalam mengelilingi kompleks wisata Keraton
  • Tempat Ibadah
  • Tempat Makan


Galeri Foto Keraton Yogyakarta


 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta


Gamelan Jawa Keraton Yogyakarta



 Arak-arakan Grebeg Maulud Keraton Yogyakarta


 View Keraton Yogyakarta di Sore Hari


 Kereta Kencana Keraton Yogyakarta


View salah satu Bangsal Keraton Yogyakarta


 Tari Daerah Khas Keraton Yogyakarta


Demikian Informasi mengenai tempat wisata keraton Yogyakarta yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini Mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai tempat wisata terbaru ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel