Menikmati Keindahan Wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo


Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo Jawa Tengah - Dataran Tinggi Dieng ini sebenarnya adalah Dataran yang kawasannya merupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Dataran ini letaknya berada di sebelah barat dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dataran Tinggi Dieng ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2.000 meter di atas permukaan air laut loh teman-teman. Suhu di sini terbilang lumayan dingin karena pada saat malam hari bersuhu sekitar 6 - 10°C dan suhu di siang harinya berkisaran sekitar 12 - 20°C diatas permukaan air laut. Pada saat musim kemarau di Dataran Tinggi Dieng ini suhunya bisa mencapai 0°C loh pada waktu pagi hari dan bisa memunculkan embun es yang sering di sebut bun upas yang artinya 'embun racun' oleh penduduk setempat karena embun ini menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Dataran ini merupakan dataran dengan aktivitas vulkanik yang ada di bawah permukaannya. Secara biologi aktivitas vulkani Dataran Tinggi Dieng ini cukup menarik karena ditemui air-air panas di dekat kawah. Kawah aktif di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo ini ada beberapa kawah-kawah yang masih aktif. Berikut kawah-kawah yang masih aktif tersebut yang dipantau :
  • Sibanteng
  • Siglagah
  • Sikidang
  • Sikendang, yang bisa berpotensi memunculkan gas beracun
  • Candradimuka
  • Sinila, yang bisa berpotensi memunculkan gas beracun
  • Sileri
  • Timbang, yang bisa berpotensi memunculkan gas beracun
Dataran Tinggi dieng ini selain memiliki kawah yang masih aktif juga memiliki Danau Vulkanik loh teman-teman. Danau vulkanik ini sering sekali di kunjungi para wisatawan di antaranya yaitu :
  • Telaga Merdada
  • Telaga Dringo
  • Telaga Pengilon
  • Telaga Nila
  • Telaga Cebong, Telaga ini dekat dengan desa wisata sembungan
  • Telaga Warna, telaga ini memiliki objek wisata dengan tempat persemadian di dekatnya.
Dataran Tinggi Dieng juga merupakan kawasan penghasil sayuran di dataran tinggi di wilayah Jawa Tengah. Sayuran-sayuran tersebut diantaranya Kentang, Wortel, Kubis, dan Bawang-bawangan yang di hasilkan di dataran ini. Tempat ini juga penghasil pepaya gunung, jamur, purwaceng, dan buah kemar. Untuk kalian yang penasaran mengenai Harga Tiket dan Fasilitas maupun yang lainnya kalian bisa baca deskripsi di bawah ini ya.

Dataran Tinggi Dieng



Menikmati Keindahan Dataran Tinggi Dieng Wonosobo Jawa Tengah - Keindahan berwisata di Dataran Tinggi Dieng ini memang memiliki keindahan yang tidak ternilai harganya, tempat ini merupakan tempat wisata andalan di Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng ini menawarkan lebih dari 37 objek wisata yang semuanya telah di akui dunia loh. Di dataran ini dengan segala fenomena alam dan budayanya menjadikan siapa saja yang datang berwisata ke tempat ini akan merasa kagum, karena tempat ini masih asri dan alami. Dataran Tinggi Dieng ini memiliki nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya karena dataran ini adalah gabungan dari keindahan panorama alam dan keagungan budaya yang ada sisa peninggalan di  masa lalu. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di seluruh dunia tapi sangat jarang sekali yang menyuguhkan panorama keindahan seperti Dataran Tinggi Dieng ini loh. Wisatawan yang datang di tempat ini tidak hanya wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan mancanegara. Hampir semua objek wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng ini jarak tempuhnya saling berdekatan dengan wilayah porosnya tersebut.

Wisata Dataran Tinggi Dieng ini memiliki beberapa objek wisata di antaranya mulai dari candi ada Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, dan ada Candi Dwarawati. Selain itu dieng juga memiliki wisata kawah di antaranya Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Sikendang, Kawah Candradimuka dan lain sebagainya. Tidak hanya itu di Dataran Tinggi Dieng ini juga menyajikan objek wisata yang banyak sekali seperti Goa yaitu Goa Jimat, Semar, Jaran, Sumur Jalatunda, Bimo Lukar. Di tempat ini juga ada objek wisata yang di bangun oleh pengelola agar supaya menambah daya tarik oengunjung supaya menunjang aktivitas pariwisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini di antaranya yaitu Dieng Plateau Theater, Museum Kailasa, Gardu Pandang Tieng serta masih banyak lagi objek wisata yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini loh. Kalian jika mengunjungi ke tempat ini juga bisa mengunjungi objek wisata seperti Gunung Sikunir, Watu Kelir, Tuk Bimo, Pemandian Air Panas Bitingan, dan lain sebagainya. Memang sangat banyak sekali objek wisata yang di sajikan di tempat ini loh. Untuk Kalian yang penasaran mengenai harga tikat maupun fasilitas dan yang lain-lainnya kalian bisa baca deskripsi di bawah ini ya teman-teman.

Lokasi Dataran Tinggi Dieng

Lokasi ini terletak di Jawa Tengah yang lebih jelasnya ada di Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat ini menjadi tempat favorit di Jawa Tengah bagi wisatawan yang senang berwisata di dataran tinggi(GoogleMaps).

Rute untuk sampai di wisata Dataran Tinggi Dieng sebagai berikut : 

➤ Dari Semarang
Jika kalian dari kota semarang tepatnya dari terminal bus antar kota Terboyo kalian bisa menaiki angkutan umum atau bus yang melayani trayek Semarang - Purwokerto melalui Wonosobo, jaraknya kurang lebih sekitar 120 Km dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 4 Jam. Rutenya melewati (Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa) – (Secang-Temanggung-Parakan) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar-Dieng). 
Jika kalian menaiki kendaraan pribadi kalian bisa melalui jalur Bandungan. Dengan rute (Semarang-Ungaran-Bandungan-Sumowono) – (Ngadirejo-Jumprit-Tambi) – (Kejajar-Dieng).

➤ Dari Yogyakarta
Jika kalian dari kota yogyakarta kalian tinggal ke terminal Giwangan atau dari terminal Jombor. Kalian tinggal menaiki bus jurusan magelang, sesampainya di terminal antar kota kalian menjuju ke wonnosobo denagan Rute  (Yogyakarta-Sleman-Tempel) – (Magelang-Secang) – (Temanggung-Parakan) – (Kertek-Wonosobo) – (Kejajar -Dieng),  jaraknya kurang lebih sekitar 120 Km dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 4 Jam. 

➤ Dari Luar Pulau Jawa
Jika kalian dari luar pulau jawa kalian bisa naik pesawat ke bandara Ahmad Yani Semarang. dan kalian tinggal menuju ke terminal bus antar kota Terboyo semarang saja dan ikuti rute diatas ya.

Harga Tiket Masuk Dataran Tinggi Dieng

Wisatawan yang datang di Dataran Tinggi Dieng ini masih ada yang belum paham mengenai harga tiket untuk bisa masuk ke tempat ini. Untuk kalian yang melewati jalur Wonosobo - Dieng kalian bisa membeli tiket masuk di TPR Gardu Pandang dengan tarif sebesar Rp 10.000 per orang. Berikut merupakan Daftar Tiket yang di sediakan di objek wisata Dataran Tinggi Dieng ini.


NO
Objek  Wisata Dieng
Tarif
1
Telaga Warna
Rp 15.000
2
Candi Arjuna
Rp 15.000
3
Kawah Sikidang
Rp 15.000
4
Batu Pandang
Rp 10.000
5
Dieng Paletu Theater
Rp 10.000
6
Bukit Sikunir
Rp 10.000
7
Gunung Prau Dieng
Rp 15.000
8
Water Park D-Qiano
Rp 30.000
9
Tiket Kawasan
Rp 10.000
10
Dieng Culture Frestival 2019
Rp 350.000

Fasilitas Dataran Tinggi Dieng

Di area wisata dataran tinggi Dieng ini juga fasilitasnya memumpuni loh teman-teman bagi kalian yang ingin ke tempat ini. Fasilitasnya tersebut diantaranya :
  • Tempat parkir yang luas
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Penyewaan Sepeda Ontel (kawah sikidang dieng)
  • Penyewaan Motor Trail (kawah sikidang dieng)
  • Terdapat Homestay Arjuna letaknya di Jl. Telaga Warna 2/1 Dieng Kejajar. Kontak yang bisa dihubungi 0813-9232-9091 / 0812-2834-0737 dengan tarif Rp 200.000 - 250.000 per malam. Fasilitasnya ada Tv, Hot Water, Kamar Mandi dalam
  • Terdapat Dieng Plateu Homstay letaknya di Jl. Raya Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Kontak yang bisa dihubungi 081327072112
  • Homestay Panca Warna letaknya di Desa Wisata Dieng Rt 01 Rw 01. Kontak yang bisadihubungi 085228865264
  • Homestay Cempaka letaknya di Desa Wisata Dieng Rt 01 Rw 01. Kontak yang bisadihubungi 082137814484
  • Homestay Dahlia letaknya di Desa Wisata Dieng Rt 01 Rw 02. Kontak yang bisadihubungi 085227223433 / 085226390053


Galeri Foro Dataran Tinggi Dieng


Panorama di atas Dataran Tinggi Dieng



Keindahan Senja di Dataran Tinggi Dieng





Keindahan Alam di Dataran Tinggi Dieng




Suasana di atas Dataran Tinggi Dieng




Desa Sembungan atau Negri di atas awan Bukit Dataran Tinggi Dieng



Pemandangan Telaga Warna Dataran Tinggi Dieng


Demikian Informasi mengenai tempat wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo yang berada di Jawa Tengah ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel