Menikmati Panorama Keindahan Cahaya Surga Goa Jomblang


Keindahan Cahaya Surga Goa Jomblang Gunungkidul Yogyakarta - Goa Jomblang ini terbentuk karena proses geologi amblesnya tanah yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu loh teman-teman. Dari fenomena alam tersebut tempat ini menjadi tempat tujuan bagi para wisatawan karena pemandangannya sangat memukau dan tentunya indah sekali. Luas mulut dari goa ini di perkirakan sekitar kurang lebih 50 meter yang di sebut juga dengan nama Luweng Jomblang. Saat ini Goa Jomblang menjadi tempat Pelestarian dan Perlindungan tanaman purba loh teman-teman yang kini di jadikan sebagai tempat wisata yang di kelola oleh warga penduduk sekitar loh. Untuk memasuki Goa Jombang ini wisatawan sudah di sediakan peralatan atau perlengkapan yang sudah memumpuni standar keselamatan caving untuk menuruni Goa Jombang ini.

Cahaya yang memancar dari mulut Goa Jomblang ini sangat indah sekali yang menerobos masuk ke dalam Goa Jomblang tersebut. Kurang lebih dari mulut goa sampai ke dalam goa berjarak sekitar 90 meter. Suasana di dalam goa jomblang ini sangat sejuk sekali karena masih alami dan di sekitarnya ada tetesan air dari ketinggian beserta cahaya yang masuk melalui mulut goa membuat pemandangan di tempat ini sangat mempesona sekali. Tak heran jika banyak orang atau wisatawan yang datang di tempat ini sampai terkagum-kagum melihat gambaran alam atau lukisan alam yang sering di kenal dengan sebutan "Cahaya Surga".

Goa Jomblang 


Keindahan Cahaya Surga Goa Jomblang Gunungkidul Yogyakarta -  - Bagi teman-teman yang suka dengan kegiatan berwisata yang menantang, teman-teman bisa berkunjung ketempat ini loh yaitu di Goa Jomblang Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Jomblang ini berbentuk goa vertikal karena pintu goa ini berada di permukaan tanah. Bagi teman-teman yang ingin masuk kedalam goa ini yang ke dasar goa, kalian harus menuruni goa ini menggunakan tali agar bisa sampai ke dasar goa. Peralatan untuk memasuki goa ini sudah di sediakan oleh pengelola atau warga sekitar tempat wisata ini. Berwisata di sini bisa di katakan menantang karena kedalaman goa ini bervariasi kurang lebih sekitar 15 meter hingga 90 meter. 

Untuk teman-teman yang ingin masuk ke dalam Goa Jomblang ini, jalur yang di lewatinya berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Untuk jalur pemula biasanya dengan kedalaman 15 meter yang masih bisa di tapaki oleh kaki. Selanjutnya ada jalur C yang kedalamannya kurang lebih sekitar 40 meter. Kemudian jalur B yang kedalamannya di perkirakan kurang lebih sekitar 60 meter dan yang terakhir yaitu jalur A yang kedalamannya sangat dalam di antara jalur-jalur yang lainnya yaitu sekita 80 meter sampai 90 meter.

Untuk teman-teman yang belum pernah berwisata di tempat yang menantang seperti ini jangan khawatir, karena kalian nantinya di tempat wisata ini bagi pemula akan di latih atau mendapatkan pelatihan singkat terlebih dahulu oleh pengelola tempat wisata ini sebelum teman-teman memasuki goa ini. Pelatihan ini yang bertujuan untuk bagaimana menuruni goa ini dengan baik dan benar serta terjamin keamanannya. Walaupun teman-teman sudah mengikuti pelatihan singkat nantinya kalian juga tetap akan di temani oleh pemandunya yang tentunya sudah berpengalaman dalam bidangnya. Yuk buruan kesini, untuk informasi mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan yang lainnya teman-teman bisa baca informasi dibawah ini ya.


Lokasi Goa Jomblang

Goa Jomblang ini meskipun terbilang wisata yang cukup menantang, tapi wisatawan yang datang ke tempat ini cukup banyak loh teman-teman. Lokasi Goa Jomblang ini berada di Pegunungan Karst yang tepatnya di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kalau teman-teman ingin melihat pancaran cahaya yang indah di Goa Jomblang ini sekitar jam 12.30 WIB kalian akan di suguhi cahaya matahari yang masuk melalui mulut goa yang sering di sebut sebagai "Cahaya Surga".

Dari pusat kota jogja kalian akan menempuh waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam untuk bisa sampai di tempat Goa Jomblang ini. Dari kota jogja kalian harus menuju ke jalan wonosari untuk menuju ke daerah piyungan, selanjutnya kalian harus menuju ke semanu untuk bisa sampai ke lokasi tersebut. Tidak hanya berhenti di situ kalian dari semanu harus berjalan lagi ke Desa Pacarejo. Untuh lebih jelasnya kalian bisa klik link Google Maps berikut(GoogleMaps).

Harga Tiket Masuk Goa Jomblang

Untuk teman-teman yang ingin berwisata ke Goa Jomblang ini harus merogoh kocek agak dalam. Untuk kalian yang ingin menggunakan jasa operator yang ada di tempat tersebut yang nantinya sudah di sediakan Pemandu wisata beserta peralatan yang ada untuk memasuki ke dalam Goa Jomlang tersebut kalian harus membayar kurang lebih sekitar Rp 450.000 - Rp 1.000.000 tergantung teman-teman memilih perlengkapan yang bagaimana. Memang garganya cukup mahal tetapi harga tersebut akan terbayar puas oleh keindahan di dalam Goa Jomblang ini. 

Untuk biaya Parkir di area wisata Goa Jomblang ini belum tau pasti karena dari pihak pengelola untuk kendaraan roda empat belum ada informasi lebih lanjut. Karena bergantung pada harinya, apakah masih suasana lebaran atau hari-hari tertentu ataukah hari biasa. Tetapi untuk kendaraan Sepeda Motor dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 per motor. 

Fasilitas Goa Jomblang

Fasilitas yang ada di area wisata Goa Jomblang ini di antaranya yaitu : 
  • Tempat Ibadah
  • Area Parkir
  • Tempat Mandi Umum
  • Pemandu wisata 
  • Penyewaan alat untuk menelusuri goa
  • Tempat penitipan barang yang berada di Kepala dusun di dusun setempat
Tempat wisata Goa Jomblang ini buka setiap hari jam 08.00 - 14.00 WIB. Itulah tadi sedikit informasi mengenai hal yang berada di tempat wisata Goa Jomblang.

Galeri Foto Goa Jomblang


 Keindahan cahaya Goa Jomblang Yogyakarta



 Menikmati Cahaya yang masuk di goa Jomblang Yogyakarta



Keindahan Goa Jomblang Yogyakarta dari dalam goa



 Keindahan Pintu Goa Jomblang Yogyakarta


Caving di Goa Jomblang Yogyakarta


Pemandangan Menyusuri Goa Jomblang Yogyakarta


Demikian Informasi mengenai tempat wisata Goa Jomblang yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini Mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai tempat wisata terbaru ya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel