Pantai Parangtritis - Tempat Asik Menikmati Sunset di Jogja


Tempat Wisata Pantai yang berada di Yogyakarta - Pantai Merupakan sebuah tempat wisata yang disuguhkan dengan hamparan pasir dan lautan yang luas. Keindahanya membuat mata tidak jenuh memandang, "Yap Betul" di Yogyakarta ini apalagi pantainya yang terkenal dengan keindahannyayang sering di sebut dengan sebutan 'Hitz'. Di kota pelajar ini tempat wisata pantainya tidak usah diragukan lagi. Ehh Tunggu dulu.. Sebelum kita membahas pantai lebih jauh kami perkenalkan dulu wilayah di yogyakarta ini yang mempunyai pantai yang sangat indah.

Kita bahas wilayah kabupaten Bantul terlebih dahulu yuk.. Di wilayah bantul ini pantai yang sering di kunjungi yaitu adalah Pantai Parangtritis. Kita lanjut di wilayah kabupaten gunung kidul di wilayah tersebut pantai yang sudah sangat terkenal yaitu pantai Baron yang terletak di sebelah timur TPR Pantai di wilayah gunung kidul. Yang satu inijuga tidak kalah indah tempatnya yaitu di wilayah Kulon Progo yang mempunyai Pantai Glagah Indah yang sangat ramai sekali saat musim liburan tiba. Di pantai glagah indah ini juga ada danaunya loh temen-temen yang menyediakan wisata naik kapal di sekitaran danau tersebut. Wisatawan yang datang di pantai yang berada di wilayah Yogyakarta tersebut yaitu wisatawan dari lokal hingga mancanegara loh teman-teman. "Hebat Bukan?". Berikut ini kita akan membahas mengenai Pantai Parangtritis teman-teman.



 Pantai Parangtritis

Parangtritis Beach
Parangtritis Beach
Tempat Wisata Pantai Parangtritis di Yogyakarta - Pantai Parangtritis merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di wilayah yogyakarta. Selain karena keindahannya pantai ini juga terkenal karena mitos atau legenda zaman dahulu pada masa zaman kerajaan majapahit. Ada orang perlarian dari kerajaan majapahit yang bernama Dipokusumo  melakukan semediatau bertapa di pantai tersebut. Di sebut dengan nama Pantai Parangtritis karena dulunya seseorang yang bertapa di situ yang bernama Dipokusumo melihat air yang menetes dari celah-celah batu karang. Yang kemudian seseorang yang semedi atau bertapa tersebut memberi nama dengan sebutan Pantai Parangtritis yang artinya Air yang menetes dari bebatuan. 

Pantai Parangtritis ini juga sering dikatakan sebagai tempat penghubung antara Kraton Nyi Loro Kidul dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat hingga Gunung Merapi. Yang merupakan satu garis dari keterhubungan atau suatu perwujudan kesatuan dari tempat-tempat tersebut. coba lihat gambar dibawah ini.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis
Gambar di atas tersebut merupakan sebuah foto nyata atau gambaran nyata bawah ada sebuah keterkaitan atau sebuah hubungan dari tempat tempat tersebut antara Pantai Parangtritis - Kandang Menjangan Krapyak - Kraton Ngayogyakarta - Tugu Jogja - dan Gunung Merapi.

Pantai Parangtritis ini memiliki ombak yang besar dan memiliki gumuk pasir di skitarnya yang tidak di miliki oleh pantai-pantai yang berada di wilayah lainnya. Krena memiliki ombah yang besar di pantai ini wisatawan di larang mandi karena sangat berbahaya. 

Lokasi Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis ini terletak tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta yang kurang lebih berjarak 25 KM di sebelah selatan pusat kota Yogyakarta. Yang beralamat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya bisa klik link Google Maps berikut ini ya(GoogleMaps).

Fasilitas Pantai ParangtritiJogja

Objek wisata pantai parangtritis ini sudah sangat lama di kelola oleh pemerintah dan dinas yang terkait dengan baik. Sehingga fasilitas di pantai ini cukup lengkap dan memadai. Fasilitas-fasilitas tesebut di antaranya yaitu : 
  • Banyak Hotel dan penginapan di area pantai parangtritis yang harganya cukup bervariasi. Ada beberapa hotel yang letaknya di atas bukit yang menawarkan panorama atau pemandangan yang luar biasa di area tersebut
  • Lahan parkir di area pantai ini sangat luas dan menyediakan kamar mandi atau toilet yang cukup banyak sehingga bisa di manfaatkan oleh wisatawan yang berkunjung di pantai tersebut
  • Menyediakan penyewaan moto ATV( ( All Terrain Vechile ) di dekat bibir pantai sembari menikmati indahnya pantai sambil menaiki ATV tersebut
  • Menyewakan Andong(kereta kuda) yang sudah di pandu oleh pengemudinya, Anda tinggal naik dan menikmati pemandangan yang ada. Selain itu juga menyewakan kuda sekaligus pemandunya untuk menaikinya
  • Menyediakan kawasan gunung pasir/gumuk pasir yang luas untuk berfoto selfie ria.
  • Banyak toko maupun warung yang menjualkan souvenir maupun makanan oleh-oleh khas Bantul/Yogyakarta
  • Paralayang yang berada di bebukitan di atas pantai parangtritis
  • Pemandian air panas di pemaidian Parang Wedang.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Jogja

  • Tiket Masuk Rp 3.000 per orang
  • Tiket Masuk sepeda motor Rp 1.000 sedangkan mobil Rp 5.000
  • Parkir sepeda motor Rp 2.000 per unit
  • Parkir mobil Rp 5.000 per unit
  • Nyewa motor ATV harganya bermacam macam Rp 50.000 - 100.000 per setengah jam
  • Nyewa Andong atau kuda Rp 20.000 sekali putar.


Galeri Foto Pantai Parangtritis Yogyakarta

Pantai Parangtritis Jogja


Tiket Masuk Pantai Parangtritis
Tiket Masuk Pantai Parangtritis
Parangtritis Beach
Parangtritis Beach

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Pantai Jogja
Pantai Jogja

Lokasi Pantai Parangtritis Jogja
Lokasi Pantai Parangtritis Jogja

Lokasi Pantai Parangtritis
Lokasi Pantai Parangtritis

Nah itu tadi mengenai tempat wisata Pantai Parangtritis yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat lagi kepada semua orang. Tetap selalu kunjungi wisataoke.com untuk mengetahui tempat wisata dan juga tempat wisata kuliner terbaru di Indonesia. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel