Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung Terbaru 2023

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung
Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung

Harga Tiket Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung - Halo teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dari Kawah Putih Ciwidey terlebih dahulu ya sebelum nantinya kita akan membahas mengenai berlibur di temapt ini dan berapa sih harga tiket masuk serta fasilitas yang ada di Kawah Putih ini. Kawah ini merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di daerah Ciwidey. 

Kawah Putih ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang membuat seperti danau dengan air yang berwarna putih kehijauan. Tanah di sekitar tempat ini berwarna putih karena sudah tercampur dengan belerang. Yang membuat unik dari Kawah Putih ini airnya bisa berubah-ubah warna. Kawah Putih ini berada di ketinggian +2090 Mdpl dibawah puncak Gunung Patuha.

Pada abad ke 10 letuasan Gunung Patuha membuat banyak orang di sekitarnya menganggap bawah tempat ini merupakan tempat yang angker karena setiap hewan atau burung yang melintasi kawasan tersebut akan mati. Karena ada cerita atau mitos masyarakat sekitar yang beredar seperti itu tidak ada satupun orang yang berani mendaki di kawasan ini. 

Pada tahun 1837 ada seseorang ahli yang berani untuk memutuskan naik ke Puncak Gunung Patuha ini dengan tujuan untuk ilmu pengetahuannya yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Seorang ahli tersebut berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan orang itu melihat ada danau di atas gunung tersebut yang berwarna putih dengan bau belerang yang sangat menyengat. 

Sejak saat itu keberadaan Kawah Putih Ciwidey ini menjadi terkenal. Pada tahun 1987 pemerintah mulai menjadikannya tempat ini sebagai tempat wisata dan mulai di bangun mengenai sarana prasarana yang mendukung untuk tempat wisata ini. Untuk kalian yang penasaran mengenai harga tiket masuk kawasan wisata ini dan mengenai hal lainnya yang menyangkut tempat ini kalian bisa baca deskripsi di bawah ini ya.

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey


Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung - Jika kalian berkunjung ke tempat ini jangan lupa bawa masker pelindung karena bisa mengurangi bau belerang yang terhirup. Kawah Putih Ciwidey ini terlihat selalu ramai di kunjungi para wisatawan. Di area kawah ini terdapat pepohonan yang banyak bertebaran, pohon ini bernama pohon Cantigi dan mempunyai nama latin yaitu pohon Vaccinium Varingiaefolium. 

Suhu udara di kawah putih ini mencapai suhu 8 Derajat Celcius sampai dengan 22 Derajat Celcius untuk itu kalian jangan lupa untuk membawa jaket ya teman-teman agar kalian tidak kedinginan. Tempat wisata Kawah Putih Ciwidey ini selain di gunakan untuk foto dokumentasi pribadi saja juga di gunakan untuk foto pre-weddding loh karena memiliki panorama yang cakep sekali. 

Bayangkan saja latar belakang dari foto pre-weddding ini yaitu kawah yang masih aktif disertai dengan asap kawah yang mengepul. Tentu membuat foto pre-weddding di sini lebih menantang dan pasti hasil fotonya terlihat bagus karena dengan latar belakang wisata alam.

Nah apakah teman-teman tertarik untuk berwisata atau mengeksplore keindahan di Kawah Putih Ciwidey ini? kurang lebih hanya berjarak sekitar 50 Km dari pusat Kota Bandung dan menempuh waktu sekitar satu sampai 2 jam. Jangan lupa ya ajak keluarga atau sahabat kalian ya agar liburan kalian lebih seru tentunya.

Lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawasan Kawah Putih Ciwidey ini terletak di Bandung lebih tepatnya berada di Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini sekarang menjadi tempat favorit para wisatawan yang mengunjungi kota Bandung. Objek wisata alam Kawah Putih Ciwidey ini menjadi salah satu tempat destinasi yang wajib kalian kunjungi ya. Untuk lebih detailnya agar kalian tidak tersesat jika ingin menuju ke tempat ini kalian bisa klik link Google Maps berikut(GoogleMaps).

Jika kalian tertarik ingin mengunjungi tempat wisata Kawah Putih Ciwidey ini kalian bisa simak Rute berikut degan transportasi pribadi maupun dengan transportasi umum.

➤ Kendaraan Pribadi
Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi jalur untuk menuju ke tempat wisata ini tidak sulit. Kalian gunakan jalur Tol Purbaleunyi (Pintu Tol Kopo), kalian tinggal belok ke arah kanan saja lalu menuju  Jalan Kopo - Soreng. 

Jika kalian sudah sampai di Soreng kalian tak lama lagi akan sampai di daerah Ciwidey dan tak jauh lagi kalian akan menemukan Pintu masuk kawasan Kawah Putih Ciwidey yang ada di bandung ini. 

➤ Transportasi Umum
Jika kalian menaiki Bus dari luar kota bandung kalian tingal cari jurusan yang ada di Terminal Leuwi Panjang Bandung. Sesampainya di terminal tersebut kalian naik angkot jenis L300 yang jurusanya ke Ciwidey. 

Setelah sesampainya di ciwidey kalian naiklah angkot kuning yang jurusannya ke Situ Patenggang lalu kalian turun di pertigaan depan gerbang pintu masuk kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket masuk untuk bisa berwisata di Kawah Putih Ciwedy ini sekitar Rp 15.000 per orang. Tarif tersebut pada saat hari lubur maupun hari biasa serta akhir pekan di kenakan taris sama. Sedangan untuk tarif parkir di kawasan ini adalah sebagai berikut :
  • Parkir Mobil di atas kawah Rp 150.000
  • Parkir Motor di atas kawah Rp 35.000
  • Parkir Mobil di bawah Rp 6.000
  • Parkir Motor di bawah Rp 5.000
  • Parkir Bus di bawah Rp 25.000
  • Ontang-anting Rp 13.000
Untuk parkir bus tidak bisa parkir di atas kawah atau di area kawah karena jalannya yang tidak memungkinkan. Yang di maksud ontang-anting di atas merupakan kendaraan khas Kawasan Kawah Putih Ciwidey yang telah dimodifikasi.

Kendaraan ini berupa mini bus yang telah di buka atapnya tetapi di lengkapi dengan pengamannya. Ontang-anting sangat banyak sekali beroperasi di kawasan wisata ini. 

Fasilitas Kawah Putih Ciwidey

Jam buka dari tempat wisata Kawah Putih Ciwidey ini buka setiap hari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Untuk fasilitas yang ada di tempat ini diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Pusat Informasi
  • Restoran maupun warung makan
  • Transportasi dari pintu masuk sampai area kawah

Tips Berwisata Ke Kawah Putih Ciwidey

Agar liburan kalian menyenangkan dan berkesan, ada beberapaa tips nih untuk di perhatikan sebelum berwisata ke Kawah Putih Ciwidey. Beberapa tips tersebut di antaranya adalah :
  • Hindari Pungli di kawasan ini oleh oknum yang tidak bertanggung jawab
  • Jika kalian berkunjung ke sini sebaiknya kalian pergi di pagi hari ketika cuaca masih bagus. Hindari berpergian di musim hujan karena selain kehujanan di tempat seperti ini pasti jalannya juga licin
  • Jangan lupa bawa masker untuk mengurangi bau belerang
  • Bawa jaket atau memakai jaket karena suhu udara di sini sangat dingin
  • Manfaatkanlah fasilitas yang ada dengan baik agar liburanmu bisa menyenangkan
  • Jangan terlalu lama berada di kawah ini karena nantinya pernafasan kalian akan sedikit terganggu jika terlalu lama berada di tempat ini


Galeri Foto Kawah Putih Ciwidey

Harga Kawah Putih Ciwidey Bandung
Harga Kawah Putih Ciwidey Bandung 

Mitos Kawah Putih Ciwidey
Mitos Kawah Putih Ciwidey

Tiket Masuk Kawah Putih
Tiket Masuk Kawah Putih

Sejarah Kawah Putih
Sejarah Kawah Putih

Kawah Putih Bogor
Kawah Putih Bogor

Kawahh Putih Ciwidey
Kawahh Putih Ciwidey

Demikian Informasi mengenai tempat wisata Kawah Putih Ciwidey yang berada di Bandung Jawa Barat ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel