Harga Tiket Masuk dan Lokasi Kawah Ijen Jawa Timur Terbaru


Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Jawa Timur - Hallo teman-teman sebelum kita membahas mengenai harga tiket masuk Kawah Ijen di Jawa Timur ini kami akan membahas terlebih dahulu mengenai Gunung atau kawah Ijen, agar nantinya kalian tidak penasaran mengenai tempat ini ya. Gunung ijen ini merupakan Gunung berapi aktif yang letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso. Gunung yang memiliki ketinggian 2.779 mdpl ini terakhir meletus pada tahun 1999 yang terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. 

Dari Gunung Ijen ini yang menarik yaitu Kawah Ijin yang kini menjadi tempat wisata alam yang berada di gunung ini. Kawah Ijen ini berada di puncak Gunung Ijen dengan ketinggian kurang lebih 2.443 meter di atas permukaan air laut dengan kedalaman kawah sedalam 200 meter dan lebar kawah ini sekitar 5.466 Hektar. Kawah Ijen ini memiliki danau air yang sangat asam sekali sedunia loh teman-teman. 

Kawah Ijen ini berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang berada di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Di Kawah Ijen ini terdapat atau sering dijumpai fenomena yang bernama Blue Fire atau Api Biru. Fenomena ini sering di jumpai sekitar jam 02.00 hinggan 04.00, fenomena ini sangat unik sekali karena di dunia hanya terjadi di 2 tempat yaitu di Islandia dan Ijen ini.

 Jika kalian berwisata ke Kawah Ijen ini kalian akan melihat pemandangan gunung lainnya yang berada di sekitaran Kawah Ijen ini. Pemandangan gunung-gunung tersebut diantaranya yaitu Gunung Merapi yang letaknya berada di sebelah timur dari Kawah Wijen, Gunung Suket, Gunung Raung, Gunung Rante, dan masih banyak lainnya. Kalian akan terpesona sekali melihat pemandangan alam yang masih asri di tempat ini sembari berfoto selfi mengabadikan pemandangan yang ada.

Kawah Ijen


Tempat Wisata Alam Kawah Ijen Jawa Timur - Objek Wisata Kawah Ijen ini merupakan objek wisata yang sudah di kenal luas oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya. Tempat wisata ini setiap harinya tak pernah sepi dari wisatawan, tempat ini selalu ramai di kunjungi maupun dari wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara. Di hari biasa wisatawan yang mengunjungi tempat ini kurang lebih ada ratusan orang dan pada saat hari libur bisa mencapai 2 ribu orang pada setiap harinya loh. Wisatawan yang mengunjungi tempat ini setiap tahunnya mengalami kenaikan pengunjung karena seiring dari popularitas dari Kawah Ijen ini.

Pada Maret 2016 Kawah Ijen ini di tetapkan sebagai cagar biosfir oleh UNESCO, tentunya tempat ini namanya akan kian mendunia dan pastinya akan mendatangkan banyak wisatawan dari mancanegara. Oleh pemerintah Banyuwangi sendiri kawah ijen ini juga gencar-gencarnya di promosikan sebagai tempat wisata andalan Kabupaten Banyuwangi. 

Kawah Ijen ini mempunyai keindahan yang tidak ada duanya. Danau yang berada di Kawah Ijen ini yang airnya berwarna hijau kebiruan dengan kabut yang ada serta asap belerang yang tentunya sangat mempesona. Kawah Ijen memiliki suhu udara yaitu 10 derajat celcius bahkan sampai bisa mencapai suhu 2 derajat celcius dan tentunya akan menambah sensasi tersendiri jika kalian berkunjung ke tempat ini. Pada area kawah ini kalian juga bisa menemukan tanaman yang hanya bisa hidup di dataran tinggi yaitu seperti Cemara Gunung dan Bunga Edelweis.

Lokasi Kawah Ijen

Kawah Ijen ini berad di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Tempat wisata Kawah Ijen ini berjarak sekitar 225 Km dari Surabaya maupun dari Kota Malang dengan transportasi darat seperti Mobil maupun Sepeda Motor dan kurang lebih memakan waktu 7 jam berkendara. Untuk lebih jelas mengenai letak dari Kawah Ijen ini kalian bisa klik Google Maps berikut ini ya agar kalian tidak ragu lagi jika ingin berwisata di tempat ini (GoogleMaps).

Rute Untuk bisa sampai ke Kawah Ijen ini ada 2 alternatif rute untuk kalian yang ingin berwisata ke tempat ini. Alternatif rute tersebut melalui jalur yaitu, barat Surabaya, Malang, Probolingo dan Timur dari Banyuwangi dan Bali. Umumnya yang sering di lalui oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini yaitu melalui jalur Surabaya atau Malang. Berikut merupakan rute yang dari barat di antaranya :
  • Surabaya - Kota Bondowoso yang berjarak sekitar 191 Km dan memakan waktu sekitar 4 jam untuk perjalanan
  • Bondowoso - Sempol yang berjarak 165 Km dan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan
  • Sempol - Banyupait yang berjarak sekitar 14 Km dengan mengendarai Bus
  • Banyupait - Paltuding yang jaraknya kurang lebih 4 Km dengan mengendarai Mobil
  • Selanjutnya dari Paltuding - Puncak danau Kawah Ijen yang berjarak sekitar 3 Km dengan jalan kaki yang memakan waktu sekitar 2 jam pendakian.
Dan untuk rute jalur dari Timur adalah sebagai berikut :
  • Bali Denpasar - Banyuwangin yang berjarak sekitar 140 Km dengan Bus/ Fery
  • Banyuwangi - Jambu / Licin yang berjarak sekitar 18 Km dengan mengendarai mobil
  • Selanjutnya arah Jambu - Kawah Ijen dengan jarak sekitar 21 Km dengan berjalan kaki 


Harga Tiket Masuk Kawah Ijen

Jika kalian ingin berwisata tentunya harus tau terlebih dahulu mengenai harga tiket masuk di tempat wisata tersebut agar kalian tidak bingung dan bertanya-tanya ya. Berikut merupakan Harga Tiket Masuk Kawah Ijen :
  • Wisatawan Nusantara dengan tarif sebesar Rp 5.000 per orang di hari biasa, sedangkan di hari lubur dikenakan tarif sebesar Rp 7.500 per orang
  • Wisatawan Mancanegara dengan tarif sebesar Rp 100.000 per orang di hari biasa, sedangkan di hari lubur dikenakan tarif sebesar Rp 150.000 per orang
Sedangkan untuk tarif parkir di area wisata alam Kawah Ijen ini adalah sebagai berikut :
  • Roda dua dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000
  • Roda empat dikenakan tarif parkir sebesar Rp 10.000
  • Sedangkan jika kalian ingin berkemah dikenakan tarif sebesar Rp 5.000
Dan berikut merupakan harga tiket masuk perlengkapan dokumentasi Kawah Ijen :
  • Video Komersil dikenakan tarif sebesar Rp 10.000.000
  • Handycam di kenakan tarif sebesar Rp 1.000.000
  • Fotografi di kenakan tarif sebesar Rp 250.000
Itu tadi mengenai harga tiket yang diberikan oleh pengelola tempat wisata Kawah Ijen, jika ada perubahan harga atau penambahan tarif yang lain kami akan segera Update daftar Harga Tiket di atas.


Fasilitas Penginapan Kawah Ijen


Jika kalian ke tempat wisata alam Kawah Ijen ini jangan lupa mampir atau mencoba penginapan di daerah wisata ini, diantaranya sebagai berikut :

➤ Ijen Resort and Villas
Penginapan ini merupakan Hotel yang berkelas bintang 5 yang berada di kawasan Kawasan Kawah Ijen. Hotel ini memiliki Kolam yang sangat luas di bagian belakang dengan panorama keindahan pemandangan gunung dan pepohonan yang pastinya membuat kalian terpukau oleh keindahannya.

➤ Jiwa Jawa Resort Ijen
Penginapan ini juga penginapan bintang 5 loh. Karena dari bangunannya tersendiri sudah bisa di lihat yang merupakan sebuah bangunan elit. Di penginapan ini kalian bisa menikmati live musik langsung loh.

➤ Arabica Homestay
Bangunan di penginapan ini berbentuk bangunan jawa dengan khas dinding yang terbuat dari kayu. Penginapan ini merupakan penginapan yang bisa di kategorikan sebagai penginpan murah di banding yang lainnya karena harganya yaitu Rp 150.000 - Rp 450.000 per malam.

Galeri Kawah Ijen


Keindahan Kawah Ijen Jawa Tengah



Panorama danau Kawah Ijen Jawa Tengah



Pemandangan Blue Fire Kawah Ijen Jawa Tengah



Kecantikan Blue Fire Kawah Ijen Jawa Tengah



Panorama Kawah Ijen Jawa Tengah


Demikian Informasi mengenai tempat wisata alam Kawah Ijen  yang berada di Jawa Timur ini mengenai Wahana, Harga Tiket, Lokasi, dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata yang terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel