Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas Museum Kereta Api Ambarawa Terbaru



Tempat Wisata Museum Kereta Api Ambarawa Semarang Jawa Tengah - Museum Kereta Api Ambarawa dulunya merupakan stasiun kereta api kelas I yang sekarang sudah dialihfungsikan mbenjadi tempat wisata Museum Kereta Api Ambarawa yang ada di Semarang Jawa Tengah ini serta menjadi Museum Kereta Api pertama yang ada di Indonesia ini loh teman-teman. Tujuan dari di bangunnya Museum Kereta Api Ambarawa ini sebagai bentuk bukti sejarah perkembanagn Kereta Api di indonesia ini dari dulu sampai sekarang dan museum ini dirawat serta di letraikan sampai saat ini. Museum Kereta Api Ambarawa ini di resmikan pada tanggal 21 April 1978 yang di resmikan oleh Mentri Perhubungan RI Bapak Rusmin Noerjadin.

Museum Kereta Api Ambarawa ini memiliki koleksi lokomotif up setidaknya kurang lebih berjumlah 22 buah yang sekarang ini telah di pensiunkan. Lokomotif up tersebut di buat sekitar tahun 1891 sampai 1928. Salah satu lokomotif tersebut yang sering di ketahui yaitu Lokomotif CC50 yang di buat sekitar tahun 1927. Lokomotif ini dulunya merupakan lokomotif yang paling gesit di antara yang lainnya karena mampu menempuh jalur pegunungan yang mempunyai medan yang menajak dan berliku-liku.

Di Museum Kereta Api Ambarawa ini juga ada lokomotif yang masih di fungsikan loh teman-teman tetapi di fungsikan untuk wisatawa yang datang berkunjung di tempat ini pada akhir pekan. Lokomotif yang masih di fungsikan ini memiliki 2 buah yang di beri nama Kereta Api Uap bergerigi B25 02 dan B25 03. lokomotif keduanya ini digunakan untuk paket wisata di Museum Kereta Api Ambarawa ini dengan rute Ambarawa - Bendon yang jaraknya kurang lebih sekitar 9 KM. Kereta ini memiliki gerbong penumpang dengan dinding kayu dan tidak di lengkapi dengan kaca jendela. Rute yang satunya lagi dari Ambarawa - Tuntang yang jaraknya kurang lebih 10 Km lebih jauh sedikit di bandingkan dengan Rute Lokomotif yang pertama. Rute lokomotif ke dua ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu pemandangan Danu Rawa Pening.

Museum Kereta Api Ambarawa ini memiliki koleksi baru yang antara lainnya ialah lokomotif jenis diesel hidrolik yang di beri nama D 300 23 yang asal lokomotif ini dari Depo Lokomotif Cepu yang di pindahkan ke Ambarawa pada tanggal 6 Oktober 2010 untuk menambah koleksi lokomotif di Museum Kereta Api Ambarawa. Bagi kalian yang ingin mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa ini mengenai harga Tiket, Fasilitas, Lokasi maupun yang lainnya kalian bisa lihat deskripsi di bawah ini ya.


Museum Kereta Api Ambarawa


Tempat Wisata Museum Kereta Api Ambarawa Semarang Jawa Tengah - Museum Kereta Api Ambarawa ini adalah salah satu tujuan wisata yang favorit yang sering di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Museum kereta api ini sangat beda dibandingkan dengan musemu yang lainnya yang berada di indonesia ini karena pengunjung bisa melihat langsung dari mesin dari kereta api zaman belanda ini. Bagi wisatawan yang berkunjung ke temapt ini akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai sejarah kereta api yang ada di indonesia ini. 

Wisatawan yang berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa ini dapat menaiki wisata kereta yang di sediakan oleh pengelola museum ini. Pengunjung dapat melihat pemandangan yang sangat indah ketika menaiki kereta. Rute wisata kereta apin ini dengan jalur Ambarawa - Bedono dengan jarak sekitar 35 Km memerlukan waktu sekitar 1 jam. Untuk rute wisata yang ke dua dengan jalur Ambarawa - Tuntang yang hanya memiliki jarak sekitar 7 Km saja.

Uniknya kereta yang di gunakan di Museum Kereta Api Ambarawa ini untuk membawa wisatawan keliling terbuat bahan bakarnya dari kayu jati loh teman-teman. Uniknya lagi butuh waktu sekitar kurang lebih 3 Jam untuk memanasi mesin kereta api ini agar bisa berjalan. Bagi kalian yang belum pernah menaiki kereta zaman belanda yukk berwisata ke Museum Kereta Api Ambarawa ya.

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa ini beralamat di Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614. Museum ini dari pusat Kota Semarang berjarak kurang lebih sekitar 41 Km melalui Jalan Tembalang-Ungaran dan Ungaran-Bawen kurang lebih memakan waktu sekitar 53 menit. Jika dari bandara Ahmad Yani Semarang berjarak sekitar kurang lebih 47 Km melalui Jalan Semarang - Surakarta kurang lebih memakan waktu 1 Jam. Untuk lebih jelasnya mengenai lokasi Museum Kereta Api Ambarawa ini kalian bisa klik link Google Maps berikut(GoogleMaps).

Rute yang di lalui untuk bisa sampai di Museum Kereta Api ini ialah sebagai berikut :

➤ Dari Semarang
Untuk menuju ke lokasi Museum Kereta Api ini sangat mudah. Jika kalian ada di Pusat Kota Semarang kalian tinggal menuju kearah Unggaran dan nantinya akan sampai di Pertigaan Bawen. Dari pertigaan bawen tersebut kalian tinggal belok ke kanan menuju Tugu Palagan Ambarawa karena lokasi museum ini tidak jauh dari Tugu Palagan Ambarawa.

➤ Dari Yogyakarta
Jika kalian dari Kota Yogyakarta kalian tinggal menuju ke Kota Semarang saja hingga menuju ke Tugu Palagan Ambarawa. Kalian bisa menaiki transportasi umum yang ada di kota Yogyakarta. Lokasi dari tugu tersebut hanya memakan waktu beberapa menit saja untuk sampai ke Museum Kereta Api Ambarawa ini.

➤ Dari Solo, Boyolali, Magelang dan Salatiga 
Jika kalian dari Kota Solo kalian tinggal menuju ke Kota Semarang saja hingga menuju ke Tugu Palagan Ambarawa. Kalian bisa menaiki transportasi umum yang ada di kota Yogyakarta. Jika kalian sudah melewati Jembatan Tuntang kalian tinggal belok kiri menuju ke Ambarawa Sampai kamu menuju ke Tugu Palagan Ambarawa dan kalian tinggal ikut rute di atas tersebut.

Harga Tiket Masuk Museum Kereta Api Ambarawa

Tiket
Kategori
Harga
Tiket Masuk
Anak – anak
Rp5.000

Dewasa
Rp10.000
Wisata perorangan

Rp50.000

Lokomotif Diesel  + 1 CR kapasitas 40 orang
Rp5.000.000

Lokomotif Diesel + 2 CR kapasitas 80 orang
Rp7.500.000
Tarif Sewa Kereta Api Ambarawa – Tuntang (PP)
Lokomotif Diesel + 3 CR kapasitas 120 orang
Rp10.000.000

Lokomotif Uap + 1 CR kapasitas 40 orang
Rp10.000.000

Lokomotif Uap +2 CR kapasitas 80 orang
Rp12.500.000

Lokomotif Uap + 3 CR kapasitas 120 orang

Rp15.000.000

Tarif Sewa Kereta Api Ambarawa – Bedono (PP)
Lokomotif Uap + 2 CR kapasitas 80 orang
Rp15.000.000

NB : Daftar harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari pengelola Museum Kereta Api Ambarawa. Untuk Tarif harga tersebut sekali jalan saja ya teman-teman.


Fasilitas Museum Kereta Api Ambarawa

Fasilitas di Museum Kereta Api Ambarawa ini terbilang cukup lengkap bagi wisatawan yang ingin datang ke museum ini. Fasilitasnya di antaranya yaitu :
  • Kantin
  • Toko Oleh-oleh
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat Parkir yang luas
  • Pusat Informasi
  • Warung Makan


Galeri Museum Kereta Api Ambarawa


View Pengunjung yang berada di Museum Kereta Api Ambarawa



View Pemadangan di depan Museum Kereta Api Ambarawa



Indahnya Pemandangan Wisata naik kereta api di Museum Kereta Api Ambarawa



Indahnya Menikmati Wisata naik kereta api di Museum Kereta Api Ambarawa



Suasana di Dalam Kereta Api Museum Kereta Api Ambarawa


Demikian Informasi mengenai tempat wisata Museum Kereta Api Ambarawa yang berada di Semarang Jawa Tengah ini mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai Tempat Wisata terbaru ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel