Wisata Candi Borobudur yang Sangat Eksotis dan Fenomenal Sedunia



Tempat Wisata Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah - Candi Borobudur ini terletak di Magelang yang merupakan sebuah Candi Budha. Candi ini merupakan Kuil Budha atau Candhi Budha yang terbesar se Dunia. Candi ini sudah di tetapkan oleh UNESCO pada abad ke-8 sebagai salah satu warisan Kebudayaan Dunia karena Keindahannya serta kecantikannya dan merupakan situs bersejarah. Asal usul Candi Borobudur ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan, mengenai siapa pendiri dari candi ini dan tujuannya untuk apa Candi Borobudur tersebut. Namun banyak cerita atau dongeng rakyat setempat yang tersebar dimana-mana mengenai Candi Borobudur ini. Candi Borobudur ini di bangun pada masa dinasti Syailendra sekitar kurun waktu 760 sampai 830 Masehi dan pembangunannya di perkirakan menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 80 sampai 100 tahun. 

Candi Borobudur ini merupakan candi sebagai pusat dari Agama Budha pada saat zaman itu dan pada akhirnya tidak di urus atau di tinggalkan. Kemungkinannya karena sekitar candi ini dulunya terkena Letusan Gunung Merapi yang membuat penduduk di sekitar Candi Borobudur ini pindah atau meninggalkan tempat ini. Adapun pendapat lainnya bahwa Candi Borobudur ini di tinggalkan atau tidak di urus lagi karena Agama Islam sudah mulai berkembang di seluruh Pulau Jawa pada masa itu. 

Pada saat Pulau Jawa di bawah pemerintahan Inggris, gubernur Jendral Tomas Stamford R  seseorang dari inggris ini menerima kabar sekitar tahun 1814 bahwa ada bangunan kuno yang sangat besar yang berada di tengah hutan yang berada di desa Bumisegoro. Kemudian Tomas memerintahkan kepada anak buahnya untuk memastikan apakah benar terdapat bangunan kuno tersebut.


Candi Borobudur 


Tempat Wisata Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah - Candi Borobudur nama candi ini di ambil dari kata bara yaitu dari bahsa Sansekerta yang memiliki arti 'Kompleks Candi" atau biara. Sedangkan kata 'Budur' yang berasal dari kata 'beduhur; yang memiliki arti kata 'di atas'. Jadi Candi ini memiliki makna candi yang berada di atas bukit. Candi ini di bangun kurang lebih pada tahun 750 masehi pada masa syailendra yang di dirikan oleh Raja Mataram yang pada saat itu menganut agama Budha. Candi Borobudur ini sering di bilang candi yang sangat misterius karena pembangunannya di masa itu manusia belum mengenal perhitungan Arsitektur yang tingkatnya sangat tinggi sekali. Karena candi ini di bangun berdasarkan arsitektur yang sangat canggih sekali yang bisa kita lihat sendiri. Bangunan dari Candi Borobudur ini memiliki gaya Mandala yang bisa di artikan sebagai pencerminan alam semesta dalam kepercayaan agama Budha. Candi ini terbagi menjadi dua bagian jika dilihat dari luar candi sampai ke dalam candi yaitu bagian yang pertama adalah di bagian luar candi terdapat Alam dunia yang dibagi lagi menjadi tiga zona sedangkan bagian kedua adalah bagian pusat yang terdapat Nirwana.

Di bagian luar candi yang di bagi tiga zona yang terdapat Alam Dunia ini di antaranya yaitu Zona pertama adalah Zona Kamandhatu, Zona kedua adalah Zona Rapadhatu, dan Zona ketiga adalah Zona Arupadhatu. 

Sekarang ini tempat wisata Candi Borobudur merupakan tujuan wisata yang Favorit atau sering di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur ini tak hanya untuk tempat berwisata saja tapi juga merupakan tempat peninggalan bersejarah yang di gunakan untuk salah satunya sebagai Ziarah Agama Budha di Indonesia. Hal yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung di Candi Borobudur ini adalah tempatnya yang sangat megah dan tidak ada duanya. Candi ini akan terasa sekali besarnya jika kalian berada di ketinggian, keindahan alam di area candi ini sangat terasa sekali.

Lokasi Candi Borobudur

Rute yang di lalui untuk bisa sampai di tempat wisata Candi Borobudur ini sadah layak dan bagus untuk di akses bagi wisatawan yang ingin ke tempat ini. Lokasi dari Candi Borobudur ini terbilang sangat jauh dari Yogyakarta. Candi Borobudur ini terletak di  Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya kalian bisa klik link Google Maps berikut ini(GoogleMaps).

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

➤Tiket untuk perorangan
  • TWC (Taman Wisata Candi ) Borobudur. Usia 3 Tahun - 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 20.000 dan untuk Usia diatas 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 40.000
  • Paket TWC (Taman Wisata Candi ) Borobudur ,Mendut, dan Pawon. Usia 3 Tahun - 10 Tahun dikenakan tarif sebesar Rp 30.000 dan untuk usia 10 Tahun ke atas di kenakan tarif sebesar Rp 60.000
➤Tiket untuk rombongan
  • TWC (Taman Wisata Candi ) Borobudur dikenakan tarif sebesar Rp 20.000
  • Paket TWC (Taman Wisata Candi ) Borobudur ,Mendut, dan Pawon di kenakan tarif sebesar Rp 30.000
     NB : Harga ini berlaku bagi  rombongan pelajar dan mahasiswa dengan syarat                               mempunyai surat pengantar dari sekolah maupun dari universitas.

➤Tiket untuk paket terusan
  • Candi Borobudur – Candi Ratu Boko. Usia di atas 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 75.000 dan untuk usia 3 Tahun - 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 35.000
  • Candi Borobudur – Candi Prambanan. Usia di atas 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 75.000 dan untuk usia 3 Tahun - 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 35.000
  • Candi Borobudur – Sendratari Ramayana (kelas II). Usia di atas 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 150.000 dan untuk usia 3 Tahun - 10 Tahun di kenakan tarif sebesar Rp 135.000

Fasilitas Candi Borobudur

Fasilitas yang ada di tempat wisata candi borobudur ini lumayan cukup lengkap dan memadahi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini. Fasilitas tersebut diantaranya yaitu :
  • Guide
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Tempat Parkir yang luas
  • Mushola
  • Pusat Informasi
  • Warung Telekomunikasi
  • Toko Cenderamata/ toko oleh-oleh
  • Penginapan

Gaaleri Foto Candi Borobudur


 Pemandangan Indah Candi Borobudur di siang hari



 Pemandangan Cantik Candi Borobudur di Pagi Hari



 Pemandangan memukau Candi Borobudur di malam hari



Pemandangan Keren Candi Borobudur di sore hari



 Wisatawan yang Mengunjungi Candi Borobudur


Demikian Informasi mengenai tempat wisata Candi Borobudur yang ada di Magelang Jawa Tengah ini Mengenai Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan lain-lainnya. Bila ada salah penulisan mohon maaf ya untuk teman-teman. Sekian, jangan lupa ya untuk tetap Kunjungi selalu www.wisataoke.com agar kalian tidak ketinggalan mengenai informasi tempat wisata terbaru yang ada di indonesia ini ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel